fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Buah Rambutan: Buah Unik Anti-Mikroba

Buah rambutan bisa dibilang unik dibanding buah tropis lainnya. Buah dengan kulit yang dilapisi duri-duri halus ini pun jadi makanan populer apalagi saat musim panennya tiba. Tapi, selain rasanya yang manis, apakah Anda tahu apa saja manfaat buah rambutan itu? Simak yuk ulasannya di artikel berikut ini.

manfaat buah rambutan

Kandungan Gizi Buah Rambutan

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, tiap 100 gram buah rambutan dengan berat dapat dimakan 40% mengandung:

  • Energi: 69 kalori
  • Protein: 0,9 kalori
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 18,1 gram
  • Serat: 0,8 gram
  • Kalsium: 16 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Zat besi: 0,5 mg
  • Natrium: 16 mg
  • Kalium: 104,2 mg
  • Vitamin C: 58 mg

Manfaat Buah Rambutan yang Perlu Anda Ketahui

Rambutan merupakan buah asli Malaysia dan kini telah banyak dipanen di berbagai negara di Asia Tenggara serta negara tropis Amerika Tengah. Buah dengan pohon yang tumbuh sepanjang tahun ini memiliki kulit berwarna merah tua dan daging manis berwarna putih susu yang melapisi biji yang pahit.

Buah rambutan sering dikonsumsi langsung dan beberapa orang menggunakan bagian lainnya untuk tujuan pengobatan.

Masyarakat Jawa yang menggunakan pericarp atau dinding buah karena kandungan tanin dan saponin yang tinggi. Di Malaysia, akarnya digunakan untuk mengobati demam dan daunnya sebagai tapal atau obat pasta. Manfaat buah rambutan lainnya adalah:

1. Kaya Akan Antioksidan

Buah rambutan merupakan sumber antioksidan yang melawan berbagai penyakit dan mendukung tubuh yang lebih sehat. Buah ini memiliki kombinasi senyawa baik yang memiliki ciri antioksidan. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, vitamin E, karoten, xantofil, tanin, dan fenol.

Keberadaan para senyawa antioksidan ini memiliki dampak yang besar untuk kesehatan tubuh. Mereka membantu memerangi pembentukan radikal bebas di dalam tubuh, mencegah stres oksidatif, dan menjaga sel dari kerusakan.

Beberapa riset juga menunjukkan kalau antioksidan dapat berperan dalam pencegahan penyakit dan menurunkan risiko penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung koroner, dan diabetes.

2. Menyeimbangkan Gula Darah

Bila dibiarkan, gula darah yang tinggi bisa menyebabkan berbagai efek samping yang merugikan. Efek samping tersebut bisa berupa sering buang air kecil, berat badan turun tak terkendali, kerusakan saraf, dan kehilangan penglihatan.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menambahkan sayur dan buah yang kaya serat di dalam menu makanan Anda. Mengonsumsi buah rambutan yang tinggi serat menjadi salah satu cara untuk memperlambat penyerapan gula di aliran darah. Serat tersebut juga dapat menstabilkan kadar gula darah.

Beberapa riset menunjukkan kalau rambutan mungkin menyimpan beberapa senyawa inti yang dapat menjaga kadar gula darah normal.

Bahkan, salah satu jurnal kesehatan menyatakan bila ekstrak kulit rambutan efektif menurunkan gula darah pada sampel tesnya. Rambutan juga menyuplai antioksidan yang dapat melindungi jaringan-jaringan dari kerusakan.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Komposisi serat tiap 150 gram rambutan adalah 1,3 gram atau mencapai 5 persen dari rekomendasi asupan harian untuk kebanyakan wanita.

Serat merupakan nutrisi yang tidak dicerna selama melewati saluran pencernaan. Ia langsung membantu menambahkan massa pada feses. Hal tersebut menghindari sembelit sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan.

Menambah asupan serat lewat buah rambutan akan membantu pencegahan masalah pencernaan. Beberapa penyakit pencernaan tersebut yaitu wasir, penyakit refluks gastroesofagus, tukak usus, dan divertikulitis (infeksi kantong kecil di usus besar).

4. Merawat Kekuatan Tulang

Manfaat buah rambutan lainnya terletak di kandungan mangan. Mineral ini penting dalam menunjang kesehatan, tak terkecuali pembentukan tulang. Bahkan, hampir setengah zat mangan tubuh terletak di tulang.

Asupan mangan penting untuk dimasukkan ke pola makan karena ia dapat membantu pembentukan tulang yang sehat. Tentunya tulang yang kokoh akan terhindar dari kelainan serius, seperti osteoporosis.

Riset yang dilakukan terhadap satu sampel binatang menemukan bahwa melengkapi asupan mangan selama 12 minggu dapat menaikkan kepadatan mineral tulang pada sampel tersebut.

5. Memiliki Sifat Anti-Mikroba

Selain ciri antioksidan dan nutrisi yang melimpah, buah rambutan juga menyimpan sifat anti-mikroba yang kuat, berdasarkan beberapa studi. Sifat anti-mikroba ini berguna dalam melawan infeksi serta mengoptimalkan kesehatan.

Pada sebuah studi ditunjukkan kalau ekstrak kulit rambutan efektif dalam menghalangi pertumbuhan beberapa tipe bakteri. Studi lainnya juga menjelaskan bila biji rambutan menyimpan sifat anti-bakteri yang ampuh dalam menghindari infeksi dan penyakit.

Rambutan juga memiliki sifat antiseptik pada buahnya. Sifat rambutan tersebut melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Buah rambutan juga dapat mempercepat waktu pemulihan luka dan mencegah pembentukan nanah.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Meski beredar mitos soal buah rambutan yang bisa membuat keguguran atau mempersulit kelahiran, belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut.

Nyatanya, rambutan memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi ibu hamil dan kandungannya. Seperti pada vitamin C buah rambutan. Nutrisi tersebut menyimpan sifat antioksidan yang meningkatkan imunitas tubuh dan melawan penyakit ringan.

Rasa manis asam buah rambutan juga dapat meredakan mual, pusing, dan muntah-muntah yang lazim terjadi pada ibu hamil. Zat besi di dalamnya pun dapat meningkatkan kadar hemoglobin (sel darah yang membawa oksigen) serta melawan pusing dan kelelahan.

Kalsium pada buah rambutan mendukung kesehatan tulang dan otot yang penting dalam menyokong pertumbuhan berat janin.

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah rambutan dalam jumlah yang sedikit. Sebab, buah ini tinggi kandungan lemak dan kalorinya. Hindari konsumsi rambutan yang berlebih, terutama buah yang terlalu matang.

Buah rambutan yang terlalu matang punya kandungan gula yang tinggi. Hal tersebut bisa menaikkan kadar gula darah bila dikonsumsi terlalu banyak.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Biji buah rambutan dikenal dapat meningkatkan kesehatan serta tampilan kulit. Hancurkan biji rambutan tersebut menjadi pasta dan aplikasikan di kulit untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan warna kulit alami. Penggunaan pasta ini dapat melembutkan, menghaluskan, dan memperbagus tekstur kulit.

Rambutan juga dapat menghidrasi berkat kandungan mangan dan vitamin C di dalamnya. Kedua nutrisi tersebut membantu pembentukan kolagen dan berperan sebagai antioksidan dalam yang membasmi radikal bebas. Hasilnya kulit menjadi sehat dan terlihat lebih muda.

8. Membantu Mengurangi Berat Badan

Sama halnya seperti buah lainnya, rambutan dapat mencegah kenaikan berat badan dan membantu mengurangi berat badan. Ini berkat kadar kalori rambutan yang rendah dan serat yang cukup.

Takaran nutrisi tersebut dapat membuat perut kenyang lebih lama. Keinginan Anda untuk makan lagi pun bisa ditekan. Apalagi serat buah rambutan bergabung dengan air dan membentuk zat seperti gel yang memperlambat pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi.

9. Mendukung Kesehatan Jantung

Rambutan memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung. Beberapa nutrisi tersebut adalah kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada juga serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih.

Folat dan berbagai jenis vitamin B pada buah rambutan dapat meredam inflamasi, sehingga risiko stroke bisa ditekan hingga 25 persen.

10. Dapat Mencegah Kanker

Rambutan merupakan salah satu buah tropis dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Itulah mengapa buah ini memiliki potensi untuk menghindari kanker. Antioksidan ini dapat melawan inflamasi dan menjaga sel tubuh dari terkena infeksi.

Vitamin C juga jadi komponen utama buah rambutan sebagai antioksidan tersebut. Tipe vitamin ini menghadang kerusakan radikal bebas dan menyediakan perlindungan melawan kanker yang beragam.

Berdasarkan sebuah studi, kulit rambutan dapat mengubah dan mengahalangi pertumbuhan sel kanker dan bahkan digunakan untuk perawatan kanker hati. Temuan lainnya menjelaskan kalau mengonsumsi lima rambutan setiap hari dapat menurunkan risiko kanker secara drastis.

Itu dia berbagai manfaat buah mangga yang perlu Anda ketahui. Buah khas ini ternyata menyimpan banyak keuntungan yang tidak terkira sebelumnya. Setelah tahu akan manfaat tersebut, sekarang Anda bisa memaksimalkan buah tropis populer ini. Kandungan dari buah rambutan juga dapat Anda dapatkan melalui vitamin Blackmores Ultimate Omega – 150 kapsul (Rp504.000) yang memilki kandungan omega, vitamin B1, B2, B6, B12, C, E dan mineral lainnya.

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, Anda juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal Anda.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022