fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Buah Sawo: Buah Khas yang Banyak Mineral

Buah sawo manila atau Manilkara zapota merupakan buah tropis yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Saat matang, buah ini punya rasa manis dari dagingnya yang putih kekuning-kuningan dan berair. Meski tidak sepopuler buah lainnya, banyak sekali manfaat buah sawo yang tak kalah dengan buah yang sering kita konsumsi. Simak beberapa kebaikan buah sawo di bawah ini.

manfaat buah sawo

Kandungan Gizi Utama Buah Sawo

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, sajian 100 gram buah sawo muda atau mentah mengandung:

  • Energi: 92 kalori
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 1,1 gram
  • Karbohidrat: 22,4 gram
  • Serat: 9,5 gram
  • Zat besi: 1 mg
  • Fosfor: 12 mg
  • Kalsium: 25 mg
  • Vitamin C: 21 mg
  • Kalium: 110 mg
  • Tembaga: 0,04 mg

Manfaat Buah Sawo yang Perlu Anda Ketahui

1. Meredakan Flu dan Batuk

Buah sawo mengandung senyawa kimia yang membantu mencegah penyakit hidung tersumbat dan batuk kronis dengan cara membuang dahak dan lendir dari bagian hidung dan saluran pernafasan. Buah ini juga dipercaya bisa mengobati penyakit paru-paru lainnya.

2. Memperkuat Tulang

Sawo menyimpan banyak mineral yang memiliki peranan penting dalam kesehatan tulang. Kalsium, fosfor, dan zat besi di dalam buah ini juga dapat meningkatkan daya tahan tulang. Kelengkapan mineral tersebut juga membuat sawo sangat membantu dalam meningkatkan kekuatan tulang.

Mineral lainnya berupa tembaga dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, jaringan ikat, dan otot. Pemenuhan asupan mineral ini begitu diperlukan. Sebab, kekurangan tembaga memungkinkan tulang terkena penyakit osteoporosis, pengrusakan, atau sendi yang lemak. Masalah fisik seperti otot lemah atau kekuatan tubuh yang rendah juga bisa terjadi.

Beberapa riset menunjukkan kalau asupan tembaga yang dilengkapi dengan mangan, zinc, dan kalsium dapat memperlambat hilangnya kepadatan tulang pada wanita dewasa. Mineral lainnya yang ada di buah sawo pun dapat menyokong berbagai fungsi tubuh termasuk pertumbuhan tulang yang benar. Kandungan ini juga dapat kamu temukan pada suplemen Bio Calci 72 – Suplemen Vitamin Tulang (Rp93.600).

3. Kesehatan Pencernaan Meningkat

Serat merupakan sumber nutrisi yang diperlukan guna menjaga fungsi pencernaan sebaik mungkin. Makanan yang kaya serat seperti sawo dapat membantu pergerakan usus. Karena kandungan serat yang tinggi pula, sawo bekerja layaknya pencahar.

Komposisi serat yang tinggi juga dapat meredakan sembelit dan membantu membran usus dalam melawan infeksi. Serat yang tinggi juga dapat menekan nafsu makan berlebih. Tak cuma itu, serat dapat pula menurunkan tekanan gula darah yang melonjak, sehingga asupan karbohidrat bisa ditekan bersama dengan lemak.

Selain itu, ada juga senyawa tanaman tanin di dalam buah sawo. Senyawa ini mengandung polifenol yang berfungsi menetralisir sekresi asam di usus. Tanin juga memiliki sifat anti-parasit, anti-inflamasi, anti-virus, dan anti-bakteri yang memulihkan sakit perut, radang perut, dan masalah usus lainnya.

4. Buah Anti-inflamasi yang Bagus

Lewat penjabaran di atas, buah sawo bisa digolongkan sebagai agen anti-inflamasi yang baik karena kandungan tanin yang tinggi. Tanin ini dapat menekan terjadinya inflamasi dengan mengurangi pembengkakan dan nyeri. Senyawa tersebut juga dapat meningkatkan kondisi saluran pencernaan dengan mencegah penyakit seperti esofagitis (inflamasi saluran mulut ke perut), enteritis (inflamasi usus halus), sindrom iritasi usus, dan radang perut.

Tembaga pada buah sawo juga mengandung ciri anti-inflamasi yang dapat menyingkirkan masalah kekakuan dan nyeri terkait radang sendi. Selain itu, mineral tersebut juga memperkuat otot dan mengurangi nyeri sendi.

5. Menyembuhkan Luka

Kegunaan vitamin B5 dalam mempercepat penyembuhan luka pernah ditunjukkan beberapa studi terdahulu. Selain itu, vitamin B5 juga merawat reaksi kulit dari terapi radiasi.

Fungsi lain vitamin B5 adalah memperlambat tanda proses penuaan, seperti titik gelap dan kerutan. Beberapa riset memperlihatkan cara vitamin B5 melakukan percepatan pemulihan. Dari sini diketahui bahwa vitamin tersebut melakukannya lewat peningkatan penggandaan sel-sel.

6. Mendukung Sistem Saraf dan Otak

Kalium pada buah sawo penting dalam mendukung fungsi sel, impuls saraf, dan sinyal elektrik yang dibutuhkan oleh otak. Kurangnya kalium bisa menyebabkan kurangnya konsentrasi, kelelahan, sulit mengingat dan belajar, serta perubahan mood.

Tembaga juga membantu fungsi galaktosa dan dopamin yang penting menjaga energi, mood, pemahaman, dan fokus. Zat besi yang terdapat di buah sawo juga berguna dalam menunjang fungsi otak yang maksimal. Otak membutuhkan oksigen agar bisa bekerja secara efektif. Dan, tugas zat besi inilah yang membawa oksigen ke otak.

Oksigen yang mengalir dengan baik dapat menghindarkan otak dari daya ingat yang buruk hingga gejala apati. Kekurangan zat besi juga berakibat pada permasalahan mood, seperti gelisah, mudah kesal, dan kurang fokus memperhatikan.

7. Mencegah Anemia

Guna memasok otak dengan oksigen, zat besi juga terlibat dalam produksi hemoglobin. Hemoglobin atau sel darah merah yang menyimpan oksigen ini kemudian dibawa ke otak dan jaringan tubuh lain.

Kekurangan zat besi tentu akan menghambat proses terbentuknya hemoglobin tersebut. Pengidap anemia biasanya mengalami gejala kurangnya fungsi mental dan kekurangan energi. Konsumsi buah sawo merupakan salah satu cara yang bagus untuk memperoleh kembali zat besi yang hilang.

8. Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah sawo yang dibekali elektrolit, vitamin A, dan karbohidrat sangat baik untuk ibu hamil maupun menyusui. Buah sawo dikenal baik bagi ibu hamil karena dapat meredakan morning sickness dan pusing. Buah sawo juga membantu pembentukan kolagen yang dapat meredakan masalah perut.

Folat pada buah sawo juga merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan ibu dalam pertumbuhan janinnya. Nutrisi ini juga harus dipenuhi baik wanita yang ingin atau sedang hamil agar mengurangi risiko bayi cacat saat lahir.

9. Khasiat untuk Tujuan Kecantikan

Memakan buah sawo secara rutin dapat membantu membuang racun yang ada di tubuh. Hal ini dapat memengaruhi kulit dan rambut agar menjadi sehat dan lembab. Hasil lain yang didapat adalah berkurangnya tanda penuaan, baik dari luar maupun dari dalam. Namun, sebaiknya jangan mengaplikasikan buah ini layaknya produk kecantikan alami lain. Anda cukup memakannya untuk mendapat hasil terbaik.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah sawo juga dikaitkan dengan konsumsi kolagen yang tinggi. Jenis protein ini mampu mencegah pertumbuhan kerutan yang terlihat dalam. Vitamin di buah sawo jumlahnya cukup banyak. Beragam vitamin ini dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan meremajakan sel kulit.

Berbagai kandungan polifenol, flavonoid, dan antioksidan membuat kulit bebas dari kerutan, meningkatkan warna natural kulit, memperlambat proses penuaan, dan mencerahkan kulit secara alami. Getah berwarna putih susu dari sawo juga dipercaya untuk membersihkan kutil dan pertumbuhan jamur di kulit.

10. Menghindari Kanker

Buah sawo memiliki kandungan antioksidan yang dapat menurunkan kemungkinan terjadinya berbagai tipe kanker. Kebaikan vitamin A dan B di dalamnya mendukung pemeliharaan selaput lendir agar tetap sehat. Kedua vitamin tersebut juga dapat menurunkan risiko kanker paru-paru mulut.

Serat yang tinggi pada buah sawo juga melindungi tubuh dari kanker usus dengan cara menutrisi usus agar tetap sehat.

11. Mengontrol Tekanan Darah

Karena kecukupan kandungan kaliumnya, buah sawo bisa menjadi rekomendasi buah untuk mengatur tekanan darah yang tinggi. Fungsi kalium sendiri adalah memperlancar sirkulasi darah dan mengatur tekanan darah.

Kalium juga berperan dalam menurunkan kadar sodium di dalam darah. Bila sodium tersebut dibiarkan tinggi, berbagai penyakit bisa muncul, seperti diare, disfungsi ginjal, dan diuretik.

12. Meningkatkan Energi

Buah sawo kaya akan komposisi fruktosa dan sukrosa yang menyediakan sumber energi instan. Karenanya, buah ini cocok dijadikan santapan untuk memulihkan tubuh setelah lelah melakukan aktivitas berat. Buah ini pun jadi pilihan yang bagus untuk ibu hamil dan anak yang sedang memenuhi nutrisi yang kian bertambah.

Itu dia manfaat buah sawo yang ternyata menyimpan banyak kebaikan bagi tubuh. Dari manfaat ini, ada baiknya bila kita mengetahui buah dan sayur ada di sekitar kita. Seperti halnya sawo, buah lainnya pun menyimpan nutrisi yang berbeda untuk kebutuhan harian kita yang beragam.

Baca juga:

Mengenali Manfaat Buah Bit dan Nutrisinya

10 Buah dan Sayuran yang Kaya Antioksidan

Manfaat Buah Mangga: Untuk Pencernaan Hingga Kandungan

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, Anda juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal Anda.

Penulis: Arofah Hafizh A.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022