fbpx

Manfaat Buah Semangka: Dari Daging Hingga Biji-bijinya

by | Nov 19, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Kalau bicara buah semangka, kita cenderung memikirkan daging buah merah berair nan manis ketimbang manfaat buah semangka itu sendiri. Bahkan, tak sedikit dari kita yang dikibuli mitos kalau biji semangka yang tertelan bisa tumbuh di perut. Nyatanya, biji yang bertebaran tersebut menyimpan nutrisi yang tak kalah dengan daging buahnya.

Pada artikel kali ini, Anda akan dibawa pada informasi seputar khasiat buah semangka yang mungkin belum Anda ketahui. Setelah mempelajari berbagai manfaat yang dimiliki semangka, Anda akan semakin suka dan lebih sering mengonsumsi buah tropis ini.

Kandungan Gizi Utama Buah Semangka

Tiap dua cangkir potongan semangka (280 gram) atau ¼ buah semangka mengandung:

  • Kalori: 80 kalori
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Serat: 1 gram
  • Kolesterol: 0 mg
  • Gula: 20 gram
  • Kalium: 270 mg
  • Vitamin A: 30% dari asupan kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin C: 25% dari AKG
  • Kalsium: 2% dari AKG
  • Zat besi: 4%  dari AKG

Berbagai Manfaat Baik Buah Semangka

  • Menghidrasi Tubuh dan Melancarkan Pencernaan

Kadar air di dalam semangka sangat tinggi. Faktanya, 92% keseluruhan buah semangka adalah air. Kandungan air yang besar ini membuat semangka jadi pilihan pangan yang baik untuk mengisi cairan tubuh. Jika kekurangan air, bahkan sedikit saja bisa membuat Anda menjadi lambat.

Tak sampai di situ, semangka juga mengandung elektrolit yang baik untuk mencegah tubuh dari kepanasan. Air yang tinggi dalam semangka juga dibekali nutrisi serat. Hal inilah yang membuat semangka jadi satu paket makanan yang baik bagi Anda yang sedang menjaga berat badan ideal.

Semangka yang kaya serat dan kaya air menjadi perpaduan yang hebat untuk pergerakan usus yang normal. Serat membentuk feses yang mudah dibuang, sedangkan air membantu sistem pencernaan agar bergerak efisien.

  • Untuk Kesehatan Jantung

Likopen yang tinggi di dalam semangka sangat efektif dalam menjaga sel dari kerusakan. Molekul ini juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi dari American Journal of Hypertension menemukan kalau ekstrak semangka dapat menurunkan hipertensi dan tekanan darah pada orang dewasa yang mengidap obesitas.

Semangka juga penting untuk wanita pada usia yang lebih tua. Sebuah penelitian dilakukan pada kelompok wanita pasca-menopause dengan pembuluh aorta yang kaku. Mereka yang mengonsumsi ekstrak semangka selama enam minggu mendapat penurunan di tekanan darah dan arterinya yang kaku.

Buah berkulit hijau ini juga kaya asam amino bernama citrulline. Tipe asam amino ini membantu memindahkan darah melalui tubuh dan menurunkan tekanan darah.

  • Mencegah Asma

Beberapa ahli percaya kalau radikal bebas turut andil dalam berkembangnya penyakit asma. Karenanya, kehadiran antioksidan di dalam paru-paru bisa mencegah penyebaran radikal bebas tersebut. Semangka pun jadi salah satu sumber antioksidan utama yang terdapat pada vitamin C.

  • Dapat Mencegah Kanker

Selain menurunkan risiko penyakit jantung, likopen juga jadi salah satu senyawa di semangka yang memiliki efek anti-kanker. Berdasarkan National Cancer Institute, likopen dikaitkan dengan kemampuannya dalam menurunkan fase siklus sel kanker prostat.

Kemampuan semangka dalam melawan kanker tak sampai di likopen. Vitamin C juga berperan dalam menekan radikal bebas sebagai pemicu munculnya beberapa tipe kanker. Mereka menyerang lewat reaksi stres oksidatif yang menghasilkan kerusakan pada sel DNA. 

  • Biji Semangka yang Menyimpan Manfaat

Beberapa dari kita mungkin khawatir ketika menelan biji-biji buah semangka. Sebab itu pula kita lebih sering menyingkirkannya sampai bersih. Sekarang kamu tak perlu bimbang lagi menelan biji-biji kecil tersebut. Mereka nyatanya menyimpan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh.

Kalau dihitung, segenggam biji semangka seberat 4 gram mengandung 23 kalori. Rendahnya kalori ini juga dibekali nutrisi magnesium, zat besi, lemak baik, dan zinc.

Magnesium di dalam 4 gram biji semangka memenuhi 5% AKG. Mineral ini penting untuk fungsi metabolisme tubuh. Ia juga dibutuhkan dalam menjaga fungsi saraf dan otot, serta kesehatan imun, hati, dan tulang.

Segenggam biji semangka mengandung zat besi sebesar 1,6% AKG. Zat besi merupakan komponen penting bagi hemoglobin. Protein ini berperan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ia juga membantu tubuh mengubah kalori menjadi energi.

Zinc di dalam biji semangka juga memberi manfaat lainnya. Segenggam atau 4 gram biji semangka mengandung zinc 4% AKG. Nutrisi ini penting bagi sistem imun, pencernaan, saraf, pembagian dan pertumbuhan kembali sel, serta baik bagi indera perasa dan penciuman.

Namun, Anda harus sadar juga akan kandungan phytate di biji semangka. Senyawa ini menurunkan penyerapan zat besi dan zinc yang menyebabkan penurunan nilai gizi.

Biji semangka pun menawarkan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda sebanyak 0,3 dan 1,1 gram. Berdasarkan American Heart Association, kedua lemak ini berguna dalam melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke. Kadar kolesterol jahat juga bisa diturunkan dengan keberadaan lemak tersebut.

  • Mengatasi Nyeri Otot

Berdasarkan publikasi Journal of Agricultural and Food Chemistry, meminum semangka sebelum latihan dapat menurunkan nyeri otot dan meredakan ritme jantung. Hal ini dikarenakan asam amino citrulline dan arginine semangka dapat meningkatkan sirkulasi.

Studi lainnya dari Journal of Applied Physiology menyimpulkan kalau citrulline dapat menguatkan performa atlet. Kesimpulan tersebut diambil dari partisipan yang mengonsumsi suplemen citrulline memperlihatkan performa yang hebat pada latihan berintensitas tinggi, seperti bersepeda dan lari cepat.

  • Mendukung Fungsi Otak dan Sistem Saraf

Selain mencegah kanker dan penyakit jantung, likopen juga dipercaya dapat memperlambat kemunculan dan perkembangan penyakit Alzheimer.

Lalu, ada jenis antioksidan lainnya bernama kolin yang berguna juga bagi otak dan sistem saraf. Kolin dapat membantu fungsi dan aktivitas pergerakan otot, belajar dan mengingat, transmisi impuls saraf, serta menjaga struktur sel membran.

  • Membantu Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin A di dalam semangka cukup tinggi dan 10 ons semangka bisa mencukupi seperempat kebutuhan harian. Nutrisi vitamin A ini baik untuk menjaga kulit dan rambut tetap lembab. Selain itu, vitamin A juga mendukung kesehatan pertumbuhan kolagen dan sel elastin yang baru. Kolagen sendiri berperan dalam menjaga kekenyalan kulit dan kuatnya rambut.

Manfaat buah semangka untuk kulit juga bisa ditemukan pada vitamin C yang membantu pembentukan kolagen. Vitamin C pun dapat mempercepat pemulihan luka dan menghindari risiko kerusakan akibat faktor umur.

Nutrisi lain berupa likopen dan beta karoten juga melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

  • Menyehatkan Mata

Satu potong semangka sedang mengandung 9-11% dari kebutuhan vitamin A harian. Vitamin ini penting untuk mata yang sehat. Ada pula likopen di dalam semangka yang terdapat juga di beberapa bagian mata. Guna likopen adalah menjaga mata dari kerusakan oksidatif dan inflamasi.

Likopen juga dapat mencegah age-related macular degeneration (AMD) yang jadi penyebab kebutaan pada orang yang berusia lebih tua. Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dapat mencegah AMD agar tidak berkembang dan menjadi lebih buruk.

  • Punya Sifat Diuretik

Studi tahun 2014 dengan sampel tikus menemukan bahwa semangka mungkin sama efektifnya dengan obat diuretik bernama furosemide. Diuretik ini adalah obat yang diaplikasikan untuk membuang kelebihan air dan garam di dalam tubuh.

Diuretik berguna untuk orang dengan gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, dan kondisi lainnya. Walau begitu, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter bila sebelumnya diresepkan obat diuretik.

Itu dia beragam manfaat buah semangka yang patut Anda ketahui. Buah semangka menyimpan banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti likopen dan vitamin C. Bahkan, biji di dagingnya sendiri menyimpan gizi yang tak kalah bermanfaat.

Karena itu, menggabungkan semangka dengan menu harian dan gaya hidup yang benar sangat dianjurkan guna mendukung tubuh yang sehat dari berbagai penyakit.

Baca juga:

Cegah Defisiensi Vitamin C dengan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

10 Buah dan Sayuran yang Kaya Antioksidan

10 Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, Anda juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda.

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Jessie S. 2017. Watermelon: Health Benefits, Risks & Nutrition Facts.

Kerrie-Ann J. 2018. Top 9 Health Benefits of Eating Watermelon.

Anna S. 2020. The 5 Best Watermelon Seed Benefits.

Megan W. 2019. What are the health benefits of watermelon?

Kathleen M.Z. 2020. The Health Benefits of Watermelon.

Brands