fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Buah Srikaya: Buah Baik untuk Kesehatan Jantung

Kita lebih sering mengonsumsi buah srikaya dari olahan seperti selai roti. Namun, tak sedikit dari kita yang jarang bahkan belum pernah mencicipi langsung buah yang masih satu kerabat dengan sirsak ini. Manfaat buah srikaya pun bisa jadi belum banyak yang tahu.

manfaat-buah-srikaya

Untuk itu, di artikel kali ini kita akan mengenal lebih jauh apa saja kelebihan yang dimiliki buah manis dengan daging bertekstur seperti custard ini.

Kandungan Gizi Buah Srikaya

Buah srikaya mengandung kalori dan lemak yang rendah. Keunggulan buah ini terdapat di nutrisi vitamin C yang tinggi, juga pada fosfor kalsiumnya.

Berikut takaran gizi buah srikaya per 100 gram dengan berat dapat dimakan 48%:

  • Energi: 63 kalori
  • Protein: 1,1 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 13,9 gram
  • Serat: 2,1 gram
  • Kalsium: 127 mg
  • Fosfor: 30 mg
  • Vitamin C: 28 mg
  • Zat besi: 2,7 mg

Manfaat Buah Srikaya yang Belum Banyak Diketahui

1. Membantu Meningkatkan Sistem Pencernaan

Buah srikaya memiliki kandungan serat hingga tembaga yang tinggi. Keduanya berperan dalam menyokong sistem pencernaan yang sehat. Buah dengan daging berwarna putih ini dapat mencegah sembelit dan usus yang tidak nyaman.

Srikaya juga merupakan pangan yang bagus untuk mengatasi masalah kotoran yang lembek. Masalah pencernaan tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi buah srikaya yang telah dihancurkan bulirnya dan dicampurkan dengan air.

Cara tersebut membantu mengeraskan BAB dan lagi, dapat menghindari diare. Konsumsi buah srikaya memungkinkan terhindarnya seseorang dari gangguan usus. Penyakit lebih serius seperti Crohn’s disease (jenis peradangan usus) dapat diringankan dengan menambahkan asupan srikaya pada menu makan reguler Anda.

Anda hanya perlu memasukkan buah srikaya sebagai penyeimbang nutrisi dari menu harian tersebut. Sehingga, Anda bisa menggantinya dengan buah lain dan tidak perlu repot mengonsumsinya setiap hari.

2. Mendukung Kesehatan Ibu Hamil

Buah srikaya juga mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Folat atau vitamin B9 yang disimpannya memiliki peran penting dalam menghindari cacat tabung saraf pada janin. Tabung saraf merupakan cikal bakal otak dan sumsum tulang belakang.

Karena buah srikaya mengandung banyak folat, kesehatan ibu hamil dan kandungannya bisa lebih terjaga dengan asupan buah ini. Selain itu, risiko keguguran juga bisa terhindari selama ibu mengonsumsi srikaya dan buah lainnya yang kaya akan folat, seperti pepaya dan alpukat.

3. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah srikaya mengandung banyak antioksidan dan vitamin A. Keduanya membantu membangun kembali jaringan dan melindungi struktur sel. Hal ini akan menghasilkan kulit yang berkilau dan lembut, begitu juga dengan rambut yang menjadi lebih halus.

Antioksidan memiliki fungsi utama dalam memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel. Dengan begitu, srikaya dapat memelihara kulit dari tanda penuaan sekaligus melawan penurunan dan kelainan pada pertumbuhan yang menyebabkan kanker.Hal tersebut juga berdampak pada berkurangnya tanda kerutan di kulit, sehingga Anda bisa terlihat lebih muda.

Vitamin A membantu dalam pembentukan jaringan. Vitamin ini bekerja dengan protein untuk menjaga kekuatan otot, urat, dan ligamen. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam produksi kolagen.

Kombinasi nutrisi di atas bekerja bersama untuk meningkatkan fleksibilitas kulit. Rambut juga akan terjaga kekuatannya dap terlepas dari masalah bercabang dan akar yang rusak.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A juga dibutuhkan untuk kesehatan bagian tubuh lainnya, termasuk mata. Saat tubuh mendapatkan asupan vitamin, mata akan memperoleh jumlah protein yang diperlukan. Protein tersebut akan melindungi struktur sel di dalamnya.

Pada saat yang sama, sifat antioksidan dari vitamin tersebut membantu melawan penurunan fungsi sel dan tanda penuaan. Orang yang selalu menjaga asupan vitamin A memiliki penglihatan yang bekerja lebih baik daripada orang lain dengan usia yang sama.

Konsumsi vitamin A yang juga terdapat di buah srikaya dapat menekan risiko berkembangnya glaukoma (kerusakan saraf optik yang penting untuk penglihatan) dan penurunan fungsi makula (area pusat retina) hingga kemungkinan terjangkit katarak.

5. Memelihara Fungsi Pernafasan

Jika Anda memiliki masalah dengan pernafasan atau terbiasa berhadapan dengan radang tabung bronkial, buah srikaya bisa memberi keuntungan. Sebab, vitamin B6 mudah diperoleh dari buah tropis ini.

Vitamin B6 mempunyai ciri anti-inflamasi. Hal ini tentu menjadi pemulihan yang baik bagi masalah inflamasi pada tabung bronkial. Konsumsi buah srikaya dapat melebarkan tabung bronkial tersebut sehingga aliran udara bisa lebih mudah melewatinya.

Salah satu manfaat buah srikaya ini diperlukan bagi penderita asma dan infeksi bronkial lainnya. Antioksidan pada buah srikaya juga dapat membantu mendukung sistem imun dalam melawan infeksi dan berbagai kelainan pada saluran udara.

6. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat-buah-srikaya

Stres akibat pekerjaan hingga pola makan yang tidak benar bisa berdampak pada tekanan darah yang tinggi. Tentunya kondisi tersebut harus dihindari. Terlebih karena tekanan darah tinggi tidak baik bagi kesehatan dan mematikan.

Kita mesti menjaga gaya hidup yang benar agar bisa menjauh dari risiko tekanan darah tinggi. Salah satu cara adalah dengan menyantap buah srikaya yang kaya akan kandungan kaliumnya. Bahkan, buah dengan kulit hijau ini punya kadar kalium yang lebih besar daripada pisang.

Berdasarkan American Heart Association, kalium dibutuhkan untuk mendukung kesehatan jantung. Ketika kita punya kalium yang lebih, tingkat sodium di tubuh akan seimbang dan membantu menjaga tekanan darah pada tingkat yang rendah.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Risiko serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja. Karena itu, peran mineral diperlukan untuk menjaga otot jantung tetap bekerja dan membuat jantung sehat.Magnesium merupakan salah satu mineral yang terdapat di buah srikaya. Mineral ini berguna dalam membuat otot jantung tetap rileks. Tekanan hidup yang menyebabkan stres dan aktivitas yang padat dapat memaksa jantung bekerja lebih keras dari yang biasanya.

Fungsi magnesium dibutuhkan untuk menyeimbangkan tekanan dan kerja berlebih tersebut. Ia menjadikan otot tenang sebentar dan tidak kelelahan. Kadar magnesium pada satu srikaya dapat memenuhi 10% kecukupan harian. Maksimalkan mineral tersebut dengan sumber makanan lainnya. Selain dari buah srikaya, Anda juga dapat menjaga kesehatan jantung dengan konsumsi Blackmores Omega Daily 90 kaplet (Rp318.443) yang mengandung omega 3, EPA, dan DHA.

8. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi juga diakibatkan oleh jarang bergerak dan asupan gizi yang tidak teratur. Salah satu nutrisi yang jarang terpenuhi adalah vitamin B3. padahal, vitamin ini memiliki keterkaitan dengan tingkat kolesterol yang terjaga.

Saat kita mencukupi asupan vitamin B3 atau niacin ini, kadar kolesterol jahat di tubuh bisa dikurangi hingga 20%. Niacin juga penting dalam meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Keberadaan kolesterol baik dapat memberikan lapisan perlindungan pada pembuluh arteri. Dengan begitu, darah bisa mengalir dengan lancar tanpa adanya hambatan. Sebaliknya, lapisan kolesterol jahat pada pembuluh darah akan memberi jalur yang tidak mulus dan menghambat aliran darah itu sendiri.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat pada buah srikaya juga memiliki kegunaannya sendiri. Nutrisi satu ini efektif mengisi perut dengan cepat. Hal ini pula yang membuat keinginan untuk makan jadi berkurang.

Pada saat yang sama, serat memberikan sensasi kenyang lebih lama. Bukan hal tak mungkin bila Anda bisa makan lebih sedikit sepanjang hari. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tentu jadi hal penting bila bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk tanpa harus merasa lapar.

Dengan mengonsumsi buah yang mengandung serat, tubuh Anda akan diberitahu jika sudah cukup makan. Serat akan memberikan rasa kenyang dengan cepat dan dalam waktu yang lama.

Vitamin B1 merupakan manfaat lain yang akan mendukung rencana penurunan berat badan Anda. Vitamin ini sangat penting untuk fungsi metabolisme. Ia mengubah makanan menjadi energi.

Artinya, menyantap lebih banyak buah srikaya dapat menambah proses pengubahan energi tersebut. Tak hanya perut kenyang, tubuh Anda juga akan membakar lebih banyak kalori dan membuat berat menjadi turun.

10. Menambah Energi

Fungsi vitamin B1 atau thiamin di atas sangat berperan dalam memberikan energi tambahan bagi tubuh. Hal ini membuat buah srikaya jadi sumber alami pengganti suplemen pemberi energi.

Selain mengubah gula menjadi energi, thiamin yang turut andil dalam menunjang metabolisme ini dapat melawan kelelahan dan tubuh yang lemah. Buah srikaya ini cocok dijadikan sumber energi alami bagi tubuh.

Ternyata ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan buah srikaya. Buah ini pun bisa jadi pilihan makanan yang bagus untuk gaya hidup sehat lewat pemenuhan nutrisinya yang beragam.

Baca juga:

Mau Menambah Stamina? Coba Lakukan 3 Cara Ini

6 Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah

5 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Hipertensi

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, Anda juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal Anda.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Makanan Sehat   09/05/2022
manfaat-buah-lingonberry

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Makanan Sehat   28/04/2022