fbpx
BerandaKesehatan KulitManfaat dan Efek Samping Hydroquinone dalam Skincare

Siapa yang tak inginkan kulit sehat yang cerah dan kenyal? Kulit cerah yang sehat tentunya menjadi dambaan semua orang, dengan tampilan yang bersih dan segar. Sayangnya, masalah kulit seperti kulit kusam dan bekas jerawat menghitam sering menghantui. Selain cukup sulit diatasi, kedua masalah kulit ini juga membutuhkan waktu yang lama untuk dapat diatasi.

skincare-yang-mengandung-hydroquinone

Karena itu, berbagai merk dan klinik kecantikan berupaya untuk menemukan cara dan bahan kandungan skincare yang dinilai efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi. Salah satunya adalah mengeluarkan skincare yang mengandung hydroquinone. Apa itu hydroquinone dan manfaatnya bagi kulit? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Apa itu hydroquinone?

Hydroquinone adalah salah satu kandungan pencerah kulit, yang efektif untuk perawatan kulit hiperpigmentasi. Senyawa ini mencerahkan kulit dengan cara menghambat pembentukan melanin oleh melanosit. Melanosit adalah sel yang memproduksi melanin, yang memberi warna pada kulitmu.

Dalam kasus hiperpigmentasi, melanin diproduksi secara berlebihan. Dengan kadar melanosit yang lebih terkontrol, kulit akan menjadi lebih cerah dari waktu ke waktu. Hydroquinone juga cenderung lebih mudah diserap oleh kulit, yang membuatnya jadi lebih efektif.

Hydroquinone dapat ditemukan dalam berbagai produk kecantikan, mulai dari krim, emulsion, gel, hingga losion yang dapat diaplikasikan langsung ke kulit. Dilansir dari Medical News Today, hydroquinone dapat membantu mengatasi sejumlah masalah kulit seperti:

Freckles

Freckles merupakan bintik-bintik cokelat, terkadang hitam, yang muncul dalam jumlah banyak di satu area wajah.

Melasma

Melasma muncul dalam bentuk bercak-bercak cokelat kehitaman di kulit. Bercak ini dapat berkembang di area wajah, leher, hingga hidung terutama area kulit yang sering terpapar sinar matahari.

Bekas jerawat

Pada bekas jerawat jenis PIH, bekas jerawat yang muncul biasanya lebih gelap karena produksi melanin berlebih. Biasanya, jenis bekas jerawat PIH lebih lama untuk disamarkan dibanding jenis PIE.

Apakah skincare hydroquinone aman digunakan?

Meski penggunaan hydroquinone dilarang di sejumlah negara Eropa, U.K., dan Jepang, hydroquinone masih dianggap aman oleh FDA dengan catatan digunakan dalam dosis aman (sesuai ketentuan, tidak disarankan pada ibu hamil dan menyusui).

Penggunaan hydroquinone melebihi dosis dan tidak sesuai anjuran pakai akan sebabkan banyak efek samping, oleh sebab itu penggunaan kandungan ini memerlukan pengawasan dari tenaga kesehatan. Terutama pada pemilik kulit kering dan sensitif, sebaiknya hindari penggunaan skincare yang mengandung hydroquinone karena dapat memperparah kondisi kulitmu.

Efek samping skincare hydroquinone

Pada sebagian orang, penggunaan skincare hydroquinone dapat berupa:

  • Kemerahan
  • Iritasi
  • Kekeringan
  • Gatal
  • Reaksi alergi atau dermatitis ringan

American Osteopathic College of Dermatology (AOCD) menyarankan untuk menghindari penggunaan hydroquinone pada area mata, dan cukup gunakan sedikit saja untuk wajah. Selain itu, penggunaan hydroquinone dalam jangka panjang juga dapat memicu ochronosis.

Ochronosis merupakan efek samping umum akibat penyalahgunaan hydroquinone. Menurut penelitian, ochronosis adalah suatu kondisi di mana kulit menjadi semakin gelap, alih-alih menjadi lebih cerah. Pastikan untuk melakukan konsultasi pada dokter agar penggunaan hydroquinone tepat dosis dan tepat penggunaannya untuk meminimalisir efek samping seperti ini.

Bahan alternatif yang bisa digunakan

Hydroquinone bukanlah satu-satunya kandungan yang efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi. Kamu bisa mempertimbangkan penggunaan skincare yang mengandung bahan-bahan ini:

  • Alpha arbutin. Alpha arbutin merupakan turunan dari hydroquinone yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi. Selain lebih aman, alpha arbutin juga cocok bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Karena komponen aktif alpha arbutin dilepaskan secara perlahan, kandungan ini dapat mengurangi munculnya iritasi dibanding agen pencerah lainnya.
  • Vitamin C. Vitamin C kaya akan antioksidan, yang juga terkenal sebagai agen pencerah kulit yang baik. Jika digunakan dengan rutin dan dibarengi dengan penggunaan tabir surya, hiperpigmentasi dapat disamarkan dan dicegah.
  • Retinol. Retinol tak hanya membantu mengatasi masalah penuaan dini, tapi juga membantu mencerahkan kulit hiperpigmentasi. Turunan dari vitamin A ini dapat menyerap ke lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga dapat bekerja lebih baik daripada kandungan lainnya.
  • Niacinamide. Niacinamide dikenal juga dengan vitamin B3, yang aman digunakan oleh semua jenis kulit dan membantu menyamarkan bekas jerawat menghitam. Kandungan ini bahkan aman bila dikombinasikan dengan banyak bahan aktif lainnya, seperti vitamin C.

Itulah informasi lengkap mengenai hydroquinone. Semoga bermanfaat ya! Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
treatment mengecilkan pori-pori wajah

Mengenal Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kesehatan Kulit   19/09/2023
kulit payudara gatal

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Kesehatan Kulit   18/09/2023
perawatan kulit eksim

Tips Perawatan Kulit Eksim untuk Berbagai Kondisi dan Usia

Kesehatan Kulit   17/09/2023
jenis laser wajah

Mengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Kesehatan Kulit   16/09/2023