fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat dan Kandungan Nutrisi Beras Merah

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S.Gz.

manfaat-beras-merah

Nasi dikenal sebagai makanan pokok di beberapa Negara khususnya Indonesia. Tahukah Anda bahwa nasi tidak hanya berwarna putih? Benar sekali, nasi yang dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok juga ada yang berwarna merah, yang disebut sebagai nasi merah. Yuk kenali lebih jauh seputar kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Fakta Beras Merah

Nasi ini terbuat dari beras merah yang dalam proses pengolahannya tidak sebanyak beras putih. Beras merah hanya melalui proses pengupasan kulit terluar atau biasa disebut sebagai sekam. Proses yang singkat pada pengolahan menjadikan beras merah lebih terjaga kandungan nutrisinya dibanding beras putih.

Beras merah memang dikenal memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam serta kandungan serat yang tidak ditemukan pada beras putih. Sehingga beras merah sering dijadikan sebagai makanan pokok bagi pelaku diet.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Beras merah memiliki beragam nutrisi yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan beras putih, salah satu nutrisi yang hanya dimiliki oleh beras merah adalah serat. Berikut ini beberapa nutrisi yang terdapat dalam 200 gram beras merah.

  • Jumlah kalori beras merah mulai dari 230 hingga 250 kalori
  • Karbohidrat sebanyak 45 hingga 50 gram
  • Serat sebanyak 3 hingga 3.5 gram
  • Protein sebanyak 5 gram
  • Lemak sebanyak 2 gram
  • Kalium sebanyak 80 mg
  • Magnesium : 80 mg
  • Natrium : 2 mg
  • Zat besi : 1,1 mg

Beras merah dikenal dengan biji-bijian yang bebas kandungan gula atau gluten sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Orang yang sedang menjalani program diet maupun pasien yang mengalami alergi pada gluten dapat mengonsumsi beras merah.

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Selain memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam, manfaat dari mengonsumsi nasi merah bagi kesehatan juga tidak kalah penting. Beras merah dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh seperti berikut ini:

  1. Mengontrol Berat Badan

Berdasarkan penelitian di Food Data Central USDA, konsumsi beras merah sebagai makanan pokok secara rutin dapat membantu menjaga berat badan. Orang yang mengonsumsi nasi ini memiliki berat badan yang lebih stabil sehingga lebih sehat. Efek lain dari mengonsumsi nasi yang berwarna merah adalah mencegah terjadinya obesitas atau berat badan berlebih.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam beras merah dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya sembelit. Kandungan karbohidrat kompleks dalam beras merah juga memiliki fungsi menjaga bakteri baik di dalam usus agar pencernaan menjadi lebih lancar.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah bila dibandingkan dengan beras putih. Indeks glikemik adalah skala yang digunakan untuk mengetahui seberapa cepat karbohidrat berpengaruh pada penambahan kadar gula darah. Indeks glikemik pada nasi jenis ini lebih rendah yaitu sekitar 68.

Rendahnya indeks glikemik pada nasi ini dapat membantu tubuh menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Sehingga sangat aman bila dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga orang yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi nasi merah. Karena beras merah memiliki kualitas nutrisi yang lebih baik sehingga memberikan manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan. Anda dapat berkonsultasi kepada ahli gizi apabila ingin mengonsumsi beras merah sebagai makanan sehat.

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee. 

 

Referensi: 

Lucy Chambers, Keri McCrickerd, Martin R. Yeomans, Optimising foods for satiety, Trends in Food Science & Technology, Volume 41, Issue 2, 2015

Food Data Central. US. Department of Agriculture.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

kandungan-dan-manfaat-buah-kurma

Kandungan dan Manfaat Sehat Kurma bagi Tubuh

Uncategorized   30/07/2021
kandungan-dalam-susu

Kenali Apa Saja Kandungan Nutrisi dalam Susu

Makanan Sehat   30/07/2021
muesli-1

Yuk, Kenali Sajian Sarapan Sehat Bernama Muesli

Makanan Sehat   29/07/2021
kandungan-dan-manfaat-pisang

Kandungan Buah Pisang yang Baik bagi Tubuh

Makanan Sehat   27/07/2021
kandungan-buah-tomat-bagi-tubuh

Informasi Kandungan Pada Buah Tomat

Makanan Sehat   27/07/2021