fbpx
BerandaVitamin & SuplemenManfaat Ekstrak Biji Anggur

Anggur (Vitis vinifera) merupakan salah satu buah dengan tingkat konsumsi tertinggi di dunia. Buah anggur diketahui memiliki nutrisi, vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut dapat diperoleh melalui konsumsi buah secara langsung ataupun produk olahan anggur seperti wine. Selain buahnya yang bernutrisi, ternyata kulit dan biji anggur kaya akan senyawa polyphenols (suatu micronutrient alami pada tumbuhan) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian dan studi mengenai manfaat biji anggur pun semakin menarik perhatian banyak orang saat ini.

ekstrak-biji-anggur

Kandungan ekstrak biji anggur

Karena biji anggur umumnya adalah produk sampingan dari perusahaan pembuat wine, maka biji anggur pun mudah diperoleh. Ekstrak dari biji anggur (grape seed extract) ternyata mengandung senyawa polyphenols yang melimpah. Senyawa polyphenols dan flavonoids yang ada di ekstrak biji anggur memiliki aktivitas antioksidan yang sangat tinggi, bahkan melebihi antioksidan lain (seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-carotene).

Grape seed oil hasil ekstraksi mempunyai kandungan asam lemak tidak jenuh (unsaturated fatty acids) seperti Omega 3 (alpha-linolenic acid) dan Omega 6 (gamma-linolenic acid) yang tinggi. Manfaat Omega 3 dan Omega 6 bagi tubuh sangatlah luas. Kedua senyawa ini dinilai mampu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, hipertensi, autoimun, hingga kolesterol jahat (LDL). Selain itu, biji anggur juga mengandung banyak serat makanan yang bisa menurunkan risiko kanker usus besar, penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

Manfaat ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur menunjukkan karakteristik protektif serta preventif bagi tubuh. Beberapa manfaat biji anggur dilihat dari segi farmakologi, yaitu anti-inflamasi/anti radang, antioksidan, mencegah skin aging, penyakit jantung, hingga anti-kanker. Mekanisme dari kegunaan ekstrak biji anggur:

1. Meningkatkan penyembuhan luka

Proses regenerasi sel yang disebabkan oleh luka membutuhkan suplai pembuluh darah yang membawakan nutrisi dan oksigen. Apabila suplai pembuluh darah di area luka mengalami kerusakan, tubuh membutuhkan waktu untuk membentuk pembuluh-pembuluh darah baru melalui stimulasi protein VEGF. Ekstrak biji anggur mengandung senyawa proanthocyanidins yang dapat menstimulasi kerja VEGF dan meningkatkan kecepatan penyembuhan luka.

2. Antioksidan

Senyawa proanthocyanidins di ekstrak biji anggur memiliki karakteristik aktivitas antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi untuk menangkap radikal bebas dan melawan proses stress oksidatif di dalam tubuh, dimana saat ini diketahui bahwa radikal bebas dan stress oksidatif berperan dalam proses penuaan kulit, peradangan, hingga kanker.

3. Anti-inflamasi

Penyakit kronis umumnya diikuti dengan proses inflamasi/peradangan yang apabila aktivitasnya berlebihan dapat berakibat buruk. Dalam kondisi tersebut, peranan anti-inflamasi (Omega 3 dan Omega 6) dalam ekstrak biji anggur dinilai dapat bermanfaat untuk mendukung terapi.

4. Aktivitas jantung dan pembuluh darah

Gaya hidup Anda sangat berpengaruh terhadap pencegahan penyakit jantung. Olahraga, diet bernutrisi, dan gaya hidup sehat lainnya mampu menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah. Ekstrak biji anggur diduga bermanfaat sebagai agen preventif dan protektif melalui kemampuannya untuk mencegah pembentukan kolesterol jahat (LDL) serta melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas dan stress oksidatif.

5. Penyakit metabolik

Studi menyatakan bahwa konsumsi rutin ekstrak biji anggur yang kaya akan senyawa polyphenols, catechin, dan procyanidins mampu mempertahankan tekanan darah dalam batas normal. Selain itu, senyawa dalam ekstrak biji anggur juga diduga dapat membantu masalah obesitas dengan memperbaiki regulasi metabolisme tubuh.

6. Aktivitas antimikroba

Dalam penelitian dan studi terhadap mikroba, beberapa senyawa polyphenols dalam ekstrak biji anggur seperti resveratrol, caffeic acid, dan quercetin dinilai efektif melawan bakteri-bakteri penyebab patogen.

Manfaat ekstrak biji anggur untuk kesehatan kulit

Kulit Anda berperan sebagai pelindung utama tubuh dari faktor eksternal (polutan, bahan kimia, kuman, dll). Di sisi lain, kulit yang sehat juga berhubungan dengan fungsi kosmetik dan kecantikan. Tantangan terbesar saat ini dalam menjaga kesehatan kulit adalah bagaimana kita mencegah atau memperlambat terjadinya proses skin aging/penuaan pada kulit. Skin aging adalah proses alamiah dan kompleks, umumnya digambarkan dengan kulit yang keriput, kering, berubah warna, serta hilangnya elastisitas dan kepadatan kulit.

Penggunaan ekstrak biji anggur yang aman, alami, dan hemat biaya bisa dijadikan suatu pilihan suplemen kesehatan tubuh dan kulit Anda. Hal tersebut didukung oleh banyaknya senyawa polyphenols seperti phenolic acids, phytosterols, flavonoids, tocopherols, carotenoids, tocopherols and tocotrienols yang tinggi manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Aktivitas antioksidan yang tinggi dari senyawa di ekstrak biji anggur berperan dalam mencegah terjadinya proses penuaan kulit akibat radikal bebas dan peradangan. Selain itu, ia juga dapat berperan sebagai pelindung kulit dari radiasi sinar UV yang merusak kulit. Kandungan asam lemak tak jenuh dapat meningkatkan fungsi perlindungan kulit, menghambat peradangan dan hiperpigmentasi akibat sinar UV, memperbaiki kulit kering dan gatal yang disebabkan oleh peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka di kulit. Omega 6 juga mendukung hidrasi kulit, mencegah kulit kering, dan mempertahankan kekencangan serta elastisitas kulit Anda.

Jika Anda masih bingung, Anda dapat melakukan konsultasi kepada Dokter agar mendapatkan saran konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat merasakan khasiat ekstrak biji anggur pada kulit dengan mengonsumsi vitamin Blackmores Grape Seed 12000 (Rp201.662) yang dapat Anda beli di Jovee dengan mudah.

Dapatkan promo vitamin menarik dengan mengunduh aplikasi Jovee di Play Store dan App Store. Dapatkan rekomendasi suplemen yang kamu cari dari pusat vitamin terlengkap, Jovee. Kamu juga bisa mencari tahu kebutuhan vitaminmu lewat konsultasi gratis bersama nutrisionis Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022