fbpx

Manfaat Ekstrak Meniran yang Sayang untuk Dilewatkan

by | Aug 3, 2020 | Vitamin | 0 comments

Tanaman tropis meniran, atau Phyllantus niruri, dikenal dengan kegunaannya di bidang pengobatan tradisional. Meniran memiliki berbagai senyawa aktif yang bersifat imunomodulator, antivirus, antibakteri, diuretik, antihiperglikemia, serta hepatoprotektor. Tidak heran jika meniran dikatakan punya manfaat untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, seperti batu ginjal, penyakit hati kronis, diabetes, dan infeksi virus.

 

Manfaat meniran sebagai imunomodulator

Semua studi yang mempelajari manfaat meniran menunjukkan efektivitas P. niruri sebagai imunomodulator—yaitu zat yang dapat mengoptimalkan kerja sistem imun dan respons sel. Lebih jelasnya, P. niruri mengaktifkan sel-sel darah putih, termasuk neutrofil, monosit atau makrofag, limfosit T dan B.

Aktivasi sel-sel tersebut otomatis akan mempercepat proses fagosit—menelan patogen penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, atau jamur oleh sel imun. Kemudian, patogen-patogen ini akan dikeluarkan dari tubuh. 

Kemampuan fagosit monosit dan makrofag ini juga akan menghancurkan sel di dalam tubuh yang telah terinfeksi patogen. Tidak hanya itu, tanaman tropis ini pun memainkan peran dalam membantu sekresi protein sitokin yang penting dalam memerangi infeksi.

Hal ini jelas menunjukkan bahwa P. niruri dapat mempengaruhi respons pertahanan tubuh dan sistem kekebalan dalam melawan penyakit.   

 

Meniran mengandung antioksidan

Berdasarkan penelitian Djaja Rusmana dkk., ekstrak P. niruri mengandung antioksidan, terutama saponin, phenol, flavonoid dan tannin. Karena kandungan antioksidannya, konsumsi ekstrak P. niruri dalam bentuk suplemen dipercaya efektif dalam mencegah berbagai penyakit.

Antioksidan sudah dikenal dengan kemampuannya mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas serta merusak rantainya, yang akhirnya akan menurunkan risiko penyakit kronis seperti jantung dan kanker. Antioksidan juga akan meningkatkan fungsi dan kerja sistem imun dalam melawan infeksi sehingga membuat seseorang tidak rentan sakit.

Tanaman tropis ini dapat meredakan peradangan, spasme (kekakuan otot) dan demam, meningkatkan pembuangan urin, serta membantu mengontrol tekanan darah. Bahkan, dalam penelitiannya, Lee Sau Har dkk. mengatakan bahwa senyawa polyphenol di dalam tanaman Phyllanthus dapat menghambat pembentukan dan penyebaran, serta mekanisme apoptosis sel kanker. Oleh karena itu, Phyllanthus bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan kanker metastasis.

 

Meniran bersifat diuretik

Dikutip dari laporan Hakim K. dan Obydul H., ekstrak P. niruri mampu meningkatkan volume urin dan kadar natrium di dalamnya secara signifikan. Selain itu, tanaman ini juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi.

 

Dimana kamu dapat menemukan meniran?

Tanaman meniran bisa ditemukan dalam bentuk suplemen. Batang daun dan akar meniran ini juga bisa dikonsumsi langsung, biasanya ditambahkan ke dalam minuman seperti teh. Daun meniran yang ditumbuk dapat diaplikasikan pada luka dan ruam kulit.

 

Efek samping konsumsi meniran

Pada dasarnya, konsumsi meniran secara oral dan dalam jangka waktu pendek (sekitar 3 bulan) dapat dikatakan aman. Meskipun begitu, pada beberapa orang konsumsi meniran yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti:

  • nyeri saat buang air kecil, 
  • darah pada urin, 
  • mual, sakit perut, diare, sampai 
  • reaksi alergi

 

Tanaman ini juga bisa menurunkan tekanan dan kadar gula darah. Maka, untuk Anda yang sedang dalam pengobatan gula atau tekanan darah tinggi, sebaiknya hati-hati mengonsumsi ekstrak tanaman P. niruri

Khusus untuk wanita hamil dan menyusui, konsumsi meniran tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko berat badan bayi lahir rendah. Orang yang memiliki gangguan perdarahan atau habis menjalani operasi, serta penderita diabetes sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi meniran ini karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. Orang dengan masalah autoimun juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi meniran.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

  1. SaVanna S. 2020. Chanca Piedra: Benefits, Dosage, Side Effects, and More.
  2. LeeS. H. 2011. Antimetastatic Effects of Phyllanthus on Human Lung (A549) and Breast (MCF-7) Cancer Cell Lines. PLoS One.6(6): e20994.
  3. Carol D. 2019. Chanca Piedra.
  4. Hakim K. & Obydul H. 2016. A review on ethnomedicinal, phytochemical and pharmacological properties of Phyllanthus niruri. Journal of Medicinal Plants Studies. 4(6): 173-180.
  5. Raymond R., dkk. 2017. The use of Phyllanthus niruri L. as an immunomodulator for the treatment of infectious diseases in clinical settings. Asian Pacific Journal of Tropical Disease 7(3):132-140.
  6. Djaja R., dkk. 2017. Antioxidant Activity of Phyllanthus niruri Extract, Rutin and Quercetin. The Indonesian Biomedical Journal. 9(2); (84-90).

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional