Manfaat Fish Oil yang Perlu Anda Ketahui

oleh | Jul 17, 2020 | Vitamin | 0 Komentar

Minyak ikan merupakan bentuk suplemen asam lemak omega 3 yang diesktrak dari berbagai jenis ikan seperti tuna, makarel, salmon, dan sarden. Manfaat fish oil yang didapatkan tubuh sebenarnya berasal dari kandungan omega 3. Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan ini berupa asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Asam lemak omega 3 tidak diproduksi sendiri di dalam tubuh dan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk berbagai proses tubuh. Makanya, asupan omega 3 harian ini harus terpenuhi agar fungsi tubuh tidak terganggu.

Apa saja manfaat dari konsumsi fish oil?

Terkenal dengan fungsinya dalam perkembangan otak sehat bagi bayi, banyak sekali manfaat omega 3 lain untuk kesehatan. Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi minyak ikan, antara lain:

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Konsumsi minyak ikan dipercaya bisa membantu menjaga fungsi kognitif, khususnya pada lansia. Rajesh Narendran, dkk, dalam penelitiannya, mengatakan bahwa kandungan omega 3 pada minyak ikan juga dapat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa sehat. 

Namun menurut hasil penelitian Eric M. Ammann, tidak ada hubungan antara omega 3 dan penurunan kognitif pada wanita sehat usia ≥ 65 tahun. 

2. Mengurangi peradangan

Kandungan omega 3 dalam minyak ikan ini memiliki sifat antiinflamasi. Oleh karena itu, minyak ikan diyakini dapat mengobati dan mencegah gangguan atau penyakit peradangan, misalnya rheumatoid arthritis, kolitis ulseratif atau peradangan usus besar, bahkan osteoporosis. Hal ini dilakukan dengan mengurangi senyawa sitokin penyebab inflamasi.

3. Membantu mengontrol berat badan

Pada studi yang dilakukan oleh Shichun Du, dkk belum ditemukan bukti kuat terkait kemampuan omega 3 dalam mencegah dan menurunkan berat badan pada orang dengan obesitas. Tetapi konsumsi suplemen omega 3 bisa membantu mengurangi lemak perut, terutama jika dikombinasikan dengan gaya hidup sehat.

4. Mengobati penyakit multiple sclerosis (MS)

Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf otak dan tulang belakang. Minyak ikan dikatakan mampu membantu menyembuhkan penderita MS. Namun, penelitian Oivind Torkildsen, dkk menyatakan bahwa tidak ada efek yang ditimbulkan dari konsumsi omega 3 terhadap MS.

Selain itu, studi-studi lain juga menyebutkan konsumsi suplemen minyak ikan bermanfaat dalam:

  • Menurunkan pertumbuhan sel kanker pada usus
  • Mengurangi risiko stroke pada penderita penyakit jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol trigliserida dalam darah
  • Menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakitnya
  • Mengontrol tekanan darah tetap normal
  • Membantu orang yang sedang mengalami depresi, Alzheimer, gangguan mental, dan skizofrenia
  • Menghambat pembentukan plak pada pembuluh darah arteri jantung

Mana yang lebih baik: suplemen fish oil atau daging ikan?

Tubuh tidak memproduksi asam lemak omega 3, makanya kebutuhannya harus dipenuhi dari makanan sehari-hari atau tambahan suplemen. Selain minyak ikan, asam lemak omega 3 bisa didapatkan dari kacang walnut, kedelai, sayuran berdaun hijau tua, dan minyak sayur seperti canola, zaitun, serta kedelai.

Berbeda dengan ikan yang mengandung EPA serta DHA, minyak sayur hanya punya kandungan asam alpha-linolenic (ALA). Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat EPA dan DHA lebih besar daripada ALA. Oleh karena itu, sumber omega 3 terbaik sebenarnya berasal dari produk hewani, termasuk kuning telur dan daging-dagingan.

Sebaiknya, asupan omega 3 dipenuhi dari makanan sehari-hari. Namun jika dirasa kebutuhan omega 3 belum cukup, bisa dilengkapi dengan suplemen minyak ikan berkualitas yang mengandung omega 3 tinggi per kapsulnya.

Perlu ditekankan untuk selalu konsultasikan dengan dokter atau nutrisionis sebelum mengonsumsi suplemen minyak ikan. Konsumsi suplemen minyak ikan berlebihan bisa menimbulkan gejala sakit perut dan diare. 

Untuk orang yang sedang konsumsi obat pengencer darah, sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsinya karena bisa berisiko mengalami perdarahan hebat.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi:

  1. Shichun D., dkk. 2015. Does Fish Oil Have an Anti-Obesity Effect in Overweight/Obese Adults? A Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials.
  2. Melinda R. 2019. Omega-3 Fatty Acids.
  3. Beth W. O. 2012. What Fish Oil Does for Your Health.
  4. Yvette B. 2017. Can fish oils and omega-3 oils benefit our health?
  5. Eric M. A., dkk. 2013. Omega-3 fatty acids and domain-specific cognitive aging.

 

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional