fbpx

Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh

by | Jun 18, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Kelvin Halim, S.Gz

Di Indonesia, jamu merupakan minuman berkhasiat yang dipercaya dapat mencegah berbagai macam penyakit. Berbagai jenis jamu dari berbagai daerah memiliki ciri khas dan berbagai khasiatnya bagi tubuh. Namun mengapa jamu dapat dikatakan memiliki efek baik bagi kesehatan?

Yuk simak artikel Jovee mengenai manfaat jamu untuk daya tahan tubuh berikut ini.

Jamu biasanya disertai dengan berbagai komposisi tanaman yang memiliki efek meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut beberapa komposisi yang biasanya terdapat dalam jamu dan manfaatnya bagi daya tahan tubuh.

Jahe

Banyak komposisi jamu yang menggunakan jahe. Jahe diakui memiliki berbagai efek terapi dan pencegahan untuk mengobati flu, dan sejumlah penyakit lain termasuk kelainan degeneratif (radang sendi dan rematik), kesehatan pencernaan, gangguan kardiovaskular (aterosklerosis dan hipertensi), muntah, diabetes mellitus, dan kanker. Rempah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif serta kandungan antioksidan untuk mengendalikan proses penuaan. Selain itu, jahe juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Konsumsi jahe sebelum berolahraga juga dapat mengurangi nyeri otot yang terjadi secara alami selama berolahraga dengan intensitas sedang.

Jahe - Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh

Kunyit

Anda tentu telah mengenal kunyit. Rempah ini merupakan salah satu rempah yang digunakan sebagai komposisi jamu. Kunyit memiliki berbagai manfaat untuk berbagai kondisi, termasuk radang sendi, gangguan pencernaan, infeksi saluran pernapasan, alergi, penyakit hati, depresi, dan penyakit lainnya. Selain itu kunyit mengandung bahan-bahan yang memiliki efek anti-inflamasi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Senyawa pada kunyit seperti curcumin pada kunyit memang memiliki fungsi-fungsi tersebut.

Kencur

Kencur juga biasa digunakan sebagai komposisi jamu. Rempah yang satu ini memiliki berbagai efek baik untuk kesehatan. Rempah ini memiliki efek antioksidan yang baik bagi tubuh, meningkatkan fertilitas pada laki-laki, meningkatkan daya tahan tubuh, efek anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit pada peradangan.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Jenis Makanan Mengandung Betakaroten Tinggi
Konsumsi makanan mengandung zat besi untuk Tubuh Lebih Sehat
Makanan Sehat untuk Anda yang Sedang Menjalankan Promil
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh

Serai

Selain digunakan pada sebagai bumbu masakan, serai juga seringkali digunakan sebagai komposisi jamu. Serai memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol, mengobati gangguan pencernaan, mengobati insomnia, mencegah anemia, penurun demam, dan mengobati gangguan pernapasan.

Itulah beberapa manfaat jamu dan komposisinya bagi kesehatan tubuh. Penuhi kebutuhan vitamin harian mu melalui Jovee. Unduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store, dapatkan rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan tubuh mu.

Referensi:

Anti-Oxidative and Anti-Inflammatory Effects of Ginger in Health and Physical Activity: Review of Current Evidence

Biomolecular and Clinical Aspects

Turmeric

Turmeric, the Golden Spice

Tersedia di Jovee shop

BLACKMORES MULTIVITAMIN + MINERAL – IMUN TUBUH

Sale!

BLACKMORES MULTIVITAMIN & MINERAL – DAYA TAHAN TUBUH – 120 KAPLET

Sale!

Interbat Vitazet – Multivitamin Daya Tahan Tubuh

Sale!

Brands