fbpx
BerandaKesehatan LainnyaRagam Manfaat Konsumsi Kunyit Saat Puasa Ramadhan

Saat berpuasa, asupan nutrisi tubuh dapat berkurang akibat jadwal dan menu makanan yang berubah saat Ramadhan. Padahal kesehatan sangat penting untuk mendukung kelancaran ibadah puasa. Berbagai macam makanan dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Indonesia yang kaya akan rempah-rempahnya, dapat dijadikan opsi untuk mendukung kesehatan tubuh, salah satunya kunyit.

manfaat-ekstrak-kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi ketika puasa Ramadhan. Kunyit adalah rimpang (akar) yang berasal dari tanaman yang masih satu famili dengan jahe dan biasa digunakan sebagai bumbu masak. Kunyit banyak ditemukan di Asia, apa lagi Indonesia yang kaya akan rempah-rempahnya, banyak jenis makanan yang menggunakan kunyit sebagai bumbu masaknya.

Selain itu, saat ini kunyit juga telah banyak digunakan sebagai bahan kosmetik, dan obat-obatan. Mari simak beberapa informasi yang telah tim Jovee rangkum tentang manfaat konsumsi kunyit saat puasa.

Manfaat Kunyit Saat Puasa bagi Kesehatan

Jika berbicara mengenai manfaat, kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang tentu akan mendukung kelancaran ibadah puasa kamu. Berikut beberapa manfaat kunyit saat puasa.

1. Antioksidan

Dalam banyak penelitian, kunyit telah terbukti dapat meningkatkan penanda sistemik dari stres oksidatif yang mana dapat meningkatkan aktivitas serum antioksidan, sehingga sangat baik bagi tubuh.Zat aktif kunyit berupa curcumin ini yang memberikan manfaat antioksidan, sehingga dapat memutus struktur radikal bebas yang menyerang tubuh dan sel.

2. Anti-inflamasi

Salah satu manfaat kunyit saat puasa adalah mencegah inflamasi. Peradangan atau inflamasi sangat berkaitan dengan perkembangan penyakit-penyakit kronis seperti penyakit parkinson, epilepsi, penyakit jantung, penyakit pada saluran pencernaan, kanker, diabetes, dan masih banyak lagi. Zat aktif pada kunyit dapat mengurangi inflamasi dari stimulus luar.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –

10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C

7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?

8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu

Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh

7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh

3. Manfaat Kunyit untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kemampuan kunyit untuk melakukan imunomodulator (meningkatkan kekebalan tubuh) akibat interaksinya dengan komponen seluler, seperti sel dendritik, makrofag, dan baik limfosit B dan T, serta komponen molekuler yang terlibat dalam proses inflamasi, seperti sitokin dan berbagai faktor transkripsi yang berkaitan dengan mekanisme kekebalan tubuh.

4. Mencegah Kambuhnya Penyakit Lambung

Terkait dengan pencernaan, organ yang satu ini bisa jadi lebih sensitif saat puasa karena lambung yang kosong selama berjam-jam lamanya. Dengan minum kunyit, kandungan curcumin di dalamnya mampu mencegah naiknya asam lambung dengan cara melapisi dinding lambung.

Hal ini bisa terjadi berkat sifat antiinflamasi yang dimiliki kunyit, sehingga dapat menekan produksi asam lambung berlebih yang memicu kambuhnya GERD atau maag yang kamu miliki.

Minum rebusan jamu kunyit juga bisa berikan banyak manfaat lainnya lho Jovians. Salah satunya adalah mengonsumsi rebusan bawang putih dan kunyit. Ada sejumlah manfaat kunyit dan bawang putih untuk kesehatan terutama saat puasa, seperti menambah stamina, mengatasi letih dan lesu, melancarkan pernapasan, hingga mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

5. Bantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu punya berat badan berlebih atau sedang diet, minum kunyit saat puasa (turmeric fasting) bisa membantu kamu turunkan berat badan lebih banyak. Karena, kandungan dari rempah ini bisa menekan pertumbuhan jaringan lemak tubuh.

Walaupun begitu, waktu minum kunyit saat puasa perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Dilansir dari inews.id, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania mengatakan, sebaiknya kunyit diminum setelah makan berbuka puasa.

“Selama puasa kita bisa minum dua kali, yakni saat sahur dan berbuka puasa. Kalau ada keluhan nyeri lambung, sebaiknya minuman jamu diminum setelah makan, kecuali saat sahur tidak ada keluhan lambung bisa diminum duluan sebelum makan,” ucapnya.

Dahulukan juga untuk mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi, karena kurangnya asupan cairan tubuh selama berjam-jam saat puasa. Setelah asupan makanan dan minuman terpenuhi, barulah kamu bisa mengonsumsi jamu kunyit.

Selain diolah dengan cara direbus atau dibuat jamu, kamu juga bisa rasakan khasiat kunyit dari suplemen herbal seperti Sido Muncul Sari Kunyit (Rp68.000). Suplemen herbal ini mengandung ekstrak kunyit asli, sehingga mampu untuk membantu mengatasi masalah pada lambung dan pencernaan seperti maag, kembung, mual, dan nyeri perut.

Itulah beberapa manfaat dari kunyit yang dapat mendukung kesehatan Anda selama berpuasa. Ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kesehatan? Simak selengkapnya di Jovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gatal-karena-tungau

Gatal Karena Tungau, Atasi dengan Cara Ini

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-cacar-air-menular

Cacar Air: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022