fbpx
BerandaKesehatan KulitManfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Sebagai masyarakat yang tinggal di Asia, lebih tepatnya di Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang telah terbiasa dikonsumsi dengan berbagai lauk pauk. Nasi yang berasal dari beras ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain memenuhi kebutuhan karbohidrat yang diolah sebagai sumber energi, mendukung kesehatan tulang, saraf, dan otot, serta meningkatkan kesehatan usus besar.

manfaat masker beras untuk wajah

Namun ternyata beras bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh dan mengenyangkan. Melainkan juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit. Tak heran jika beras banyak digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit di Asia Timur, seperti Cina, Korea, dan Jepang.

Beras untuk perawatan kecantikan digunakan secara menyeluruh, baik itu biji berasnya sendiri yang diolah atau pun air berasnya. Yang paling populer adalah masker beras untuk wajah.

Berikut ini Jovee merangkum manfaat masker beras untuk wajah yang menarik untuk dicoba. Yuk buat sendiri di rumah.

Manfaat Masker Beras untuk Wajah

Manfaat masker beras untuk wajah telah dipercaya sejak beratus-ratus tahun silam sebagai salam satu perawatan kecantikan masyarakat Asia kuno.

Masker beras terbuat dari beras yang dihaluskan hingga menjadi tepung. Untuk mendapatkan manfaat masker beras untuk wajah yang terbaik, kamu bisa membuat sendiri tepung beras di rumah. Caranya adalah dengan merendam beras secukupnya dengan air semalaman. Kemudian di pagi harinya, ambil beras, tiriskan dan keringkan. Kemudian haluskan beras menggunakan blender sampai butirannya menjadi sangat halus menyerupai tepung.

Setelah mendapatkan tepung beras murni, kamu bisa menggunakannya sebagai masker dengan mencampurkan air mawar. Aplikasikan ke seluruh permukaan wajah sampai rata. Diamkan selama 15 menit hingga mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih.

Jika kamu melakukan perawatan ini secara rutin, kamu bisa mendapatkan manfaat masker beras untuk wajah, antara lain:

Perlindungan terhadap sinar matahari

Beberapa orang mempercayai bahwa masker tepung beras dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari karena senyawa asam ferulat dan PABA yang terkandung di dalamnya. Para ahli mengatakan bahwa sebetulnya belum diketahui secara pasti apakah senyawa ini cukup terkonsentrasi dalam tepung beras sehingga manfaatnya sama dengan ekstrak beras.

Namun, tepung beras mengandung PABA yang terbukti dapat melindungi kulit dari sinar UV dan pernah digunakan sebagai bahan tabir surya. Tetapi karena menyebabkan reaksi alergi, kini PABA tidak lagi digunakan sebagai bahan tabir surya.

Sementara itu, ferulic acid adalah senyawa organik yang memiliki sifat antioksidan, anti-peradangan, dan antimikroba. Senyawa ini diekstraksi dari dedak padi. Ferulic acid dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang menimbulkan kerusakan kulit, terutama jika dikombinasikan dengan vitamin C dan vitamin E. Kandungan senyawa ini sebenarnya merupakan pelindung dari sinar UV yang kuat dan mudah diserap kulit.

Perawatan jerawat dan hiperpigmentasi

Manfaat masker beras untuk wajah yang banyak disukai adalah dapat membantu memperbaiki jerawat dan mencerahkan kulit. Hal ini kemungkinan dikarenakan senyawa asam fitat yang diekstraksi dari beras memiliki efek pengelupasan.

Asam fitat sendiri terbukti efektif untuk membantu perawatan jerawat, tetapi lebih lembut pada kulit ketimbang AHA lain, seperti asam glikolat.

Mengatasi kulit berminyak

Manfaat masker beras lainnya adalah dapat membantu mengatasi kulit berminyak. Hal ini dikarenakan sifat tepung beras yang dapat menyerap minyak dengan mengikat air dan menstabilkan lemak.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan kencur bubuk atau yang diparut segar ke dalam adonan masker beras. Kamu bisa mendapatkan manfaat masker beras kencur untuk wajah karena kencur memiliki kandungan vitamin B dan vitamin E yang berfungsi untuk membantu menyerap minyak pada wajah.

Membantu mencerahkan dan melembapkan kulit wajah

Jika kamu membuat tepung beras sendiri, air rendamannya jangan dibuang ya. Manfaat masker air beras untuk wajah dapat membantu mencerahkan wajah. Selain itu, air beras dapat membantu melembapkan kulit yang kering, terutama yang disebabkan karena penggunaan produk kosmetik yang bahannya cukup keras.

Demikianlah manfaat masker beras untuk wajah. Pastikan kamu tidak alergi dengan bahan yang akan digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
wajah memerah setelah pakai skincare

Wajah Memerah Setelah Pakai Skincare, Berbahayakah?

Kesehatan Kulit   22/05/2023