fbpx
BerandaKesehatan KulitManfaat Masker Chamomile, Kandungan, dan Efek Sampingnya

Setiap hari kulit wajah kita terpapar sinar matahari, kotoran, debu, dan polusi. Sebagai garda terdepan, kulit wajah tentu perlu perawatan maksimal agar senantiasa sehat. Menggunakan masker secara rutin dapat membantu mengembalikan sehat, cantik, dan segarnya kulit wajahmu.

Salah satu masker yang banyak digunakan sebagai perawatan kulit wajah adalah masker yang mengandung ekstrak bunga chamomile. Kandungan masker chamomile dipercaya oleh orang-orang Yunani kuno dan Mesir mampu merawat kulit di iklim yang ekstrim.

Kali ini Jovee merangkum informasi selengkapnya mengenai manfaat masker chamomile yang penting kamu ketahui sebelum memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan wajah harian kamu:

Manfaat Masker Chamomile

Chamomile adalah bunga yang telah lama menjadi bahan utama dalam perawatan kulit karena sifatnya yang membantu menenangkan kulit. Penelitian menemukan bahwa senyawa dalam chamomile tak hanya membantu menenangkan kulit, melainkan juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk perawatan kulit, antara lain:

  1. Membantu melindungi kulit dari bakteri, jamur, dan virus

Kandungan masker chamomile yang diambil dari ekstrak minyak atsirinya memiliki sifat antimikroba untuk melindungi kulit dari jenis bakteri, jamur, dan virus tertentu.

Sebuah studi di tahun 2018 pada tikus ditemukan bahwa penggunaan ekstrak chamomile secara signifikan meningkatkan penyembuhan dan aktivitas antibakteri pada luka yang terinfeksi.

2. Membantu mengatasi peradangan pada kulit

Manfaat masker chamomile berikutnya yang tidak boleh kita sepelekan adalah kemampuannya dalam membantu meredakan peradangan kulit akibat sengatan matahari dan ruam. Ini karena chamomile mengandung antioksidan apigenin yang membantu menekan peradangan dengan menghambat pelepasan zat penyebab peradangan, dilansir dari Healthline.

3. Membantu mengurangi kemerahan pada kulit

Orang Yunani kuno punya ritual perawatan kulit yaitu mengoleskan chamomile yang dihancurkan ke kulit. Ritual ini mirip dengan penggunaan masker pada umumnya bukan? Orang Yunani kuno menemukan bahwa chamomile yang dihancurkan ke kulit ternyata dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit yang teriritasi.

Kandungan masker chamomile menembus kulit secara mendalam, tetapi lembut untuk membantu meredakan peradangan. Seperti kandungan Levomenol yang tidak hanya bersifat anti radang namun juga melembapkan kulit, serta mengurangi gatal akibat kulit kering

4. Menenangkan kulit sensitif

Apabila kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu bisa merawat kulit dengan masker chamomile. Kandungan bisoprolol, chamazulene, dan apigenin di dalam chamomile adalah tiga senyawa yang memberikan manfaat menenangkan dan membantu penyembuhan bagi kulit sensitif.

Produk dengan kandungan chamomile umumnya aman digunakan untuk individu dengan dermatitis kontak

5. Membantu mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi area kulit yang lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Hiperpigmentasi disebabkan karena pigmen melanin yang berlebihan. Biasanya kondisi ini disebabkan karena cedera atau pembengkakan pada kulit. Umumnya hiperpigmentasi juga terkait dengan kerusakan akibat sinar matahari, jerawat, atau perubahan hormonal selama kehamilan.

Gunakan masker chamomile secara rutin untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi pada wajah. Kandungan masker chamomile memiliki sifat astringent dan membantu mencerahkan kulit. Chamomile juga membantu melembutkan kulit, membantu memudarkan bekas jerawat, dan memberikan efek kencang pada kulit setelah pemakaian.

Efek Samping Masker Chamomile

Kebanyakan orang dapat dengan aman menggunakan masker chamomile pada kulit mereka. Apabila masker chamomile dapat memberikan manfaat yang baik untuk perawatan kulit yang sensitif.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati saat mencoba produk perawatan kulit yang baru. Dalam kasus yang sangat jarang, efek samping masker chamomile dapat menyebabkan reaksi alergi pada individu dengan alergi tertentu.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, dokter kulit mungkin menyarankan agar tidak langsung mengoleskan produk perawatan kulit baru ke seluruh wajah atau tubuh. Sebagai gantinya, cobalah sedikit produk di lengan bawah selama beberapa hari untuk memantau reaksinya.

Selain berbentuk masker, kamu juga bisa mengambil manfaat dari kandungan chamomile dalam bentuk berbagai produk perawatan kulit masa kini, misalnya serum, face mist, atau pun toner.

Tak hanya untuk diaplikasikan ke wajah sebagai produk perawatan kulit, chamomile juga baik dikonsumsi. Kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan dengan mengonsumsi teh chamomile. Minum teh chamomile dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dari dalam dengan kandungan anti peradangan dan anti bakteri yang dimilikinya.

Namun, bagi kamu yang sedang konsumsi obat rutin perlu diperhatikan. Chamomile dapat berinteraksi dengan obat warfarin, yang akan meningkatkan efek antikoagulan.

Teh chamomile juga dipercaya memiliki efek menenangkan pikiran sehingga jenis teh herbal ini baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur yang baik. Dengan kualitas tidur yang baik, maka kesehatan kulitmu pun terpelihara.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat jeruk lemon untuk wajah

Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah dan Petunjuk Penggunaan yang Aman

Kesehatan Kulit   07/06/2023
perbedaan sunscreen dan sunblock

Mengenal Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Kesehatan Kulit   04/06/2023
penyebab biduran di malam hari

Penyebab Biduran di Malam Hari

Kesehatan Kulit   03/06/2023
wajah perih saat pakai skincare

Wajah Perih saat Pakai Skincare, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   02/06/2023
cream penghilang flek hitam

Yuk Kenali Kandungan Bahan Cream Penghilang Flek Hitam

Kesehatan Kulit   01/06/2023