fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Mengonsumsi Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Saat hamil, sudah sewajarnya Anda berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Sudah seharusnya pula Anda memperbanyak makan makanan kaya nutrisi dan antioksidan, misalnya buah-buahan. Salah satu buah yang tinggi antioksidan adalah manggis. Kandungan nutrisi di dalamnya menjadikan buah manggis baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Lantas, apa manfaat buah manggis untuk ibu hamil tersebut?

manfaat-buah-manggis-untuk-ibu-hamil

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil

manfaat-manggis-untuk-ibu-hamil

Buah manggis (Garcinia mangostana) merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Antioksidan, yang dikenal mampu memberantas efek radikal bebas pada tubuh, ternyata ditemukan juga dalam buah manggis.

Senyawa antioksidan xanthone terdapat pada hampir semua bagian buah manggis. Jenis xanthone yang terkandung pada manggis adalah alpha-mangostin dan gamma mangostin. Buah manggis merupakan tumbuhan dengan kandungan xanthone yang paling banyak.

“Buah manggis memiliki kandungan mineral yang tinggi serta kandungan air dan serat yang dapat meningkatkan hidrasi kita. Konsumsi anjuran itu sebanyak 2 buah manggis sedang setiap kali makan.” tambah Kelvin Halim, nutrisionis Jovee.

Buah satu ini pun diperkaya dengan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B6, dan B12, kalsium, kalium, natrium, fosfor, zinc, serta tembaga.

Selain antioksidan, kandungan serat dan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah manggis bisa membantu ibu hamil menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Apa saja manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang lainnya?

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu hamil akan bekerja lebih keras karena harus melindungi tubuhnya sendiri dan janin dalam kandungannya. Bertambahnya beban kerja sistem kekebalan tubuh ini membuat sebagian fungsi perlindungan menjadi lebih lemah. Akibatnya, ibu hamil menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Manggis mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin larut air satu ini memang sudah dikenal dengan kemampuannya menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C juga dapat membantu meminimalisir masuknya patogen asing yang mungkin berbahaya bagi janin Anda.

Ditambah lagi, vitamin C bisa membantu tubuh dalam menghasilkan kolagen yang mampu menjaga dan meningkatkan kelenturan kulit seiring berkembangnya ukuran janin. Selain langsung dari buah manggis, Anda juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi Blackmores Bio C Vitamin C 1000MG 90 Tabs- Vitamin Daya Tahan Tubuh (Rp370.909).

2. Menangkal radikal bebas dan mencegah risiko kanker

Bagian terluar dari buah manggis mengandung senyawa xanthone yang bertindak sebagai antioksidan. Zat tersebut juga diyakini memiliki sifat antikanker. Antioksidan xanthone akan menghambat pertumbuhan sel kanker selama masa kehamilan. Secara tidak langsung, buah manggis mampu membantu mencegah risiko kanker pada bayi Anda.

3. Menunjang tumbuh kembang janin

Buah manggis merupakan sumber mineral mangan yang cukup tinggi. Mangan dibutuhkan tubuh untuk proses pembentukan tulang rawan dan tulang rangka calon bayi Anda. Dapat dikatakan bahwa buah manggis mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan Anda.

Disamping itu, lagi-lagi, antioksidan pada manggis membantu melindungi sel tubuh janin dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mencegah cacat lahir

Asam folat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan organ bayi. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat sebelum dan selama kehamilan bisa membantu mencegah bayi mengalami cacat lahir, termasuk anensefali dan spina bifida.

Nah, buah manggis adalah salah satu sumber asam folat yang bagus. Oleh karena itu, manfaat buah manggis untuk ibu hamil tua di atas bisa Anda peroleh dari mengonsumsi manggis sebagai salah satu camilan sehat.

5. Mencegah sembelit

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil berikutnya adalah mencegah sembelit. Buah ini merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika kebutuhan serat tercukupi, Anda akan terhindar dari masalah sembelit yang kerap terjadi selama kehamilan.

6. Mengontrol gula darah

Ibu hamil memiliki risiko untuk mengalami diabetes gestasional, yaitu kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan. Bila tidak dikontrol dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi pada ibu maupun bayi, misalnya preeklamsia dan kelahiran prematur.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kombinasi antioksidan xanthone dan serat yang terdapat pada buah manggis dapat membantu mengendalikan kadar gula darah ibu hamil. Pada akhirnya, risiko mengalami diabetes gestasional dapat ditekan.

7. Meredakan alergi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salah satu manfaat buah manggis adalah mampu melawan alergi. Hal ini karena ekstrak dari buah manggis yang mampu menghambat:

  • pelepasan histamin, yaitu senyawa yang dihasilkan tubuh sebagai reaksi inflamasi, dan
  • sintesis prostaglandin, yakni senyawa yang tubuh meradang saat alergi.

8. Mengurangi peradangan

Studi lain berhasil mengungkapkan bahwa alfa dan gamma mangostin mampu melawan peradangan. Kedua senyawa yang terkandung dalam buah manggis tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat produksi nitrit oksida. Nitrit oksida merupakan suatu gas yang bisa memperburuk kondisi peradangan di tubuh Anda.

9. Membasmi bakteri

Xanthone yang dimiliki oleh buah manggis dapat membantu mencegah infeksi bakteri penyebab tuberkulosis (TBC). Hal ini dikarenakan alpha dan beta mangostin buah manggis mampu memperlambat perjalanan Mycobacterium tuberculosis dalam tubuh. Pada gilirannya, konsentrasi bakteri penyebab TBC tersebut mengalami penurunan.

Meski bermanfaat bagi tubuh, konsumsilah buah manggis secukupnya sesuai kebutuhan Anda. Manggis dapat memicu reaksi alergi pada beberapa ibu hamil, berupa gatal-gatal, ruam kulit, bibir dan mata bengkak, dan sesak napas.

Jika Anda mengalami gejala di atas setelah mengonsumsi buah manggis, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah sederet manfaat buah manggis untuk ibu hamil. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil muda dan tua di atas dapat diperoleh dengan memakannya secara langsung. Anda pun dapat membuat jus, salad, dan smoothies dari buah manggis.

Sebisa mungkin, konsumsilah manggis segar dan hindari buah dalam bentuk kalengan, suplemen, ataupun jus kemasan. Produk-produk olahan tersebut tentunya belum diketahui khasiatnya bagi ibu hamil dan mungkin saja mengandung bahan tambahan berbahaya.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022