fbpx

Manfaat Niacinamide (Vitamin B3): Idola Baru Para Kaum Hawa

by | Jun 2, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Niacinamide atau juga dikenal sebagai vitamin B3 adalah salah satu nutrisi yang kini tengah meraih pamor yang melejit di tengah kaum hawa. Setelah banyak diketahui manfaatnya untuk kecantikan kulit, kini semakin banyak kaum hawa yang mengejar produk skin care ataupun suplemen mengandung vitamin B3. Vitamin B3 memang dikenal mampu mencegah penuaan dini hingga menurunkan risiko terjadinya kanker pada kulit.

Apa itu Niacinamide?

Niacinamide merupakan salah satu dari dua bentuk vitamin B3 yang ditemukan. Kedua bentuk vitamin B3 ini berbeda dari kemampuannya untuk kesehatan dan juga struktur kimia. Vitamin B3 sendiri sangat penting untuk membantu metabolisme tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi bagi sel. Karena sifat vitamin B3 yang mudah larut dalam air, vitamin ini tidak tersimpan di dalam tubuh.

Oleh karena itu untuk memastikan asupan vitamin B3 dalam tubuh tercukupi harus dipastikan Anda mengkonsumsi vitamin setiap hari. Secara umum, vitamin ini bisa ditemukan pada produk olahan daging ataupun produk hewani. Sementara asam nikotinat, yang merupakan bentuk lain dari vitamin B3, dapat ditemukan pada makanan dari tumbuh tumbuhan seperti kacang, sayur hijau dan biji-bijian.

Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Idola baru kaum hawa ini hadir dengan kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan kulit serta tubuh. Kini, niacinamide dapat Anda temukan baik dalam bentuk suplemen vitamin ataupun produk perawatan kulit. Berikut adalah manfaat niacinamide untuk kesehatan.

1. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu hal yang membuat vitamin ini menjadi idolanya kaum wanita adalah manfaat niacinamide untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Kemampuan vitamin B3 dalam tubuh dapat merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen dalam jumlah ideal. Kolagen merupakan sejenis protein yang diproduksi oleh tubuh secara alami dan berperan besar terhadap peremajaan kulit.

Kolagen dalam jumlah cukup berperan terhadap kekenyalan kulit, mencegah keriput hingga menyamarkan noda hitam. Penelitian membuktikan penggunaan niacinamide sebanyak 5 persen dapat menyamarkan noda bekas jerawat di kulit. Namun, hasil baru akan tampak setelah penggunaan selama empat minggu minimal.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Anda yang memiliki masalah berupa tumbuhnya jerawat pada kulit, sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B3. Pasalnya, suplemen ini dapat membantu menurunkan tingkat produksi sebum penyebab jerawat pada kulit. Tidak hanya itu, masalah kulit seperti rosacea dan juga eksim dapat dihindari dengan mengkonsumsi suplemen mengandung vitamin B3.

3. Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Kulit bisa menjadi lebih halus dan lembab apabila mengandung skin care yang mengandung vitamin B3 secara optimal. Saat Anda mengoleskan skin care dengan kandungan vitamin B3 pada kulit, maka vitamin akan bekerja untuk menurunkan terjadinya efek peradangan yang membuat masalah pada kulit. 

4. Menurunkan Risiko Kanker Kulit Melanoma

Mengkonsumsi suplemen mengandung vitamin B3 dapat membantu meningkatkan perbaikan DNA pada kulit. DNA pada kulit sangat berisiko untuk rusak apabila terus menerus terpapar sinar UV dari matahari. Tatkala kulit terus dibiarkan terpapar sinar UV, maka sangat mungkin sel pada kulit menjadi rusak hingga terbentuk kanker kulit. Untuk mencegah terjadinya kanker kulit, suplemen vitamin B3 akan memperbaiki DNA kulit sehingga kanker kulit melanoma dapat dihindari.

5. Menurunkan Risiko Stress Oksidatif

Stress oksidatif adalah kondisi dimana sel menjadi rusak akibat tekanan radikal bebas yang berada di luar tubuh. Stress dapat timbul ketika kulit terkena paparan polusi udara, sinar matahari berlebih hingga racun yang ada di luar tubuh. Untuk melindungi tubuh dari masalah yang ditimbulkan oleh stress oksidatif, sangat disarankan agar Anda mengkonsumsi vitamin B3 secara rutin.

6. Mencegah Defisiensi Vitamin B3

Saat seseorang kekurangan asupan vitamin B3 dalam tubuhnya, maka hal ini akan berakibat terhadap defisiensi vitamin B3. Defisiensi vitamin ini dapat menyebabkan penyakit yang sering disebut sebagai pellagra. Pelagra sendiri adalah penyebutan penyakit yang memiliki tanda berupa demensia, diare hingga dermatitis. Pellagra sendiri sudah sangat jarang terjadi di negara maju seperti Amerika Utara dan Eropa, namun penyakit ini sering terjadi di negara berkembang. 

Meski niacinamide diketahui sangat bagus untuk kulit, namun penggunaannya pada penderita kulit sensitif harus dibatasi. Konsentrasi vitamin B3 pada produk umumnya mencapai 5%. Namun pada penderita kulit sensitif jumlah ini harus dikurangi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Jenis Makanan Mengandung Betakaroten Tinggi
Pentingnya manfaat Elektrolit Chloride bagi Tubuh
Pentingnya Manfaat Tembaga atau Copper untuk Kesehatan
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan
Apa itu Ca Pantothenate? Ini Manfaat yang Perlu Diketahui
Yuk Kenalan Dengan Copper yang Berperan Besar untuk Tubuh
Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya

Solusi Asisten Kesehatan Pribadi Hanya di Jovee

Di zaman serba canggih saat ini hampir semua hal bisa Anda peroleh dari internet. Tidak hanya untuk berkomunikasi, namun internet juga kini menawarkan keunggulan berupa mendapatkan informasi kesehatan. Jovee hadir sebagai asisten kesehatan pribadi Anda yang dapat diinstal di smartphone. Anda bisa memperoleh berbagai informasi berupa suplemen kesehatan pilihan yang disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan individu. Anda juga bisa membeli produk suplemen mengandung niacinamide dari Jovee.

Referensi:
Niacinamide: Benefits, Uses and Side Effects
Niacinamide: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning

Brands