fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Oatmeal dalam Menurunkan Kadar Kolesterol

Semangkuk oatmeal memiliki manfaat dalam memelihara kesehatan jantung, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Oatmeal sendiri terbuat dari gandum (oat) yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti bubur, roti ataupun kue kering. Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa kemampuan oatmeal dalam menjaga jantung ini dikarenakan kandungan serat unik yang larut air, terutama beta-glucan, di dalamnya.

Manfaat Oatmeal dalam Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan nutrisi di dalam oatmeal

Oatmeal merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, makanan ini juga kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan. Karena kandungan nutrisinya melimpah, oatmeal berkhasiat menurunkan kadar gula serta tekanan darah. Tidak heran jika oatmeal dinobatkan sebagai salah satu makanan sehat yang ramah jantung.  Dalam 3,5 ons atau sekitar 100 gram oat mentah, terkandung:

  • 389 kalori
  • 8% air
  • 16,9 gram protein
  • 66,3 gram karbohidrat
  • 0 gram gula
  • 10,6 gram serat
  • 6,9 gram lemak total

Sedangkan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam oat meliputi:

  • Mangan yang penting untuk proses tumbuh kembang serta metabolisme.
  • Fosfor yang berperan untuk pemeliharaan fungsi serta kesehatan jantung dan jaringan tubuh.
  • Tembaga yang bertindak juga sebagai antioksidan penting bagi kesehatan jantung.
  • Vitamin B1 atau thiamine yang membantu membentuk energi.
  • Zat besi yang memainkan peran dalam produksi hemoglobin dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.
  • Selenium, magnesium, dan zinc.

Sementara itu, antioksidan yang terkandung di dalam oat adalah:

  • Avenathramides, yang hanya ditemukan pada gandum, penting untuk kesehatan jantung. Antioksidan satu ini mampu meredakan peradangan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah.
  • Phytic acid dan ferulic acid.

 

Bagaimana cara oatmeal dalam menurunkan kolesterol?

Penyakit jantung adalah penyebab kematian pertama di dunia dengan kadar kolesterol darah tinggi, khususnya low-density lipoprotein (LDL), sebagai faktor risikonya. Apakah semangkuk oatmeal benar bisa menurunkan kadar kolesterol darah? Jawaban sederhananya adalah, iya.  Di dunia ini ada dua jenis serat, mudah larut dan tidak. Serat yang tidak mudah larut tidak akan dicerna oleh tubuh, tetapi berperan dalam membantu melancarkan serta melunakkan feses. Sedangkan serat mudah larut akan dicerna tubuh.  Serat yang mudah larut dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari usus ke dalam darah. Nah, kandungan beta glucan di dalam oatmeal merupakan jenis serat mudah larut, yang diduga mampu mengurangi kadar LDL alias kolesterol jahat.  Beta glucan akan meningkatkan viskositas makanan yang Anda konsumsi. Dengan kata lain, makanan tersebut menjadi lengket. Ketika makanan sampai di usus, ia mengikat cairan empedu yang mengandung kolesterol. Selanjutnya, beta glucan membawa kolesterol ini melewati saluran pencernaan dan akhirnya dibuang ke luar tubuh. Normalnya, cairan empedu tersebut akan diserap kembali oleh tubuh. Tetapi, beta glucan akan mencegah proses ini, sehingga kadar kolesterol dalam darah pun jadi berkurang. Dengan begitu, kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung dan stroke bisa dihindari. Studi menemukan bahwa diantara berbagai jenis biji-bijian utuh (whole grain), oat yang paling efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Penelitian ini membandingkan kadar lemak dalam darah (kolesterol dan trigliserida) pada orang yang diberikan makanan golongan biji-bijian utuh dan orang yang asupan makanannya hanya dibatasi.  Ternyata, konsumsi oat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 6,5 poin tanpa menurunkan kadar high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari konsumsi oatmeal

Dengan nilai gizi yang berlimpah, sudah tentu bubur oatmeal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  • Menjaga berat badan. Serat yang terkandung di dalamnya membuat rasa kenyang yang tahan lama sehingga mengurangi asupan makanan, dan berat badan pun akan terkontrol.
  • Mengontrol kadar gula darah. Oatmeal dapat memperlambat penyerapan gula dan membantu menstabilkan kadar gula darah, yang akhirnya mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  • Mencegah penyakit pada organ pencernaan. Konsumsi gandum ini juga diyakini bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk irritable bowel syndrome, radang usus, dan sembelit. Oatmeal pun dikatakan bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Meski begitu, masih dibutuhkan bukti ilmiah kuat terkait hal ini.

 Oat ialah salah satu jenis biji-bijian utuh paling sehat yang kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan. Oatmeal juga mengandung serat unik, yaitu beta glucan, yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Secara tidak langsung, oatmeal bisa membantu menjaga berat badan karena sangat mengenyangkan sehingga menekan rasa lapar dan mengurangi asupan makanan. Adapun suplemen yang bisa membantu menurunkan kolesterol adalah WELLNESS EVENING PRIMROSE OIL – KECANTIKAN KULIT (Rp253.000).

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.   Ditulis oleh: Alifia Daariy   Referensi: Myriam MLG. 2018. Processing of oat: the impact on oat’s cholesterol lowering effect. Food Funct. 9(3): 1328–1343.  R. Morgan. 2009. The New Low-Cholesterol Diet: Oatmeal & Oat Bran. Fred C. 2010. Does Eating Oatmeal Lower Cholesterol? Harvard Medical School. 2010. Whole-grain oats: Best bet for lowering cholesterol. Adda B. 2019. Oats 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

ekstrak citrus bioflavonoid

Ekstrak Citrus Bioflavonoid

Makanan Sehat   18/10/2021

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021

Goji Berry

Makanan Sehat   13/10/2021

Sumber Antioksidan

Makanan Sehat   13/10/2021
Cara_Memasak_Pare_Agar_Tidak_Pahit

Tips Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Makanan Sehat   17/09/2021