fbpx
BerandaKesehatan KulitManfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

Tak terasa, sebentar lagi kita akan bertemu lagi dengan bulan Ramadan. Bagi umat Islam, puasa adalah bagian dari bulan Ramadan yang melatih diri kita untuk menahan diri dari hawa nafsu. Selain itu, faktanya berpuasa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mengontrol kadar gula darah, mengelola hormon, meningkatkan fungsi otak, membantu menurunkan berat badan, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Bukan cuma itu, ternyata ada manfaat lain dari berpuasa yang tak boleh dilupakan, yaitu puasa untuk meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat untuk puasa untuk kesehatan kulit mungkin tak terpikir sebelumnya, tetapi bagi mereka yang rutin menjalankannya mengaku adanya perubahan besar pada kulitnya lho.

Lalu, apa saja sih manfaat puasa untuk kesehatan kulit? Dan bagaimana tips puasa untuk kesehatan kulit? Berikut ini Jovee merangkum informasi yang menarik untuk disimak.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

Terdapat berbagai manfaat dari puasa yang dikaitkan dengan perbaikan organ-organ tubuh dari dalam. Berikut ini beberapa manfaat puasa untuk kesehatan kulit yang bisa didapatkan:

Mengurangi peradangan

Peradangan adalah akar penyebab dari banyak masalah. Ketika kita berbicara mengenai kulit, peradangan yang timbul biasanya berwujud iritasi, eksim, psoriasis, atau pun jerawat.

Sebuah studi yang meneliti efek puasa pada penurunan berat badan juga menghubungkannya dengan penurunan risiko peradangan secara keseluruhan. Memberi tubuh waktu untuk memproses makanan yang kita konsumsi dapat membuat usus menjadi lebih tenang. Karenanya berpengaruh juga menenangkan kulit yang meradang.

Mengurangi stres

Salah satu hal utama yang terjadi sebagai dampak dari berpuasa adalah mengurang jumlah stres yang dialami tubuh. Puasa membantu sel-sel tubuh untuk beristirahat sejenak sehingga membantunya pula untuk mengatasi stres.

Saat kamu berpuasa, tubuh secara alami mengurangi jumlah sel stres oksidatif yang dikirim ke seluruh tubuh. Selama puasa, asupan kalori secara keseluruhan berkurang. Ini melatih tubuh untuk menggunakan simpanan keton untuk energi sebagai lawan dari masukan kalori baru yang konstan dari makanan.

Selain stres secara fisik, berpuasa juga berpengaruh karena meringankan mental dan emosional. Hasilnya adalah kulit yang lebih rileks dan minim timbul jerawat akibat stres.

Mengatasi kulit kering

Puasa sebenarnya membantu mengatur kadar glukosa darah yang mempengaruhi beberapa masalah kulit. Kadar gula yang tinggi membuat kulit lebih kering dan gatal.

Dengan berpuasa, maka kadar insulin darah dapat lebih terkontrol yang akhirnya berdampak pada kondisi kulit yang lebih baik.

Kulit yang lebih kenyal

Efek lain yang terkait dengan kadar glukosa dalam darah adalah produksi kolagen dalam tubuh. Peningkatan kadar gula dalam darah sebenarnya berisiko mengurangi jumlah kolagen yang diproduksi oleh tubuh melalui proses yang disebut dengan glikasi.

Kolagen memang membutuhkan gula, tetapi glikasi adalah proses yang merugikan yang terjadi ketika kolagen dipaksa menggunakan jenis gula yang salah untuk produksinya.

Gula berlebih menyebabkan jaringan kulit menjadi kaku dan menyebabkan kulit menua lebih cepat dari seharusnya. Oleh karena itulah berpuasa dapat mengelola kadar gula darah dalam tubuh yang secara otomatis juga meningkatkan produksi kolagen. Hasilnya kulit yang kenyal dan sehat.

Regenerasi sel kulit lebih baik

Berpuasa terbukti dapat membantu kita mendapatkan istirahat yang lebih baik dan tidur yang lebih nyenyak. Tidur dengan perut kosong bermanfaat untuk memberi waktu organ-organ tubuh menyelesaikan sebagian besar pekerjaannya untuk memperbaiki sel-sel tubuh.

Jika tubuh masih mencerna makanan sepanjang malam, maka tubuh tidak dapat mencurahkan energinya untuk hal lain, seperti melawan peradangan.

Tips Puasa untuk Kesehatan Kulit

Pada dasarnya berpuasa untuk kesehatan kulit tidak jauh berbeda dengan cara berpuasa pada umumnya. Di bulan Ramadan, kamu bisa mengikuti jam makan seperti yang sudah diatur dalam agama.

Namun, jika kamu berpuasa di luar bulan Ramadan, kamu dapat mencoba intermittent fasting dengan beberapa pilihan jam jendela makan yang bisa disesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

Yang terpenting adalah rutin menjalankan berpuasa, mengonsumsi makanan yang sehat serta mengelola gaya hidup yang sehat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan kesehatan tubuh secara umum. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023