fbpx
BerandaKesehatan LainnyaManfaat Retinol dan Cara Menggunakan yang Tepat

Tengah viral, skincare yang mengandung retinol kini banyak diincar oleh para wanita. Bagaimana tidak, khasiat retinol yang dinilai merupakan anti aging yang baik membuatnya menjadi kandungan primadona dalam banyak skincare baru-baru ini. Sebenarnya, apa manfaat retinol dan cara menggunakan retinol yang tepat? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

skincare-yang-mengandung-retinol

Mengenal retinol dan manfaatnya bagi kulit

Retinol adalah salah satu bahan skincare yang paling terkenal di pasaran. Retinol berasal dari vitamin A yang berfungsi untuk mengobati masalah kulit pada orang dewasa serta jerawat.

Retinol bukanlah eksfoliator yang mengangkat sel-sel kulit mati, melainkan molekul kecil yang memungkinkannya masuk jauh ke dalam lapisan epidermis. Begitu berada di lapisan tengah kulit, retinol akan membantu kulit untuk menetralisir radikal bebas. Hal ini akan meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga menciptakan efek mengencangkan yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

Mulai dari jerawat hingga efek penuaan, berikut ini sejumlah manfaat retinol bagi kulit, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Membantu mengatasi jerawat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Dermatology and Therapy, data klinis dari ribuan orang menunjukkan bahwa retinol sangat efektif dalam mengobati jerawat inflamasi dan non-inflamasi. Retinol juga terbukti mengurangi tampilan jerawat sekaligus menghentikan perkembangan jerawat baru dan bekasnya.

Inilah mengapa skincare yang mengandung retinol sangat populer. Jerawat berkembang ketika ada kombinasi sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Kandungan retinol di dalam skincare mendorong pergantian sel, sehingga penumpukan sel kulit mati di kulit dapat berkurang.

Lindsey Bordone, seorang dermatologi, dilansir dari Insider menjelaskan manfaat retinol, “juga menurunkan produksi minyak dalam sel-sel ini dengan mengikat reseptor spesifik untuk retinol di dalam sel-sel kulit.”

2. Perawatan anti aging

Produk skincare yang mengandung retinol bekerja dalam tiga cara utama sebagai produk anti aging, yakni mengurangi munculnya garis halus dan kerutan, membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, dan membantu menghilangkan flek hitam.

Kolagen adalah protein dalam kulit yang membuat kulit tampak lebih halus. Kerutan dan garis halus yang muncul disebabkan oleh menurunnya produksi kolagen ini. Dengan retinol, produksi kolagen dan aliran darah ke kulit akan meningkat, sehingga tampilan kerutan dan garis halus di wajah dapat diperbaiki.

Hal ini juga membantu kulit untuk beregenerasi lebih cepat, yang memungkinkan kulit untuk melepas sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Namun perlu diperhatikan, penggunaan skincare yang mengandung retinol juga membuat kulitmu jadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Jika kamu mau menggunakan retinol untuk mencari sifat anti-agingnya, retinol perlu digunakan dengan rutin ya, Jovians. Dermatologi Lindsey juga melanjutkan, “Untuk anti-aging, penggunaan retinol harus menjadi proses yang berkelanjutan. Ini akan membantu menghilangkan flek hitam, garis-garis halus, dan kerutan, tetapi untuk dapatkan hasil yang optimal, retinol perlu digunakan selama bertahun-tahun, untuk tetap terlihat awet muda.”

3. Mencerahkan kulit kusam

Selain melawan efek penuaan, produk skincare yang mengandung retinol juga dapat membantu mencerahkan kulit kusam. Kulit kusam dapat dipicu oleh banyak hal, termasuk kehamilan, stres, paparan sinar matahari, gaya hidup yang tidak sehat, hingga polusi lingkungan.

Retinol bekerja dengan menenangkan sel-sel kulit yang memproduksi melanin, sel yang memberi warna cokelat pada kulit. Dengan retinol, sel kulit dapat menjadi lebih sehat dan bercahaya, dengan mengurangi hiperpigmentasi pada kulit.

Cara tepat gunakan retinol

Kini, telah banyak produk skincare yang mengandung retinol di pasaran. Umumnya, kandungan retinol yang terkandung adalah 2 persen. Cara menggunakan retinol yang tepat juga perlu kamu ketahui agar tidak sebabkan masalah kulit baru.

Retinol hanya bisa digunakan di malam hari, karena penggunaannya sangat sensitif terhadap sinar matahari. Selain itu, setelah gunakan retinol di malam hari, kamu perlu menggunakan tabir surya di pagi harinya karena kulit akan jadi lebih sensitif.

Penggunaan retinol skincare juga tidak disarankan pada ibu hamil dan menyusui. Jika kamu miliki kulit sensitif, eksim, rosacea, atau kulit kering, berhati-hatilah dalam banyaknya pemakaian karena bisa menimbulkan iritasi, perih, dan kemerahan.

Menurut Byrdie, retinol juga tidak boleh digunakan setiap hari. Ini semua kembali lagi pada reaksi kulitmu, dikarenakan retinol mendorong pengelupasan mikro, sehingga hindari penggunaannya setiap hari. Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan retinol skincare sebanyak satu hingga dua kali seminggu, yang diselingi dengan skincare yang melembabkan.

Jika kulit sudah mulai terbiasa, barulah kamu bisa menaikkan frekuensi penggunaan. Perlu diingat, ada juga beberapa kandungan yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan retinol, seperti vitamin C.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dan cara tepat gunakan retinol dalam rangkaian skincare. Jika kamu ingin coba skincare yang mengandung retinol, kamu bisa coba Avoskin Miraculous Retinol Toner (Rp197.856). Produk skincare lokal yang mengandung retinol ini mengandung retinol satu persen, yang cocok digunakan bagi pemula. Dapatkan produknya lebih hemat dan gratis ongkir hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

covid di Indonesia

Perkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Kesehatan Lainnya   30/05/2023
gejala covid di mata

Gejala Covid di Mata: Gejala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   29/05/2023
cara mengatasi rambut patah akibat smoothing

Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Kesehatan Lainnya   28/05/2023
hair tonic untuk rambut rontok

Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Kesehatan Lainnya   14/05/2023
the balm meet matte review

The Balm Meet Matte Review

Kesehatan Lainnya   28/04/2023