fbpx
BerandaMakanan SehatManfaat Royal Jelly: Baik untuk Kesehatan Kulit

Royal jelly adalah zat lembut berwarna putih yang dibuat kawanan lebah muda atau pekerja untuk diberikan ke ratu lebah dan larva lebah yang sedang berkembang. Banyak sekali sumber yang menyebutkan adanya manfaat royal jelly, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan. Lalu, apa saja manfaat yang ditawarkannya?

manfaat royal jelly, manfaat jafra royal jelly

Kandungan Nutrisi Royal Jelly

Bila mengukur kandungan yang terdapat pada royal jelly, 50-60% komposisinya merupakan air, 18% protein, 15% karbohidrat, 3-6% lipid atau lemak, 1,5% garam, juga terdapat beberapa vitamin serta senyawa-senyawa bioaktif di dalamnya.

Manfaat Royal Jelly

1. Mengatur Gula Darah

Konsumsi royal jelly dipercaya memberi khasiat untuk mengontrol kadar gula darah di tubuh. Hal ini pernah ditunjukkan dalam studi yang dilakukan pada kelompok penderita diabetes tipe 2.

Dari studi tersebut, diketahui partisipan yang diberi 1.000 mg royal jelly tiga per hari mengalami penurunan gula darah yang signifikan ketimbang kelompok yang tidak diberi. Walau begitu, hasil tersebut masih belum dapat dibenarkan seutuhnya sebab masih belum banyaknya riset yang mendukung hasil positif tersebut.

2. Menjaga Tingkat Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia merupakan kelainan yang mengkhawatirkan karena dampak buruknya terhadap perkembangan penyakit-penyakit serius. Melonjaknya lemak darah bisa menyebabkan pengerasan pembuluh darah, serangan jantung, dan stroke.

Konsumsi royal jelly dipercaya dapat mengatasi permasalah tersebut dan hal ini pernah diuji dalam studi kecil yang dipublikasikan di Gynecological Endocrinology. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa kelompok wanita pasca-menopause mengalami penyusutan kolesterol LDL jahat sebesar 4,1% serta naiknya kolesterol HDL baik sebesar 7,7%. Hasil tersebut diperoleh setelah para partisipan tersebut mengonsumsi 150 mg royal jelly setiap harinya.

Hal yang serupa juga ditemukan dalam sebuah studi yang melaksanakan pengujian pada kelompok orang dewasa dengan hiperkolesterolemia sedang. Setelah tiga bulan diberikan 350 mg royal jelly, para partisipan mengalami pengurangan pada tingkat kolesterol LDL dan kolesterol secara keseluruhan. Meski begitu, hasil studi itu tidak menunjukkan adanya perubahan pada kolesterol baik LDL dan trigliserida (tipe lemak darah lainnya).

3. Meredakan Gejala PMS

Kemampuan membantu memulihkan gejala PMS (premenstrual syndrome) merupakan salah satu manfaat royal jelly yang sering kita dengar. Pada sebuah studi tahun 2014 misalnya. Sekelompok besar mahasiswi diberikan konsumsi 1.000 mg royal jelly pada hari pertama menstruasi serta dalam dua siklus menstruasi.

Studi tersebut memperlihatkan hasil setelah dua siklus, di mana mahasiswi yang diberi royal jelly mengalami penurunan pada gejala PMS lebih dari 50%. Walau hasilnya terlihat menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung penemuan tersebut.

4. Punya Efek Antioksidan dan Antiinflamasi

Royal jelly mengandung beberapa senyawa fenolik serta asam lemak dan asam amino yang punya potensi memberikan efek antioksidan bagi mereka yang mengonsumsinya.

Selain sifat antioksidannya, royal jelly juga dipercaya punya kemampuan mengurangi inflamasi. Beberapa studi menyebutkan kelebihan royal jelly tersebut, di mana zat kimia yang memicu inflamasi dapat ditekan dengan royal jelly.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Royal jelly juga diyakini memiliki kemampuan dalam membantu penyembuhan luka dan kondisi peradangan kulit lainnya. Hal ini didapat dari efek anti-bakteri yang dimilikinya sehingga royal jelly mampu menjaga luka tetap bersih dan jauh dari infeksi.

Manfaat royal jelly dalam penyembuhan luka juga didapat dari perannya dalam meningkatkan kolagen sebagai protein penting untuk perbaikan kulit. Hal ini berdasarkan sebuah temuan pada pengujian tikus yang diberi ekstrak royal jelly.

Meski begitu, studi lain dengan pengujian royal jelly untuk merawat ulkus kaki penderita diabetes secara topikal atau oles tidak menunjukkan adanya efek pada luka tersebut.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sifat antioksidan yang dimiliki royal jelly punya efek positif pula terhadap perlindungan jaringan otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Kelebihan royal jelly ini juga memungkinkan untuk perawatan bagi penderita Alzheimer. Selain itu, nutrisi yang dimiliki royal jelly juga dapat memperbaiki ketidakseimbangan zat kimia di dalam otak yang bisa memicu stres atau gelisah.

Royal jelly juga mengandung asetilkolin sebagai senyawa pembawa sinyal atau neurotransmitter yang mengatur memori dan menyampaikan pesan dari sel ke sel. Peningkatan pada senyawa ini dikaitkan dengan kinerja daya ingat dan kognitif yang bertambah.

7. Baik untuk Reproduksi Pria

Beberapa studi menyebutkan adanya keuntungan royal jelly bagi kesehatan pria. Sebuah studi menyebutkan kalau sifat antioksidan yang ada di royal jelly memberikan dampak positif pada produksi testosteron. Selain itu, sumber lainnya menyimpulkan kalau royal jelly dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi.

Kandungan royal jelly yang berinteraksi dengan hormon di dalam tubuh juga diklaim dapat meningkatkan libido serta meningkatkan kualitas sperma, baik dalam hal produksi hingga pergerakan sperma. Hal ini menyimpulkan adanya manfaat royal jelly untuk kesuburan. Meski begitu, studi tentang manfaat royal jelly untuk pria ini masihlah sedikit dan perlu diteliti lebih jauh.

8. Mengandung Probiotik Penting

manfaat royal jelly, manfaat jafra royal jelly

Royal jelly pernah diteliti dan diketahui mengandung bifidobacterium. Ini merupakan bakteri bermanfaat atau probiotik yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan. Sebuah riset juga menunjukkan efek lainnya dari probiotik tersebut. Ia dapat memperbaiki sistem imun dan punya sifat melawan reaksi karsinogenesis. Reaksi ini terjadi karena adanya agen yang memicu risiko berkembangnya kanker.

9. Memelihara Kesehatan Kulit

Sebuah studi di Kyung Hee University menyatakan adanya manfaat royal jelly untuk wajah. Hal tersebut berangkat dari kemampuan royal jelly dalam menekan proses penuaan pada kulit akibat terkena paparan radiasi ultraviolet. Efek anti-aging ini diketahui dari peningkatan kolagen pada subjek yang diberikan suplemen dengan ekstrak 1% royal jelly.

10. Membantu Perawatan Osteoporosis

Penelitian lain terhadap khasiat royal jelly pernah dilakukan di Erciyes University. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa royal jelly dapat menurunkan pengeroposan tulang akibat osteoporosis.

Pernyataan ini diperoleh dari adanya hasil positif yang diberikan royal jelly pada kesehatan area tulang belakang lumbar dan femur (tulang bagian paha). Pengamatan ini juga menemukan tingkat jaringan kalsium dan fosfat yang tinggi. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa royal jelly dapat menekan proses pengeroposan pada penderita osteoporosis.

Efek Samping Konsumsi Royal Jelly

Orang-orang yang alergi terhadap produk lebah sebaiknya menghindari konsumsi atau penyembuhan dengan bahan tersebut, baik itu royal jelly, madu, dan propolis atau pengobatan alternatif dengan lebah.

Walau penggunaan royal jelly terbilang aman bagi sebagian besar orang, efek sampingnya pernah dilaporkan dalam beberapa kasus, di antaranya:

  • Asma
  • Anafilaksis atau reaksi alergi yang mengancam nyawa dan dapat terjadi akibat sengatan lebah
  • Dermatitis (infeksi kulit)

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari royal jelly. Produk lebah yang satu ini tidak kalah khasiatnya dengan madu, propolis, dan pollen. Di lain sisi, beberapa kelebihan dari royal jelly masih perlu diteliti lebih lanjut. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan efek samping dari royal jelly. Sebab, ada kemungkinan fatal dari mengonsumsi royal jelly meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Baca juga:

Serba-Serbi Manfaat Propolis bagi Kesehatan Anda

Kenali Gejala PMS dan Cara Mengatasinya

Manfaat Ginseng untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Anda dapat konsumsi Madu Uray Natural Honey Grade A (Rp120.000) madu murni yang dapat tingkatkan daya tahan tubuh. Dapatkan suplemen terbaik dan konsultasi nutrisionis gratis hanya di pusat vitamin personal terlengkap, Jovee. Unduh juga aplikasinya untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian sesuai kebutuhan personal kamu. Aplikasi Jovee tersedia di Google Play Store dan App Store.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022