fbpx

Manfaat Vitamin A Dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

by | May 27, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Banyak yang lebih mengenal vitamin A sebagai nutrisi yang baik bagi kesehatan mata. Faktanya, manfaat vitamin A tidak hanya untuk mata saja, tetapi juga sangat berguna bagi organ lain misalnya seperti organ reproduksi, kulit, dan sistem imun tubuh. Sama seperti jenis vitamin pada umumnya, vitamin A tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin A adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan serta suplemen. Pemakaian suplemen harus sesuai dengan takaran agar tidak menimbulkan efek samping.

Sumber Utama Vitamin A

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari vitamin A, caranya cukup mudah. Selain mengkonsumsi jenis makanan tertentu seperti buah dan sayuran, suplemen juga cukup dianjurkan. Tujuannya tentu agar asupan vitamin A bagi tubuh terpenuhi. Adapun jenis makanan yang menjadi sumber utama vitamin A diantaranya adalah:

  • Buah-buahan berwarna oranye tua seperti apel, pisang, mangga, dan pepaya
  • Sayur-sayuran hijau tua seperti kangkung, bayam, dan rumput laut
  • Sayur berwarna oranye cerah seperti wortel, paprika, ubi merah
  • Kacang-kacangan
  • Ikan 
  • Minyak ikan
  • Hati sapi dan hati ayam

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Vitamin A merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Vitamin ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Karena itulah, kita wajib memperhatikan menu makanan yang sehat agar kebutuhan akan vitamin A tercukupi. Adapun manfaat dari vitamin A diantaranya adalah:

1. Meningkatkan imunitas

Vitamin A juga berperan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan terpenuhinya asupan vitamin A setiap hari, tubuh bisa terbebas dari serangan penyakit. Untuk menciptakan imunitas yang solid, kombinasikan asupan vitamin A dan vitamin C setiap hari. Vitamin A berfungsi melindungi membran sel dan sel epitel dari radikal bebas, sehingga bentuk sel menjadi baik dan dapat beregenerasi dengan optimal. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan sel epitel menjadi pipih dan tipis, sehingga rentan terkena radikal bebas dan penyakit.

2. Membantu tumbuh kembang sel tubuh

Peran vitamin A yang tak kalah vitalnya adalah membantu optimalisasi proses perkembangan dan diferensiasi sel. Dengan begitu kesehatan organ-organ penting seperti jantung, otak, dan paru-paru bisa tetap terjaga. Vitamin A berfungsi menjaga bentuk sel, bila kekurangan vitamin A, maka sel epitel akan pipih dan tidak dapat bertumbuhkembang dengan baik.

3. Merawat kesehatan mata

Publik lebih mengenal fungsi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini tak lepas dari peran vitamin A sebagai salah satu penyusun pigmen mata. Sebab itulah kebutuhan harian akan vitamin A harus terpenuhi supaya tidak terjadi masalah pada pigmen mata. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel juga dapat menjaga fungsi penglihatan. Vitamin A berfungsi mengaktifkan sel retina dan sel mata yang sensitif terhadap cahaya. Kekurangan vitamin A dapat menurunkan sensitivitas mata terhadap cahaya, sehingga berisiko mengalami rabun senja.

4. Mencegah campak

Kekurangan asupan vitamin A bisa memicu beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah campak. karena itu cara termudah untuk mencegah campak adalah memenuhi kebutuhan akan vitamin A setiap hari. Tidak hanya itu, vitamin A juga bisa membantu menyembuhkan penyakit campak yang sudah terjadi. Pemberian vitamin A pada pasien campak dimaksudkan untuk mempercepat proses penyembuhan sehingga tubuh bisa fit kembali.

5. Mencegah timbulnya jerawat

Rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh bisa menyebabkan produksi keratin meningkat pesat dan melebihi batas maksimal. kondisi itulah yang selanjutnya memicu produksi minyak berlebih di wajah sehingga pori-pori mengalami sumbatan. Akibatnya jerawat akan mudah muncul. Jadi jika ingin mencegah jerawat membandel, solusinya adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti apel, pisang, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

6. Merawat kesehatan tulang

Tidak hanya vitamin D saja yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, vitamin A juga memiliki andil dalam perkembangan tulang. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kondisi tulang memburuk dan mudah patah. Jadi selain memperhatikan asupan vitamin D, agar tulang tetap sehat kebutuhan akan vitamin A juga harus tercukupi.

7. Meningkatkan kesehatan reproduksi

Vitamin A dapat meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita. Hal ini disebabkan karena fungsi vitamin A dalam pembentukan sel luar pada sistem reproduksi dan merangsang pembentukan sperma. Untuk menjaga kesehatan reproduksi, maka konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel, daging sapi, bayam, dan sebagainya.

Efek Samping Kekurangan dan Kelebihan Vitamin A

Vitamin A menjadi salah satu jenis vitamin yang sangat gampang didapatkan, entah itu dari makanan maupun suplemen. Meski begitu tetap saja ada kasus kekurangan vitamin A. Apabila kadar vitamin A dalam tubuh rendah, bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Mulai dari penurunan sistem kekebalan tubuh, rabun senja, katarak, komplikasi serius pada beberapa organ vital seperti jantung, paru-paru, dan otak.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kenali Manfaat L-carnitine Bagi Kesehatan Tubuh
Fosfor, Komponen Penting Tubuh yang Harus Dijaga Keseimbangannya
14 Cara Mencegah Virus Corona yang Efektif
Awas! Kenali Bahaya Botox dan Filler untuk Cegah Penuaan Dini
Apa Fungsi Kalium Bagi Kesehatan Tubuh?
Kromium, Mineral Penyeimbang Gula Darah dan Sumber Makanannya

Demikian juga jika tubuh kelebihan vitamin A, juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Vitamin A berlebih pada tubuh justru akan bersifat sebagai racun mengingat vitamin ini tidak bisa terbuang bersama urine, dan larut tersimpan dalam jaringan lemak tubuh. Selain itu, kelebihan vitamin A dapat membuat sel epitel tubuh bertumbuh abnormal, sehingga terjadi pertumbuhan sel yang tidak baik.

Karena itulah jangan sembarangan mengkonsumsi suplemen vitamin A, harus sesuai dosis. Untuk memenuhi asupan vitamin A harian, selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A juga bisa menambahkan suplemen dari Jovee. Suplemen yang direkomendasikan Jovee menyesuaikan dengan kondisi tubuh sehingga kadar vitamin A yang masuk dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan. 

Brands