fbpx
BerandaVitamin & SuplemenManfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B1 dikenal juga sebagai tiamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengolah karbohidrat yang dikonsumsi dari makanan menjadi energi untuk beraktivitas. Vitamin B1 akan mengalir ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Salah satu kegunaan vitamin B1 dalam tubuh adalah sebagai pendamping asupan karbohidrat agar karbohidrat tidak tertimbun dan diubah menjadi energi.

kegunaan vitamin b1

Mengingat perannya yang sangat penting untuk menunjang kekuatan tubuh untuk beraktivitas, sebaiknya rutin konsumsi vitamin B1 sebagai pendamping makanan sehari-hari Anda. Anda bisa mendapatkan vitamin B1 atau thiamin dari berbagai sumber makanan sehari-hari termasuk pula dari suplemen vitamin dalam bentuk vitamin B1 HCl.

 

5 Makanan yang Mengandung Vitamin B1

Vitamin B1 atau thiamin dinamakan demikian karena memang merupakan vitamin B yang pertama kali ditemukan oleh para ahli. Selain vitamin B1, sebenarnya vitamin B juga ada vitamin B2 dan juga vitamin B12.

Berdasarkan pedoman angka kecukupan gizi Kemenkes RI, orang dewasa usia 19 – 80 tahun harus memenuhi kebutuhan vitamin B 1 sebanyak:

  • 1,2 miligram per hari, untuk laki-laki
  • 1,1 miligram per hari, untuk perempuan

Sedangkan, untuk anak-anak, kebutuhan tiamin yang dianjurkan sebesar:

  • 0 – 5 bulan: 0,2 miligram per hari
  • 6 – 11 bulan: 0,3 miligram per hari
  • 1 – 3 tahun: 0,5 miligram per hari
  • 4 – 6 tahun: 0,6 miligram per hari
  • 7 – 9 tahun: 0,9 miligram per hari
  • 10 – 12 tahun: 1,1 miligram per hari (pria) dan 1,0 miligram per hari (perempuan)
  • 13 – 15 tahun: 1,2 miligram per hari (pria) dan 1,1 miligram per hari (perempuan)

Anda juga perlu mengingat bahwa tubuh tidak bisa menyimpan kelebihan vit B1. Makanya, kebutuhan vitamin ini harus dipenuhi setiap harinya. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan.

Untuk mendapatkan kegunaan vitamin B1, Anda harus memenuhi kebutuhan hariannya. Asupan thiamin tidak hanya bisa Anda dapatkan dari makanan sehari-hari, melainkan juga suplemen B kompleks. Sejumlah sumber makanan yang mengandung vitamin B1 adalah:

1. Serealia

Serealia terutama yang dibuat dari biji gandum utuh sangat kaya akan vit B1 atau thiamin. Oleh karena itu konsumsi sereal yang dibuat dari bahan berupa biji gandum yang utuh.

2. Daging Sapi

Siapa sangka ternyata daging sapi tidak hanya kaya akan protein namun juga tinggi akan vitamin B1. Konsumsi vitamin B1 dari daging sapi akan memberikan Anda berbagai manfaat kesehatan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang kedelai maupun produk turunannya yang sudah berbentuk tahu, tempe dan susu kedelai sangat kaya akan vitamin B1. Manfaat mengkonsumsi vitamin B1 secara rutin dapat mengembalikan energi yang hilang karena kemampuannya untuk mengubah karbohidrat menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh beraktivitas.

4. Telur

Telur sangat kaya akan berbagai nutrisi seperti protein dan mineral. Di dalam telur juga mengandung vitamin B1 atau thiamin untuk mengubah konsumsi karbohidrat menjadi energi.

Lantas, berapakah angka kecukupan gizi (AKG) yang dibutuhkan? Jumlah AKG sangat bergantung kepada usia seseorang. Semakin dewasa, seseorang membutuhkan jumlah vitamin B1 yang semakin banyak. Untuk usia 0 hingga 6 bulan hanya membutuhkan AKG sebanyak 0,2 mg. Asupan nutrisi sebanyak ini diperoleh dari konsumsi ASI. Karena itu wanita hamil dan menyusui membutuhkan asupan vitamin B1 sangat tinggi hingga 1,4 mg.

 

Fungsi Vitamin B1 HCl untuk Kesehatan

Seseorang yang kekurangan asupan vitamin B1 HCl dapat menyebabkan timbulnya sindrom Wernicke-Korsakoff, yakni salah satu penyakit yang menyerang dan menyebabkan kerusakan pada otak dan sistem saraf. Timbulnya sindrom Wernicke-Korsakoff banyak diderita oleh mereka yang sering mengkonsumsi obat berjenis furosemide, orang yang melakukan operasi bariatric. Operasi bariatric adalah operasi pengecilan lambung agar berat badan turun. Selain itu, orang yang kecanduan alkohol juga berisiko mengalami sindrom Wernicke-Korsakoff. Beberapa kegunaan vitamin B1 adalah untuk:

1. Fungsi Kognitif Semakin Membaik

Penderita Alzheimer harus mendapatkan asupan nutrisi yang dapat memperbaiki fungsi kognitifnya. Salah satu nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak adalah mengkonsumsi vitamin B1. Hal ini bahkan telah dibuktikan melalui penelitian ilmiah yang dilakukan oleh riset medis Amerika dan Vietnam.

2. Stress dapat Dikurangi

Anda mengalami stress? Terkadang hal ini bisa jadi disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin B1. Hal ini membuat vitamin B1 disebut sebagai vitamin anti stress karena kemampuannya untuk menurunkan tingkat stress seseorang. Sebuah penelitian medis menunjukkan bahwa konsumsi thiamin dapat mengontrol suasana hati agar lebih baik dan mood pun meningkat. Pikiran pun menjadi lebih tenang dan bisa membuat Anda berpikir positif.

3. Mencegah Penyakit Beri-Beri

Penyakit beri-beri dapat timbul akibat karbohidrat yang dikonsumsi tidak mampu diubah oleh tubuh menjadi energi. Hal ini menyebabkan asam piruvat menumpuk pada aliran darah. Pada akhirnya, hal ini menyebabkan penyakit beri-beri timbul pada tubuh seseorang. Penyakit beri-beri bisa menyebabkan sesak napas, mual, sulit berbicara, detak jantung meningkat hingga fungsi otot menurun.

Konsumsi vitamin B1 dapat membantu untuk mengubah asupan karbohidrat dari makanan yang Anda konsumsi menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Pada akhirnya, hal ini akan menghindari penumpukan asam piruvat.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin A, B, C, D, E, dan K
Kenali Gejala Kekurangan Vitamin B Complex dan Dampaknya bagi Tubuh
Fungsi Utama Vitamin B1 HCl Untuk Kesehatan

4. Daya Tahan Tubuh Membaik

Untuk menjaga daya tahan tubuh tidak hanya dengan mengkonsumsi vitamin C namun dapat dibantu dengan cara mengonsumsi vitamin B1. Oleh karena itu para atlet banyak yang mengkonsumsi tiamin untuk meningkatkan kekuatan tubuhnya dan mencegah dari serangan penyakit. Selain itu, fungsi vitamin B1 ialah sebagai pembantu enzim untuk melakukan metabolisme, sehingga tubuh dapat menghasilkan energi.

Penyakit seperti diabetes dapat dicegah dengan konsumsi vitamin B1 HCl yang mampu mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Dengan begitu akan menurunkan karbohidrat atau tingkat gula darah dalam tubuh.

Disamping itu, tiamin pun dikatakan mampu mencegah katarak. Rajin mengonsumsi sumber vitamin B1 dikaitkan dengan penurunan risiko katarak. Bukan cuma itu, suplemen tiamin juga bisa mengatasi neuropati diabetik.

Sebuah penelitian terdahulu mengatakan bahwa konsumsi suplemen tiamin sebanyak 300 mg per hari mengurangi kadar albumin dalam urin penderita diabetes tipe 2. Albumin yang tinggi dalam air urin adalah indikasi dari neuropati diabetik alias kerusakan ginjal.

Meminum suplemen vitamin B1 dihubungkan pula dengan meredanya gejala PMS, termasuk kram perut, pada remaja putri dan wanita dewasa.

Suplemen Terbaik dari Jovee

Untuk memperoleh manfaat vitamin B1, tentu kebutuhannya harus dipenuhi. Vitamin B1 HCl bisa Anda dapatkan dari Jovee yang merupakan aplikasi kesehatan pribadi untuk Anda. Anda bisa mendapatkan rekomendasi berbagai suplemen yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan dan gaya hidup Anda. Seluruhnya bisa Anda beli dengan harga yang menarik dari aplikasi Jovee. Apalagi, Jovee juga menawarkan fasilitas gratis ongkir untuk kenyamanan Anda.

Demikianlah beberapa informasi terkait kegunaan vitamin B1 HCl. Meski suplemen bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B1, tetap saja sumber terbaik adalah makanan sehari-hari.

Ditulis oleh: Aileen Velishya

Referensi:

Thiamine Hcl (Vitamin B1) Oral : Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing
Thiamine hydrochloride
Vitamin B1 (Thiamin): Foods, benefits, and deficiency symptoms

Tersedia di Jovee shop

Natures Plus B Complex 60 Kap – Vitamin Daya Tahan Tubuh

Sale!

Healthy Skin & Body Booster – Vit E dan Vit B Complex

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-minum-vitamin-di-musim-hujan

3 Manfaat Minum Vitamin di Musim Hujan

Vitamin & Suplemen   27/12/2021
suplemen-kecantikan

Suplemen Kecantikan

Vitamin & Suplemen   13/12/2021

Suplemen Kolagen

Vitamin & Suplemen   13/12/2021
frozen-collagen

Frozen Collagen

Vitamin & Suplemen   13/12/2021

5 Contoh Vitamin untuk Kulit Sehat

Vitamin & Suplemen   13/12/2021