fbpx
BerandaVitamin & SuplemenManfaat Vitamin D bagi Tubuh dan Dampak Kekurangannya terhadap Kesehatan

Vitamin D termasuk salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk berbagai kebutuhan. Umumnya, manfaat vitamin D sangat erat kaitannya dengan kesehatan tulang. Tidak hanya itu, manfaat vitamin D juga diperlukan untuk mencegah berbagai penyakit tertentu, seperti autoimun, kanker, penyakit jantung, dan infeksi.

manfaat vitamin d

Masalahnya, kebanyakan orang di era modern ini lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan dan kurang terpapar oleh sinar matahari. Padahal, sinar matahari sangat penting pengaruhnya bagi tubuh, terutama dalam hal pembentukan vitamin D.

Manfaat Vitamin D

Berikut ini sejumlah manfaat dan fungsi vitamin D bagi tubuh manusia.

Kesehatan Tulang dan Otot

Keberadaan vitamin D dalam tubuh sangat penting untuk proses penyerapan kalsium. Sementara, kalsium diperlukan tubuh sebagai nutrisi utama penyusun tulang, sehingga menjadi lebih kuat dan meminimalisir risiko patah tulang.

Kekurangan vitamin D menyebabkan tubuh tidak mampu membentuk hormon kalsitriol yang cukup, sehingga tubuh akan mengambil persediaan kalsium dari sumber lain yaitu tulang. Akibatnya, tulang menjadi lemah dan berisiko mengalami osteoporosis maupun rakitis. Berdasarkan hasil penelitian, efek dari vitamin D dan kalsium dapat bersama-sama mengurangi risiko terjadinya patah tulang.

Kesehatan Ibu Hamil

Defisiensi vitamin D sangat rentan terjadi bagi wanita, terutama wanita hamil dan lanjut usia. Bagi wanita hamil, kondisi ini terjadi karena mereka berisiko kehilangan kalsium akibat kebutuhan janin didalam kandungan dan tingginya pengeluaran kalsium melalui urin. Ditambah lagi, situasi kehilangan kalsium yang tinggi tersebut terus meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Bahaya ibu hamil ketika mengalami defisiensi vitamin D akan mengganggu kesehatan tulang janin dalam kandungan. Salah satunya risiko rakitis yang meningkat. Oleh karena itu, ibu hamil wajib mendapatkan asupan nutrisi vitamin D yang cukup, terutama saat melahirkan supaya si bayi memiliki kadar vitamin D yang cukup selama 4-6 bulan kedepan. Sebab, manfaat vitamin D pada bayi sangat bergantung dari ibu.

Dampak kurangnya vitamin D bagi ibu hamil yaitu meningkatnya risiko preeklampsia, kelahiran prematur, diabetes gestasional, dan infeksi bakterial vaginosis selama kehamilan.

Mencegah Berbagai Penyakit

Akhir-akhir ini, telah dilakukan berbagai penelitian yang menunjukkan manfaat vitamin D bagi kesehatan, selain bagi kesehatan tulang dan otot, serta  ibu hamil saja. Salah satu contohnya yaitu multiple sclerosis yang umum terjadi pada wanita. Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan vitamin D serum yang rendah. Tidak hanya itu, vitamin D juga berfungsi sebagai imunosupresan pada penyakit rheumatoid arthritis.

Fungsi vitamin D yang lain yaitu memastikan supaya sistem imun tubuh tetap normal, sehingga mampu melawan berbagai jenis penyakit. Asupan vitamin D yang cukup juga mampu mengurangi risiko kanker. Fakta ini didukung oleh banyak penelitian yang menemukan hubungan kadar vitamin D yang cukup dengan risiko kanker yang rendah. Penelitian lain pun melaporkan hubungan kekurangan vitamin D dengan tingginya risiko penyakit jantung seperti gagal jantung, hipertensi, dan jantung iskemik.

Sumber Vitamin D

Ada tiga pilihan di mana Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D bagi tubuh, diantaranya sinar matahari, makanan, dan suplemen. Sebesar 80% dari sumber vitamin ini dapat diperoleh dari paparan sinar matahari. Sinar matahari membantu kulit untuk mendapatkan vitamin D yang aktif. Dengan kata lain, peran sinar matahari sangat penting untuk proses sintesis vitamin D. Ketika seseorang berada di luar ruangan pada jam-jam tertentu, pasti akan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Kemudian, 20% asupan vitamin D dapat diperoleh dari makanan. Berbagai sumber nutrisi vitamin D yaitu ikan salmon, tuna, telur, susu, yoghurt, dan salmon. Diupayakan untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dari makanan.

Akan tetapi, kebutuhan vitamin D belum tercukupi dari sinar matahari maupun makanan karena berbagai alasan tertentu, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin D. Salah satu contoh suplemen ini yaitu NaturesPlus Vitamin D3 400IU yang tersedia di Jovee seharga Rp2.434-Rp163.800.

Faktor yang Menyebabkan Malnutrisi Vitamin D

Sebenarnya, seseorang dapat mengoptimalkan perolehan sumber vitamin D di atas supaya terhindari dari defisiensi. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kadar vitamin D yang rendah, diantaranya sebagai berikut.

  • Obesitas

Logikanya, ketika seseorang kegemukan, maka kapasitas penyimpanan juga membesar, sehingga sirkulasi vitamin D menuju aliran darah menjadi berkurang karena tersimpan dalam jaringan lemak.

  • Orang berkulit hitam

Seseorang dengan kulit hitam juga berisiko mengalami defisiensi vitamin D karena secara alami kulitnya terlindungi oleh melanin. Pigmen tersebut menyebabkan kulit tidak mampu mensintesis vitamin D. Dengan kata lain, pigmentasi orang berkulit gelap cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah pula.

  • Wanita

Dibandingkan pria, seorang wanita berisiko mengalami kekurangan vitamin D karena wanita cenderung memiliki lemak lebih banyak, berada di dalam ruangan lebih sering, dan menggunakan sunscreen.

  • Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit terbatas dalam hal produksi vitamin D karena kurang mampu menyerap vitamin D dan aktivitas luar ruang yang jarang.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat vitamin D bagi tubuh. Semoga bermanfaat. Dapatkan vitamin D terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda dapat konsultasi dengan dokter online melalui aplikasi Lifepack.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores-glucosamine1

Blackmores Glucosamine: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   17/05/2021
becom-c-manfaat-efek-samping-dan-dosis

Becom-C: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/05/2021
cavit-d3-manfaat-aturan-penggunaan-dan-dosis

Cavit D3: Manfaat, Aturan Penggunaan, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/05/2021
manfaat-neuriobion

Neurobion: Manfaat, Dosis, dan Anjuran Pakai

Vitamin & Suplemen   21/04/2021
manfaat-Blackmores-Executive-B

Blackmores Executive B: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/04/2021