fbpx
BerandaVitamin & SuplemenManfaat Zinc untuk Kesehatan Tubuh

Tubuh membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang cukup agar terhindar dari serangan penyakit. Di musim penghujan seperti sekarang ini perkembangan penyakit begitu cepat. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan memperbaiki pola hidup serta mengonsumsi makanan yang syarat akan gizi tinggi. Salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah zinc.

PENTINGNYA MENGONSUMSI ZINC UNTUK KESEHATAN TUBUH

Masing-masing orang dengan usia berbeda tentu berbeda pula konsumsi zinc-nya. Mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh salah satunya membantu tubuh meningkatkan sistem imunitasnya.

Manfaat Zinc untuk Kesehatan

Selain yang dipaparkan di atas, zinc juga memiliki manfaat yang sangat banyak dan tak bisa diremehkan begitu saja. Diantara manfaat mengonsumsi zinc adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Antioksidan

Manfaat pertama dari zinc ini adalah sebagai antioksidan. Tubuh layaknya tembok yang membutuhkan sebuah perlindungan yang kokoh agar tidak diserang oleh senyawa asing. Banyaknya radikal bebas yang berkeliaran di sekitar Anda sangatlah berbahaya untuk kesehatan. Dengan Anda mengonsumsi zinc setidaknya tubuh Anda tidak mudah diserang oleh berbagai penyakit. Selain itu, zinc berperan dalam membangun membran sel dan menjaga DNA, sehingga tubuh dapat membentuk sel sehat secara optimal ketika beberapa sel-sel tubuh mati atau terserang radikal bebas.

2. Menyehatkan Mata

Mata tidak sepenuhnya sehat jika Anda hanya mengonsumsi vitamin A tanpa zinc. Zinc ini memiliki peran yang sangat penting untuk mensintesis vitamin A sehingga mata pun menjadi sehat. Kolaborasi kedua zat ini penting dan tentu saja tidak bisa dipisahkan.

3. Manfaat Zinc untuk Memelihara Sistem Imunitas

Zinc juga berperan penting dalam memelihara sistem imun seseorang. Zinc merupakan salah satu zat penting dalam pembentukan enzim dan pemberi sinyal respon imun terhadap zat yang masuk ke dalam tubuh. Kekurangan zinc berdampak pada penurunan sistem imun dan hilangnya perlindungan sehingga rentan terkena paparan penyakit. Selain itu, zinc berfungsi membentuk hemoglobin, pembentuk sel darah merah. Anda dapat temukan kandungan zinc pada Konilife Imunea (Rp115.500) sebagai suplemen untuk memelihara sistem imunitas tubuh.

4. Menjaga Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Zinc menjadi salah satu zat gizi mineral yang penting sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi dan anak. Zinc berperan dalam merangsang pertumbuhan tinggi dan berat badan anak menjadi optimal. Kekurangan zinc dapat menyebabkan tinggi badan anak tidak bertumbuh optimal, serta memperlambat perkembangan otak dan sistem organ seperti reproduksi, otak, saraf. Sehingga, kebutuhan zinc penting sekali tercukupi pada anak.

5. Manfaat Zinc untuk Kesehatan Otak

Ternyata zinc ini juga bermanfaat untuk membuat otak lebih sehat. Selain itu, zinc juga bermanfaat untuk menjaga sistem saraf pada otak. Otak seringkali mengalami penurunan mood yang berujung pada munculnya berbagai penyakit. Zinc diperlukan otak untuk meminimalisir penurunan mood tersebut dengan menjaga sistem saraf pada otak. Kekurangan zinc juga berdampak pada permasalahan kognitif dan perilaku.

6. Menyehatkan Organ Reproduksi

Zinc ini juga penting untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Hal ini dikarenakan zinc berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel dan membangun konstituen selama masa kehamilan. Tidak hanya penting untuk ibu hamil, zinc juga bermanfaat untuk kesehatan organ reproduksi sebagai gizi pembentukan sel-sel reproduksi pada pria.

Makanan dengan kadar zinc yang tinggi

Zinc tidak sepenuhnya diproduksi sendiri oleh tubuh. Ada kalanya Anda juga harus membiasakan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan zinc. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat zinc secara optimal tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang tinggi zinc seperti berikut ini.

1. Daging Hewani

Protein hewani merupakan makanan dengan sumber zinc yang baik. Zinc ditemukan pada hampir semua produk hewani seperti daging sapi, daging domba, ayam, kerang, kepiting, ikan dan sebagainya. 80 gram daging sapi matang mengandung 4-5 mg zinc, 50% kebutuhan zinc pada orang dewasa sehat. Selain itu, 50 gram kerang laut sudah mencukupi kebutuhan sehari-hari.

2. Kacang Kedelai dan Jamur

Untuk vegetarian dan vegan, kacang kedelai dan jamur merupakan salah satu pangan kaya protein nabati. Selain mengandung protein, kacang kedelai dan jamur juga mengandung zinc yang cukup tinggi yakni sekitar 1,5-3 mg dalam 100 gram. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan paru-paru serta memperbaiki jaringan kulit. Kacang kedelai biasa dikonsumsi utuh secara matang atau diolah menjadi susu, tahu, dan tempe. Jamur shitake merupakan varian jamur dengan kandungan zinc tinggi dan dimakan matang.

3. Alpukat

Buah pertama yang ternyata tinggi zinc adalah alpukat. Setidaknya 1 buah alpukat mengandung zinc sebanyak 1 mg. Ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel abnormal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pun juga bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak serta menjaga jantung agar tetap sehat.

4. Pisang

Buah yang paling mudah ditemukan dan memiliki rasa yang enak apalagi jika bukan pisang. Buah dengan warna kulit hijau atau kuning ini ternyata mengandung zinc sekitar 0.3 mg dalam 1 buahnya. Zinc ini sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, serta baik untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh
Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh
Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B7
7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu
Apa itu Ca Pantothenate? Ini Manfaat yang Perlu Diketahui

5. Sayuran Berdaun Hijau dan Berwarna Oranye

Selain tinggi akan vitamin A, sayuran hijau tua dan oranye seperti bayam, brokoli, wortel, dan tomat juga tinggi akan kandungan zinc yang mencapai 0,4-1 mg dalam satu cupnya. Ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman mata serta mencegah kerusakan pada retina mata.

Bagi Anda yang sudah mengonsumsi makanan tinggi zinc namun, masih saja merasa porsi kurang maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen dari Jovee. Ada beberapa kelebihan dari Jovee diantaranya adalah mudah dalam pembelian, sudah terdaftar secara resmi di BPOM, bisa berlangganan, harga tetap tak akan ada kenaikan, aman untuk kesehatan, suplemen yang direkomendasikan sesuai dengan kebutuhan Anda lantaran Anda diwajibkan untuk menjawab beberapa pertanyaan sebelum direkomendasikan dan masih banyak lainnya. Bagaimana tertarik untuk membeli suplemen di Jovee? Langsung saja download aplikasi Jovee di PlayStore atau AppStore melalui smartphone. Anda juga bisa membelinya melalui website Jovee dan Jovee Official Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022