fbpx

Mau Menurunkan Kadar Trigliserida? Lakukan 7 Cara Ini

by | May 14, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Makanan berlemak yang terlalu banyak dikonsumsi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Namun ternyata makanan berlemak tidak hanya berpengaruh pada kolesterol saja, akan tetapi kadar trigliserida pada darah juga akan ikut meningkat. Jika kadar trigliserida pada darah semakin tinggi maka tubuh akan semakin rentan terhadap beberapa penyakit bahaya. Tapi, perlu Anda tahu, menurunkan trigliserida tinggi tidak bisa dilakukan dengan cara yang cepat.

Penyakit bahaya yang disebabkan karena trigliserida yang terlalu tinggi yaitu penyumbatan pembuluh darah, diabetes, stroke bahkan hingga jantung koroner. Kadar trigliserida akan dikatakan tinggi apabila melebihi 1,7 mmol/L maupun 150 mg/dl. 

Cara Menurunkan Kadar Trigliserida yang Tinggi

Untuk mengontrol kadar trigliserida, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini: 

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat merupakan cara menurunkan trigliserida tinggi secara alami. Makanan kaya serat dapat menurunkan serapan lemak dan gula pada usus kecil. Makanan tinggi serat yang bisa Anda konsumsi yaitu seperti buah maupun sayur. Untuk hasil yang lebih efektif sebaiknya Anda mengkonsumsinya setiap hari sebagai menu sehari-hari.

Makanan Rendah Karbohidrat

Trigliserida akan meningkat apabila terjadi penumpukan karbohidrat misalnya seperti gula. Bagi orang yang mengkonsumsi banyak makanan rendah karbohidrat cenderung memiliki trigliserida yang cukup stabil. Sebab itu jika anda ingin memiliki trigliserida yang rendah sebaiknya konsumsi makanan rendah karbohidrat.

Mengurangi Asupan Lemak Trans

Semakin banyak Anda mengkonsumsi lemak trans maka akan semakin tinggi pula trigliserida dalam darah. Ini jenis makanan yang memiliki asupan lemak trans yaitu seperti makanan yang dipanggang maupun digoreng. Selain membuat angka trigliserida semakin tinggi ternyata mengkonsumsi lemak trans dapat memicu kadar LDL yang tinggi maupun kolesterol jahat serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kurangi Asupan Gula

Gula dalam makanan akan diubah menjadi trigliserida. Penumpukan gliserida pada darah akan mengalami peningkatan jika Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi gula. Dalam sehari Anda hanya disarankan untuk mengkonsumsi gula sebanyak 4 sendok makan teh ini Anda akan terhindarkan dari trigliserida yang tinggi.

Pilih Makanan Lemak Tidak Jenuh

Selain lemak trans, salah satu cara menurunkan kadar trigliserida tinggi secara alami adalah mengurangi asupan lemak tidak jenuh. Kandungan asam lemak tak jenuh dapat membantu untuk penurunan kadar trigliserida pada darah. Asam lemak tak jenuh bisa Anda temukan pada alpukat, minyak nabati, minyak zaitun, kacang-kacangan dan ikan berlemak. Untuk mendapatkan hasil yang efektif sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan lemak tak jenuh setiap harinya.

Perbaiki Pola Makan

Mengatur pola makan menjadi kewajiban diri Anda untuk menghindari trigliserida darah yang tinggi. Jika pola makan tidak terjaga dengan baik, maka hal ini memicu adanya penumpukan kalori pada tubuh yang berubah menjadi lemak, terutama jika tidak diimbangi dengan melakukan aktivitas fisik.

Setelah Anda selesai makan maka tubuh melepas insulin yang memiliki fungsi sebagai pengangkut gula dan menjadikannya sebagai energi. Akan tetapi kadar insulin dalam jumlah yang berlebihan dapat menjadikan kadar gula mengalami penumpukan. Jika hal ini dibiarkan maka trigliserida dapat memicu terjadinya diabetes atau obesitas.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh
Rahasia Whey Protein untuk Membentuk Massa Otot
Mengenal Manfaat Triathlon, Kegiatan Lari, Renang dan Sepeda
Cardio VS Weight Lifting, Apa Bedanya?
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin ternyata tidak hanya meningkatkan imunitas dalam tubuh saja, akan tetapi olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan trigliserida yang akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Anda bisa meluangkan waktu selama 30 menit untuk melakukan olahraga setiap pagi.

Trigliserida ternyata tidak hanya menyerang pada pria atau wanita yang sudah berusia lanjut saja. Akan tetapi untuk remaja atau dewasa juga bisa mengalaminya. Namun kebanyakan trigliserida lebih banyak menyerang orang-orang yang sudah berusia 50 tahun. Selain itu orang yang memiliki riwayat penyakit jantung memiliki peluang yang jauh lebih besar terhadap serangan trigliserida.

Itulah beberapa cara menurunkan kadar trigliserida. Ingat, tidak ada cara menurunkan trigliserida dengan cepat. Itulah pentingnya Anda menjaga kesehatan sedini mungkin guna menghindari risiko penyakit kroni yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional