fbpx

Memahami Cemas Berlebihan dan Hubungannya dengan Daya Ingat

by | Sep 16, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Perasaan cemas dan khawatir adalah hal yang paling wajar terjadi dalam diri seseorang. Terkadang, kondisi ini dapat berdampak negatif pada kondisi psikologis seseorang. Namun, rasa cemas berlebihan yang timbul terkadang dapat membuat Anda sulit melupakan suatu hal tertentu. Dengan kata lain, secara tak langsung rasa cemas atau khawatir dapat meningkatkan daya ingat Anda.

Bahkan, bisa dikatakan  rasa cemas yang Anda alami pun bisa membuat Anda mengingat dengan rinci tentang sebuah kejadian yang pernah alami. Seseorang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi, biasanya akan memiliki daya ingatan yang jauh lebih kuat daripada dengan mereka yang tidak mudah merasa cemas.

Ketika sedang mengalami cemas atau khawatir, biasanya Anda akan dapat mengingat segala sesuatu dengan lebih jelas. Hal ini dikarenakan, kecemasan yang Anda alami dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap berbagai emosi negatif sehingga Anda pun akan mengingat detail yang pernah Anda alami apalagi jika itu merupakan kejadian yang negatif.

Sebenarnya, hingga saat ini masih belum bisa dipastikan bagaimana bisa rasa kecemasan yang muncul dapat meningkatkan daya ingat ingat seseorang. Namun faktanya, kecemasan ini dapat membantu otak untuk merekam peristiwa, interaksi dan komunikasi yang pernah terjadi dengan lebih akurat dan baik.

Terlebih lagi, ketika Anda sedang merasa cemas secara tak langsung akan membuat Anda mudah merasa lebih sadar terhadap apa pun yang sedang terjadi di sekitar Anda. Dengan demikian, Anda pun mampu merekam dan memahami setiap detail yang normalnya tidak begitu Anda perhatikan ketika tidak sedang mengalami cemas.

Pada akhirnya, Anda pun akan terus mengingat kejadian yang ada sebagai pengalaman yang biasanya bersifat negatif. Dengan demikian, ketika ada kejadian serupa, Anda pun akan kembali mengingatnya sebagai hal yang jelek. Hal ini pun juga dapat memengaruhi kondisi diri Anda menjadi kurang baik apalagi kondisi psikologis Anda.

 

Penyebab Orang Mudah Cemas Berlebihan

Tentu saja, rasa cemas yang muncul pada seseorang ini dapat punya pemicu tersendiri. Pemicu atau penyebab ini bisa datang dari mana saja dan bisa muncul dimana saja. Hanya saja, secara pasti masih belum diketahui penyebab dari gangguan kecemasan ini. Ada beberapa faktor yang bisa membuat kecemasan berlebih muncul dalam diri seseorang.

Stres bisa menjadi salah satu pemicu terbesar mengapa seseorang bisa mengalami cemas dan khawatir bahkan hingga sampai ke arah yang cukup parah. Hal itu karena saat seseorang mengalami stres membuat fungsi saraf otaknya menjadi tidak optimal sehingga dapat menyebabkan seseorang merasa cemas dan tidak bisa berpikir jernih.

Selain stres, trauma juga dapat membuat seseorang mengalami kecemas. Pasalnya, kecemasan ini merupakan salah satu bentuk negatif dari respon otak yang dapat membuat orang mengalami cemas. Trauma akan pengalaman yang buruk dapat membuat orang tersebut teringat kembali dengan peristiwa itu jika peristiwa serupa datang menghampiri. 

 

Hubungan Antara Rasa Cemas dan Daya Ingat

Salah satu alasan mengapa cemas bisa membuat daya ingat seseorang meningkat adalah karena munculnya emosi negatif. Anda cenderung lebih mengingat peristiwa yang emosional atau menyedihkan daripada peristiwa yang menyenangkan atau biasa saja.

Dalam keadaan normal, bagian otak yang bernama hipokampus akan memilah informasi yang kurang penting dan melupakannya saat itu juga. Sehingga, hal tersebut pun tidak disimpan dalam ingatan Anda. Kecil kemungkinannya untuk Anda mengingat hal-hal sepele seperti itu.

Namun, ketika Anda sedang merasa cemas apalagi yang berlebihan, akan terjadi perubahan yang besar terhadap proses kerja di dalam otak Anda. Darah yang seharusnya mengalir lebih banyak dan lancar ke bagian hipokampus, malah akan membelok menuju ke bagian neokorteks. Neokorteks ini sendiri adalah area penyimpanan ingatan jangka panjang yang ada di otak Anda.

Pengalaman yang seharusnya bisa Anda simpan dalam ingatan jangka pendek saja justru akan tersimpan dalam ingatan jangka panjang. Dengan demikian, Anda pun akan sulit melupakan suatu kejadian ketika sedang dihantui oleh perasaan negatif.  Karenanya, perasaan cemas disebut bisa mempertajam ingatan seseorang.

Hanya saja perlu Anda ketahui, bukan berarti secara instan kemampuan Anda dalam mengingat segala hal akan menjadi lebih kuat. Beberapa kejadian atau peristiwa tertentu saja yang nantinya bisa Anda ingat dengan baik. Lebih tepatnya, saat Anda sedang dirundung rasa kecemasan.

Walau begitu, Anda pun juga harus bisa mengolah emosi dan pikiran Anda agar senantiasa tidak mudah merasa cemas. Hal itu karena ketika Anda mengalami kecemasan berlebih, tentu saja kondisi fisik dan mental Anda pun akan turun dengan drastis. Cemas adalah salah satu tanda stres. Makanya, cemas berlebihan dikatakan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lebih serius.

Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan disini. Lihat juga aplikasi Jovee untuk memulai gaya hidup sehatmu. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional