fbpx
BerandaKesehatan LainnyaMemiliki Jerawat Meradang? Ini Cara Tepat Menghilangkannya

Memiliki jerawat yang meradang memang sangat mengganggu. Jerawat berwarna merah diawali saat sebum sudah melewati dinding folikel kulit. Di dalam pori, sebenarnya sebum bercampur dengan sel kulit mati dan menyebabkan pori tersumbat. Hal ini membuat bakteri jerawat berkembang, dan sisa radikal bebas merusak jaringan, sehingga menjadi penyebab warna kemerahan pada kulit.

MEMILIKI JERAWAT MERADANG? INI CARA TEPAT MENGHILANGKANNYA

Bila jerawat tak berubah menjadi infeksi, nantinya kemerahan bisa hilang dengan sendirinya, walaupun dapat memakan waktu yang lama menggunakan atau tidak tanpa pengobatan. Namun bagaimana cara agar jerawat yang meradang ini lekas kempes dan membaik?

Tips Menghilangkan Jerawat yang Meradang

Berikut beberapa tips menghilangkan jerawat meradang efektif dan cepat yang dapat Anda lakukan, seperti:

1. Kompres dengan menggunakan es batu

Bila Anda ingin segera menghilangkan jerawat, tak ada salahnya untuk segera mengompres jerawat dengan menggunakan es batu. Mengompres jerawat menggunakan es batu menjadi cara cepat agar jerawat tak lagi meradang. Caranya mudah, bungkus es batu dengan kain bersih dan kompres ke area wajah yang berjerawat.

Setelah mengompres menggunakan es batu, diamkan beberapa menit dan ulangi lagi sampai kemerahan pada jerawat mereda. Namun, saat mengompres dengan menggunakan es batu, pastikan Anda tidak mengompresnya terlalu kencang karena bisa melukai jerawat serta menyebabkan bakteri menyerang bagian ini.

2. Menggunakan pasta gigi

Pasti bahan ini sudah tidak asing lagi. Banyak orang yang mengatakan bila pasta gigi bisa dengan cepat menghilangkan jerawat karena memiliki kandungan silika. Silica merupakan zat aktif yang dapat membantu mengeringkan jerawat.

Tetapi, jika Anda memilih menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat, hindari menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan mentol. Bahan ini akan membuat kulit menjadi iritasi dan menyebabkan kemunculan jerawat. Selain itu, tidak semua orang dapat menggunakan pasta gigi, terutama bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Bahan-bahan yang ada dalam pasta gigi dapat menyebabkan iritasi.

3. Menggunakan aspirin

Jangan salah, aspirin ternyata tak hanya digunakan untuk mengobati sakit kepala namun juga dapat mengurangi kemerahan yang terjadi di jerawat. Aspirin memiliki kandungan asam salisilat yang dapat mengelupas sel kulit mati serta mengurangi peradangan.

Agar dapat menghilangkan jerawat ini dengan cepat, Anda dapat menggunakan aspirin dengan cara membelahnya menjadi dua dan tumbuk menjadi bubuk. Beri sedikit air hingga berubah menjadi pasta dan oleskan tepat pada jerawat Anda yang sedang meradang.

Tips Hilangkan Bekas Jerawat

Setelah peradangan jerawat bisa diatasi, hal berikutnya yang mengganggu adalah bekas jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat, sebenarnya Anda tak boleh melakukan perawatan secara sembarangan. Anda harus memahami semua risiko yang menyertai dengan baik dan berbagai metode untuk mengembalikan kecerahan kulit.

Ada beberapa cara alami serta minim efek samping yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat:

1. Menggunakan madu

Madu menjadi bahan rumahan yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Madu akan sangat membantu mencegah bibir yang kering, serta panas dalam sehingga imunitas tubuh menjadi semakin meningkat.

Bukan hanya itu, madu sangat baik sebagai penghilang bekas jerawat. Madu juga bermanfaat untuk mengurangi terbentuknya jaringan parut pada luka. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu mengoleskan madu pada area yang memiliki bekas jerawat.

2. Menggunakan baking soda

Baking soda mampu bekerja dengan aktif untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga akan mengurangi bekas jerawat. Anda bisa mencampurkan baking soda dan air sampai berubah menjadi pasta, kemudian oleskan baking soda pada wajah. Tetapi, setelah menggunakan baking soda, Anda disarankan untuk menggunakan pelembab, agar kulit tak berubah menjadi kering. Gunakan masker baking soda tidak lebih dari 10-15 menit agar kulit tidak terlalu mengering. Anda juga bisa menggunakan baking soda sembari memijat wajah dan langsung dibilas oleh air.

3. Menggunakan lidah buaya

Tanaman ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit. Untuk rambut, lidah buaya berguna untuk menyuburkan, sedangkan untuk kulit kandungan dari tanaman ini bisa menyamarkan bekas jerawat serta mencerahkan area wajah yang gelap.

4. Menggunakan jus lemon

Tak hanya mempunyai rasa menyegarkan, lemon sangat efektif mengurangi bekas jerawat. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Kandungan vitamin C yang berada di buah lemon bisa menyamarkan bekas jerawat secara optimal. Namun, cara ini tak dianjurkan jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, karena rentan terjadi iritasi.

Agar peradangan jerawat tidak kembali terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti mencuci wajah sebelum tidur. Biasanya, rasa malas saat ingin mencuci wajah sangat wajar, apalagi setelah Anda melewati hari yang panjang. Namun, jangan sampai karena Anda tidak melihat kotoran pada wajah, Anda mengira jika wajah sudah bersih dan akhirnya tak mencucinya.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Manjur

Kenali Perbedaan AHA, BHA, dan PHA Sebelum Pakai Skincare

7 Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat

Selain mencuci wajah dengan baik, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak sayur dan buah. Beberapa penelitian menemukan kebiasaan mengkonsumsi sayur dan buah akan membantu mencegah kerusakan kulit, dan membantu penyembuhan jerawat. Anda juga bisa mengurangi konsumsi gula berlebihan. Dibandingkan dengan harus merasakan sakitnya jerawat pada wajah, akan lebih baik jika melakukan perawatan secara teratur bukan?

Namun jika jerawat sudah muncul, Anda bisa membantu mempercepat penyembuhannya dari dalam dengan suplemen kolagen seperti Skinista Frozen Collagen (Rp86.100) yang baik untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit dari dalam.

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Simak selengkapnya di Jovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gatal-karena-tungau

Gatal Karena Tungau, Atasi dengan Cara Ini

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-cacar-air-menular

Cacar Air: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022