fbpx
BerandaKesehatan LainnyaMempelajari Penyebab Dan Cara Mengatasi Telinga Bengkak

Telinga menjadi salah satu organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena berhubungan dengan indra pendengaran. Akan tetapi terkadang ada kejadian telinga bengkak yang menyebabkan kita menjadi kesulitan dan itu bisa jadi hal yang berbahaya.

Telinga Bengkak

Kita harus tahu secara pasti apa yang menjadi penyebab dari bengkak pada area telinga tersebut agar bisa diatasi dengan benar. Nah mari kita pelajari penyebab dan juga cara untuk mengatasinya dengan baik.

Penyebab Telinga Bengkak

Sebenarnya penyebab dari telinga yang mengalami bengkak itu sendiri ada beberapa, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Namun kebanyakan jika dibiarkan begitu saja, hasil akhirnya tetap saja menjadi satu hal yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Jadi kita harus tahu penyebabnya sedini mungkin agar supaya nantinya kita bisa menghadapi apapun yang menjadi penyebabnya dengan baik. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab dari telinga yang mengalami bengkak tersebut.

  1.     Radang Tenggorokan

Salah satu penyebab dari bengkaknya telinga adalah terjadinya radang pada tenggorokan, karena hal ini memang sangat berpengaruh. Ini masuknya sama dengan infeksi bakteri yang masuk melalui radang tenggorokan tersebut ke bagian telinga yang menyebabkan bengkak.

Jika memang ini masalahnya, biasanya akan ada gejala lain seperti amandel bengkak dan sulit menelan makanan. Solusinya adalah dengan makan makanan yang mudah ditelan terlebih dahulu seperti bubur dan sejenisnya dan jika memungkinkan gunakan pelembab udara di ruangan.

  1.     Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Penyebab dari telinga bengkak yang berikutnya yang mungkin bisa menjadi salah satu penyebab yang sangat berbahaya adalah kelenjar getah bening. Apabila terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening itu biasanya bengkaknya tidak hanya di bagian belakang telinga saja.

Bengkak yang terjadi bisa sampai ke bawah rahang, dan pembengkakan kelenjar getah bening di telinga itu biasanya terjadi ketika kita sedang pilek. Bila hal ini yang terjadi, maka segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang lebih baik.

  1.     Infeksi Telinga Bagian Tengah

Penyebab yang ketiga adalah adanya infeksi telinga bagian tengah atau biasa juga disebut dengan penyakit Otitis Media. Biasanya penyakit ini akan menimbulkan bengkak di telinga bagian belakang dan juga muncul beberapa gejala lainnya seperti demam dan sulit tidur. Selain itu juga biasanya akan muncul cairan di telinga dan juga penurunan nafsu makan yang terlalu signifikan. Kalau ini gejalanya, maka secepatnya periksakan ke dokter.

Cara Mengatasinya

Untuk cara mengatasinya sendiri memang ada beberapa ya, akan tetapi kebanyakan kita harus konsultasikan dulu dengan dokter. Biasanya akan diberikan antibiotik yang secara khusus bisa menangani infeksi bakteri yang mungkin terjadi di bagian telinga. Obat antibiotik ini akan diresepkan oleh dokter untuk menangani secara cepat telinga bengkak yang mungkin diakibatkan oleh infeksi.

Selain itu juga mungkin ada obat tetes telinga baik itu tetes ataupun juga semprot ke bagian telinga yang bisa meredakan pembengkakan. Obat ini akan bisa mengatasi infeksi dan juga peradangan yang terjadi pada bagian telinga yang mengalami pembengkakan tersebut. Itulah cara mengatasi yang disesuaikan juga dengan penyebab dari telinga bengkak.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan, “seringlah mencuci tangan untuk mengurangi kemungkinan terkena infeksi telinga skaligus mengurangi kemungkinan terkena pilek atau infeksi pernapasan lainnya, infeksi pernapasan.”

Gunakan produk FORUMEN EAR DROP 10 ML (Rp 46.700) untuk menjaga kebersihan telinga. Produk ini dapat mengencerkan kotoran pada telinga sehingga membuat telinga kembali bersih.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email Anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat Anda, unduh juga aplikasi Jovee. Tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan vitamin personal, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Penyebab_Impotensi

Hindari Penyebab Impotensi Di Usia Muda

Kesehatan Lainnya   07/10/2021
Lutut_Bengkak

Apa Penyebab Lutut Bengkak?

Kesehatan Lainnya   06/10/2021
Cara mengatasi mata bintitan

Cara Cepat Atasi Mata Bintitan

Kesehatan Lainnya   01/10/2021
Makanan_Penyebab_Bisul

4 Makanan Penyebab Bisul Bertambah Parah

Kesehatan Lainnya   30/09/2021
ciri hamil anak kembar

Tanda Awal Dan Ciri Hamil Anak Kembar

Kesehatan Lainnya   29/09/2021