fbpx
BerandaGaya Hidup SehatMengapa Vaksinasi Anak Penting Dilakukan?

Sebagai orang tua, pemberian vaksin pada anak sangat penting dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit menular seperti polio, hepatitis B, BCG, DPT, dan campak. Vaksinasi anak biasanya dilakukan sejak kelahiran bayi hingga usia 18 tahun. Vaksinasi adalah cara paling sederhana, aman, dan efektif untuk untuk melindungi kamu dan anak dari penyakit berbahaya.

vaksinasi-anak

Berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vaksin bekerja dengan merangsang tubuh untuk memproduksi antibodi yang dapat melawan virus atau bakteri penyebab infeksi. Vaksin mengandung bagian dari virus/bakteri yang sudah mati atau dilemahkan, sehingga vaksin tidak menyebabkan penyakit atau membuat kamu berisiko mengalami komplikasinya.

Bagaimana Cara Kerja Vaksin?

Saat vaksin masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh atau sistem imun akan merespons dengan mengenali patogen (virus, bakteri, parasit, atau fungi) yang menjadi penyebab penyakit. Setiap patogen memiliki bagian yang disebut dengan antigen, yang menyebabkan terbentuknya antibodi.

Antibodi adalah protein yang diproduksi secara alami oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Antibodi terbentuk sebagai respons dari sistem imun yang mengenali suatu patogen. Setiap antibodi diproduksi khusus untuk mengenali satu antigen tertentu.

Saat tubuh terpapar suatu antigen untuk pertama kalinya, butuh waktu bagi sistem imun untuk merespons dan memproduksi antibodi khusus untuk antigen tersebut. Setelah antibodi diproduksi, antibodi dan sistem imun lainnya akan menghancurkan patogen dan menghentikan penyakit.

Tubuh juga menciptakan sel-sel pengingat untuk memproduksi antibodi. Sehingga, jika tubuh terpapar penyakit kembali di masa depan, sistem imun dapat merespons dengan cepat.

Manfaat Vaksinasi Anak

Setelah ditemukannya vaksin, beberapa penyakit mematikan seperti polio dapat hilang sepenuhnya atau hampir punah. Oleh karena itu, pemberian vaksinasi pada anak dapat melindungi anak dari lebih banyak penyakit dibandingkan sebelumnya. Jika vaksinasi anak terus dilakukan, beberapa penyakit yang ada saat ini tidak akan lagi menjadi ancaman bagi anak-anak di masa depan.

Selain itu, vaksinasi anak juga melindungi orang lain di sekitarnya. Hal ini karena tidak semua orang dapat divaksinasi. Dengan memberikan vaksin pada anak, kekebalan kelompok akan terjadi. Sehingga, risiko penularan penyakit akan menjadi lebih kecil.

Macam-macam Vaksinasi Anak

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mewajibkan vaksinasi anak untuk mencegah sejumlah penyakit. Berikut ini macam-macam vaksinasi anak yang wajib diberikan.

1. Vaksin Hepatitis B

Vaksin anak hepatitis B berfungsi untuk mencegah penyakit hepatitis B yang menyerang hati. Penyakit hepatitis B dapat memicu kanker, jaringan parut, dan gagalnya fungsi hati. Vaksin ini diberikan sebanyak 4 kali, yang diberikan pada 12 jam sesudah bayi lahir, lalu saat usia bayi berumur dua, tiga, dan empat bulan.

2. Vaksin Polio

Vaksin ini berfungsi untuk mencegah penyakit polio. Polio adalah penyakit menular yang dapat memicu kelumpuhan permanen pada anak. Vaksin polio diberikan sebanyak 2 kali, yang diberikan saat bayi lahir, lalu saat usia bayi dua, tiga, dan empat bulan.

3. Vaksin BCG

Vaksin anak BCG diberikan untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC). Vaksin ini diberikan karena dalam beberapa kasus, tuberkulosis bisa berkembang menjadi meningitis yang lebih gawat.

4. Vaksin DPT

Fungsi pemberian vaksin ini adalah untuk melindungi anak dari penyakit difteri, tetanus, dan pertusis. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali, saat usia anak dua, tiga, dan empat bulan.

5. Vaksin Campak

Vaksin ini berfungsi untuk mencegah campak yang diakibatkan oleh virus. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali. Vaksin pertama diberikan saat usia anak 9 bulan, vaksin kedua saat usia anak 18 bulan dan vaksin ketiga diberikan saat usia anak 5-7 tahun.

Vaksinasi COVID-19 pada Anak Usia 6-11 Tahun

Pada Desember 2021, vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun di Indonesia mulai dijalankan secara bertahap. Pemberian vaksin COVID-19 pada anak ini penting dilakukan untuk melindungi anak kamu dari COVID-19, terlebih dengan munculnya varian terbaru dari COVID-19.

Vaksinasi melindungi dan membuat anak memiliki lebih kecil kemungkinan untuk menginfeksi orang lain, termasuk kamu dan anggota keluarga yang rentan seperti kerabat yang lebih tua atau orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Meskipun lebih sedikit anak yang sakit parah akibat COVID-19 dibandingkan orang dewasa, dalam beberapa kasus mereka dapat mengalami komplikasi COVID-19 yang parah. Selain itu, jika anak kamu tidak divaksinasi, mereka dapat menjadi pembawa virus dan menyebabkan penularan virus semakin luas.

Itulah mengapa vaksinasi anak penting dilakukan. Untuk mengoptimalkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak, kamu juga dapat memberikan suplemen yang kaya akan vitamin & mineral seperti Blackmores Koala Kids Body Shield – Daya Tahan Tubuh Anak (Rp185.682) yang dapat diperoleh di Jovee.

Simak artikel seputar vaksinasi anak dan tips kesehatan lainnya dari Jovee, pusat vitamin terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store dan dapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gaya hidup personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

4 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup Sehat   18/04/2022
cara-menjaga-kesehatan-kulit

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit bagi Wanita Karir

Gaya Hidup Sehat   30/03/2022
cara-membuat-kulit-wajah-kenyal-dan-lembab

Intip 5 Cara Membuat Kulit Wajah Kenyal dan Lembab Berikut Ini

Gaya Hidup Sehat   24/03/2022
jenis-olahraga-untuk-kecantikan

Inilah 7 Jenis Olahraga untuk Kecantikan

Gaya Hidup Sehat   23/03/2022
manfaat-minum-susu-sebelum-tidur-untuk-kecantikan

7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Gaya Hidup Sehat   22/03/2022