fbpx
BerandaKesehatan KulitMengenal 5 Manfaat Panthenol untuk Kulit Wajah

Dikenal juga sebagai vitamin B5, panthenol adalah zat kimia yang kini banyak ditemukan dalam berbagai jenis skincare dan produk perawatan tubuh. Tak seperti temannya, hyaluronic acid, panthenol tidak hanya membantu melembabkan kulit tetapi juga sebagai humektan dan emolien. Nah, ini nih yang buat kandungan ini semakin populer.

panthenol-untuk-wajah

Lalu, sebenarnya apa sih manfaat panthenol untuk kulit wajah lainnya? Mengutip dari berbagai sumber, ini 5 manfaat baik panthenol untuk wajahmu. Yuk, simak sampai akhir!

Beragam manfaat panthenol untuk wajah

Di samping manfaat terbaiknya untuk menghidrasi kulit, panthenol juga punya beberapa efek penting lainnya loh Jovians!

1. Meningkatkan retensi kelembapan kulit

Retensi kelembapan kulit adalah kemampuan kulit untuk menyimpan air dan menjaga hidrasi lapisan kulit. Panthenol dapat menembus lapisan kulit bawah dan meningkatkan kadar air dalam sel, sehingga dapat mempertahankan kelembapan bertahan lebih lama di dalam jaringan.

Ini berkat sifatnya sebagai humektan dan emolien. Humektan menarik dan mengikat air ke kulit, sementara emolien menutup celah-celah di kulit, menjaga agar air tetap terkunci.

2. Perkuat skin barrier kulitmu

Manfaat panthenol untuk wajah selanjutnya adalah memperkuat skin barrier kulitmu. Bagaimana caranya? Panthenol dapat meningkatkan perbaikan skin barrier dengan mencegah lapisan transepidermal kehilangan air.

Seiring dengan kelembapan kulit yang terjaga, hal ini juga membantu merangsang kinerja sel-sel yang meningkatkan fungsi pertahanan sel kulit. Bahkan, studi klinis menunjukkan bahwa penggunaan emolien setiap hari mencegah dermatitis atopik dengan meningkatkan skin barrier pada kulit. Skin barrier yang kuat dan sehat, akan mengunci kelembapan dan mencegahnya untuk hilang.

3. Memperlambat penuaan kulit

Punya khasiat utama sebagai humektan yang membantu mengunci dan mempertahankan kelembapan, panthenol juga dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit loh Jovians! Karena, kulit yang lembab turut mendukung elastisitas kulit agar tetap kenyal dan sehat.

Makanya, kulit lembab itu merupakan salah satu pertanda kulit sehat. Kulit kering cenderung lebih cepat menua, karena kelembapan yang hilang buat garis-garis halus lebih terlihat.

4. Membantu penyembuhan luka

Sel-sel yang meningkatkan fungsi skin barrier juga penting untuk penyembuhan luka. Itulah mengapa panthenol juga sering digunakan untuk cedera kulit ringan seperti luka bakar dan sengatan matahari nih, Jovians.

Ini dibuktikan pada sebuah studi tahun 2020 tentang peran panthenol, yang menyatakan panthenol sangat baik untuk luka pasca operasi, terutama bila digunakan segera setelah kerusakan kulit karena panthenol dapat meningkatkan regenerasi sel-sel kulit . Selain itu, penggunaannya juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit akibat sengatan matahari.

5. Sebagai antiinflamasi

Kegunaan panthenol untuk wajah ini juga bisa jadi pertimbangan kamu untuk mulai gunakan skincare dengan kandungan panthenol. Sifat panthenol yang melembabkan juga didukung oleh antiinflamasi yang dimilikinya. Menjaga kulit tetap lembab dapat membantu kulit untuk tidak mudah teriritasi dan sensitif.

Makanya, panthenol juga bisa digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit yang kasar, kering, gatal, dan kemerahan terkait kondisi kulit seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. Bahkan studi tahun 2019 menambahkan kalau panthenol dapat mengurangi kemerahan akibat cuaca musim dingin pada orang dengan kulit sensitif.

Efek samping panthenol

Panthenol umumnya dapat digunakan oleh semua orang. Layaknya senyawa lainnya, alergi mungkin dapat terjadi, meski kemungkinannya cukup kecil. Kamu dapat tanyakan pada dokter kulit mengenai penggunaan panthenol yang baik jika masih meragukan apakah kulitmu cocok dengan bahan ini. Atau, bisa juga dengan melakukan tes alergi.

Selain itu, panthenol juga dapat bekerja baik dengan sebagian besar bahan lainnya. Jadi, kamu dapat mengkombinasikan penggunaannya dengan bahan skincare lain jika dibutuhkan. Karena kemungkinan iritasi cukup kecil, menggunakan panthenol beberapa kali sehari juga seharusnya tidak menimbulkan masalah kulit.

Itulah 5 manfaat panthenol untuk wajah. Jika kamu ingin mencoba kandungan ini, kamu bisa gunakan Avoskin Your Skin Ultimate Panthenol 5% + Mugwort + Cica Serum. Mengandung panthenol 5%, ekstrak mugwort, dan ekstrak cica yang diformulasi khusus untuk mengisi skin barrier sebagai pelindung alami pada kulit, produk ini aman digunakan semua jenis kulit terutama kulit sensitif.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

benzoyl-peroxide-acne

Baik untuk Jerawat, Apa Itu Benzoyl Peroxide Acne?

Kesehatan Kulit   01/12/2022
manfaat-sandalwod-untuk-kulit

Tak Hanya Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Kesehatan Kulit   29/11/2022
kandungan-gliserin

Gliserin untuk Skincare, Apa Kegunaannya bagi Kulit?

Kesehatan Kulit   22/11/2022
manfaat-cleansing-balm

Bersih Maksimal, Ini 4 Manfaat Cleansing Balm

Kesehatan Kulit   21/11/2022
hydroquinone-tretinoin

Tretinoin dan Retinol: Apa Perbedaan dan Fungsinya?

Kesehatan Kulit   18/11/2022