fbpx
BerandaKesehatan KulitMengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Ada begitu banyak jenis dan prosedur treatment kecantikan di dunia. Tentu saja, semuanya bertujuan untuk memperbaiki kualitas kulit agar kembali sehat seperti semula. Meskipun tidak menjanjikan kesempurnaan 100 persen, tetapi treatment kecantikan dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

jenis laser wajah

Salah satu treatment kecantikan yang populer di seluruh dunia adalah laser wajah. Ada berbagai jenis laser wajah dengan fitur dan efek yang berbeda-beda. Meskipun semua jenis laser wajah terlihat sama, tetapi setiap prosedur laser memiliki efek yang berbeda-beda.

Untuk mengobati rasa penasaran kamu, kali ini Jovee merangkum macam-macam laser wajah dan fungsinya yang menarik untuk dikulik. Yuk simak apa saja jenis laser wajah dalam artikel berikut ini:

Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Laser, yang merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation adalah sumber cahaya berenergi tinggi dengan panjang gelombang tunggal (satu warna cahaya) yang dapat difokuskan secara akurat. Laser mengirimkan cahaya ke area-area yang terfokus untuk mencapai efek yang diinginkan.

Laser bersifat monokromatik, artinya laser hanya dapat memancarkan cahaya dengan satu panjang gelombang saja.

Laser bekerja dalam prosedur kosmetik melalui proses fototermolisis selektif, artinya memodulasi frekuensi cahaya (foto) untuk menghasilkan panas (termo) pada area tertentu yang akan dimusnahkan (lisis). Laser memancarkan panjang gelombang sinar yang selaras dengan warna target, baik berupa bintik coklat, kapiler merah pecah, atau kondisi kulit lainnya.

Secara umum, ada dua jenis laser dasar untuk treatment kecantikan yang paling populer, yaitu laser ablatif dan laser non-ablatif. Kedua jenis laser ini paling banyak dicari karena manfaat, hasilnya, dan alatnya yang lebih terjangkau untuk disediakan klinik.

Laser ablatif bekerja pada lapisan atas kulit, sedangkan laser non-ablatif bekerja lebih dalam pada lapisan kulit tanpa menghilangkan atau merusak lapisan atas kulit.

Dua jenis laser dasar ini mencakup berbagai kategori jenis laser dengan ratusan variasi dan nama merek, antara lain:

Laser CO2

Jenis laser ablatif ini menggunakan karbon dioksida atau CO2 untuk menghasilkan sinar inframerah. Laser CO2 ini adalah salah satu jenis laser wajah yang paling banyak digunakan karena energi yang dihasilkannya diserap dengan baik oleh air, yang terdapat dalam jumlah besar di jaringan tubuh. Laser CO2 ini memiliki efek samping berupa downtime selama tujuh hingga 10 hari, kulit yang akan frosting dan mengelupas, serta rasa perih, nyeri, dan bengkak..

Laser IPL

Laser IPL atau intense pulsed light lasers adalah jenis laser wajah yang dirancang untuk menciptakan gelombang cahaya yang intens yang sangat cocok untuk menembus pigmen warna merah dan coklat.

Laser IPL biasanya ditujukan untuk treatment rejuvenation, hair removal, dan acne. Untuk treatment rejuvenation, laser IPL mampu membantu mencerahkan wajah yang efeknya langsung dapat terlihat setelah perawatan. Namun, efek mencerahkan wajah ini hanya bertahan sekitar semingguan.

Kegunaan utama laser IPL dalam bidang dermatologis adalah untuk membantu mengatasi bercak coklat, seperti flek-flek pada wajah dan membantu meredakan peradangan pembuluh darah di bawah permukaan kulit.

Laser Erbium

Jika Anda pernah menjalani perawatan bekas luka dari dokter kulit, kemungkinan besar dokter tersebut menggunakan laser erbium.

Laser Erbium adalah jenis laser yang menggunakan logam putih untuk menghasilkan sinar inframerah. Laser ini juga efektif bila digunakan untuk treatment laser resurfacing.

Laser ini termasuk dalam jenis laser ablatif yang mengikis lapisan epidermis kulit dengan cara memanaskan jaringan kulit di bawahnya. Laser Erbium memancarkan cahaya inframerah dengan panjang gelombang 2.940 nm.

Laser Erbium dapat digunakan untuk membantu mengatasi berbagai keluhan, terutama dalam untuk mendapatkan sel kulit baru sehingga tekstur kulit jauh lebih baik, halus, dan tampak lebih muda.

Pulsed Dye Lasers

Pulsed Dye Lasers menghasilkan cahaya dengan panjang gelombang kuning yang dapat dengan mudah menembus pigmen warna merah. Karenanya jenis laser wajah ini sangat efektif untuk membantu mengatasi pembuluh darah yang meradang.

Pulsed dye laser merupakan salah satu jenis laser wajah yang terkemuka untuk mengatasi bekas jerawat dan pengobatan bekas luka.

Pulsed dye laser dirancang untuk membantu mengatasi masalah kemerahan pada kulit dan pembuluh darah dengan cara memancarkan sinar dengan panjang gelombang 510 nm atau 595 nm yang mempunyai target pada vaskular (pembuluh darah). Perawatan bisa berjalan setiap 1-2 bulan, dengan 4-6 sesi. Kondisi ini kurang lebih berlangsung selama enam bulan sebelum pada akhirnya hasil akan mulai terlihat.

Kelebihan Pulsed Dye Laser :

  • Relatif aman digunakan
  • Minim efek samping
  • Jenis laser non-ablatif, sehingga tidak menimbulkan luka
  • Efektif untuk mengatasi masalah pembuluh darah abnormal/vaskular

Laser Nd:YAG

Laser Nd:YAG menggunakan kristal garnet aluminium yttrium yang didoping neodymium untuk menghasilkan panjang gelombang inframerah yang memungkinkan dokter kulit menjangkau lapisan jaringan yang lebih dalam di bawah kulit dibandingkan jenis laser lainnya. Laser ini menggunakan laser dengan panjang gelombang 1064 nm sehingga memiliki kemampuan menembus lapisan kulit dalam tanpa merusak permukaan kulit luar.

Jenis laser ini dapat digunakan untuk mengobati vena laba-laba, varises, tanda lahir, vena wajah, dan tumor hemangioma. Ini juga efektif melawan bintik-bintik penuaan berpigmen coklat.

Namun, laser Nd:YAG tidak disarankan untuk kulit wajah yang sedang berjerawat, meradang, kemerahan atau iritasi, dan bruntusan.

Laser NdYAG ini memiliki banyak fungsi, di antaranya untuk treatment skin rejuvenate dan pigmentasi. Hasil dapat dilihat langsung dan lebih tahan lama dibanding IPL. Perawatan dengan laser ini boleh dilakukan tiap 3-4 minggu sekali.

Jika Anda memiliki kondisi kulit yang ingin diatasi, jadwalkan konsultasi dengan dokter kulit Anda untuk menilai laser mana yang terbaik untuk kondisi kulit Anda. Laser dapat menjadi cara yang efektif dan sederhana untuk memperbaiki penampilan kosmetik Anda dan membantu mengembalikan kepercayaan diri terhadap penampilan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023