fbpx

Mengenal Evening Primrose Oil, Manfaat dan Efek Sampingnya

by | Aug 11, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Evening primrose adalah tanaman yang berasal dari Amerika Utara dan tumbuh di Negara Eropa. Sedangkan evening primrose oil merupakan bentuk suplemen yang diekstrak dari biji tanaman dengan nama latin Oenothera biennis ini. Evening primrose oil disebut-sebut punya manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Biasanya orang-orang menggunakan suplemen ini untuk mengobati eksim, rheumatoid arthritis, sindrom pramenstruasi (PMS), nyeri payudara saat haid, dan meredakan gejala menopause

Apa itu minyak evening primrose oil?

Sejak dulu, minyak dari biji tanaman evening primrose sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional. Penduduk asli Amerika memanfaatkan seluruh bagian tanaman untuk mengobati memar dan akarnya untuk wasir (hemoroid). 

Sementara itu, daun evening primrose juga dipakai untuk menyembuhkan luka ringan, sakit tenggorokan, keluhan pencernaan, bahkan masalah kulit.

Suplemen minyak evening primrose mengandung asam lemak esensial omega 6, lebih tepatnya asam gamma-linolenic (GLA). Kandungan asam lemak di dalamnya dikatakan bisa mengurangi peradangan dan rasa nyeri. Inilah mengapa evening primrose oil dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. 

Sayangnya, hasil penelitian yang ada masih beragam dan diperlukan studi lebih dalam terkait efektivitas evening primrose oil dalam menyembuhkan penyakit serta masalah kesehatan lainnya.

Manfaat konsumsi evening primrose oil

Minyak evening primrose biasanya tersedia dalam bentuk kapsul. Berdasarkan penelitian R. Muggli tahun 2005, konsumsi evening primrose oil bisa membantu meningkatkan kelembaban, elastisitas, serta tekstur kulit. 

Suplemen ini juga mampu mencegah terjadinya TEWL (Transepidermal Water Loss), yakni hilangnya air dari dalam tubuh melalui epidermis (lapisan kulit luar). 

Peran evening primrose oil dalam memelihara kesehatan serta fungsi kulit ini dikarenakan kandungan asam lemak esensial GLA di dalamnya. Asam lemak esensial pun dikenal dengan kemampuannya meredakan peradangan. Makanya, suplemen ini juga sering digunakan untuk masalah jerawat.

Tidak hanya untuk kesehatan kulit, suplemen ini juga bermanfaat untuk sejumlah penyakit di bawah ini, antara lain:

1. Kerusakan saraf akibat diabetes (neuropati diabetik)

Konsumsi evening primrose oil setiap hari selama 6 – 12 bulan dapat meringankan gejala kerusakan saraf yang disebabkan penyakit diabetes. Anthonia O., dkk juga mengatakan, dalam penelitiannya, bahwa kombinasi suplemen ini dan vitamin E bisa meredakan gejala neuropati diabetik tingkat ringan sampai sedang.

2. Osteoporosis

Suplemen evening primrose oil yang dikonsumsi bersamaan dengan minyak ikan dan kalsium dipercaya dapat menghambat hilangnya kepadatan tulang. Selain itu, kombinasi suplemen tersebut juga mampu meningkatkan kepadatan tulang pada orang lanjut usia yang memiliki osteoporosis.

3. Eksim atau dermatitis atopik

Suplemen yang dikonsumsi secara oral sebanyak 6 gram setiap hari dalam 3 – 5 bulan mampu mengurangi tingkat keparahan dan gejala eksim, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Studi lain menyatakan bahwa pemakaian krim yang mengandung evening primrose selama 2 minggu juga bisa meredakan gejala eksim.

Selain itu, suplemen evening primrose oil diyakini dapat menyembuhkan dan meredakan kondisi di bawah ini, yaitu:

  • PMS.
  • Nyeri payudara saat menstruasi (mastalgia).
  • Hot flashes atau keadaan gerah saat malam hari yang biasanya muncul sebagai gejala menopause.
  • Rheumatoid arthritis.
  • ADD dan ADH, yakni gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas.
  • Asma.
  • Tekanan darah tinggi saat hamil (preeklamsia).

Sayangnya, masih belum ada studi dan bukti yang kuat terkait evening primrose oil dan manfaatnya terhadap penyakit-penyakit di atas.

Efek samping evening primrose oil

Jika dikonsumsi sebanyak 6 gram sehari dalam jangka pendek (kurang lebih sampai setahun), umumnya evening primrose oil tidak menimbulkan efek samping. Tetapi pada sebagian orang, konsumsi suplemen ini bisa memicu timbulnya gejala:

  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Diare
  • Mual
  • Pusing
  • Ruam

Evening primrose oil bisa meningkatkan risiko perdarahan pada orang yang sedang mengonsumsi obat anti penggumpalan darah. Suplemen ini juga bisa meningkatkan risiko kejang, mual serta muntah berat pada orang yang sedang dalam pengobatan skizofrenia atau gangguan psikotik lainnya.

Oleh karena itu, sebelum konsumsi evening primrose oil, sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahli gizi terkait dosis dan efek samping yang mungkin dapat timbul sesuai dengan kondisi kesehatan serta gaya hidup Anda. Dengan Evening Primrose Jovee yang sudah ditinjau tim dokter profesional, Anda bisa memperoleh manfaat maksimal dan tidak perlu khawatir karena rekomendasi vitamin dan suplemen telah disesuaikan dengan Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi:

  1. Annette M. 2019. 10 Benefits of Evening Primrose Oil and How to Use It.
  2. Web MD. Evening Primrose Oil.
  3. Melinda R. 2019. Evening Primrose Oil.
  4. NIH. 2016. Evening Primrose Oil.
  5. Mayo Clinic. 2017. Evening Primrose.
  6. Muggli R. 2005. Systemic evening primrose oil improves the biophysical skin parameters of healthy adults. International Journal of Cosmetic Science. 27(4), 243-249. https://doi.org/10.1111/j.1467-2494.2005.00274.x.
  7. Ogbera, A. O., dkk. 2014. Treatment of diabetes mellitus-associated neuropathy with vitamin E and Eve primrose. Indian journal of endocrinology and metabolism, 18(6), 846–849. https://doi.org/10.4103/2230-8210.140270.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional