fbpx
BerandaVitamin & SuplemenMengenal Fungsi Vitamin K1 di dalam Tubuh

Vitamin K adalah nutrisi mikro esensial yangbersifat larut lemak dan dikenal dengan fungsi vitalnya dalam fungsi trombosit darah serta pembekuan darah. Vitamin ini memiliki dua bentuk aktif, yaitu vitamin K1 dan K2. Meskipun punya manfaat yang sama, sumber dan fungsinya di dalam tubuh berbeda. Jika vitamin K2 banyak terkandung pada makanan fermentasi dan produk hewani, kebutuhan vitamin K1 bisa didapat dari produk nabati. Lalu, apa saja fungsi dari vitamin K ini?

apa-saja-fungsi-vitamin-k-1

Peran dan fungsi vitamin K1 di dalam tubuh

Secara umum, peran vitamin K dalam tubuh adalah mengaktifkan protein-protein pembekuan darah, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah penyakit jantung. Tetapi ternyata, proses penyerapan serta fungsi vitamin K1 dan K2 sedikit berbeda. Vitamin K yang bersumber dari tumbuhan ini diyakini hanya bisa diserap oleh tubuh sebanyak 10% dari total kadar di dalam makanan tersebut. Sedangkan, menurut penelitian Joline WJ Beulens, vitamin K2 lebih mudah diserap tubuh karena terdapat pada makanan yang mengandung lemak. Hal ini disebabkan karena sifatnya yang larut lemak. Selain itu, beberapa peneliti percaya bahwa vitamin K2 akan beredar di dalam darah selama berhari-berhari dan bisa lebih bermanfaat bagi jaringan-jaringan tubuh. Sedangkan vitamin K1 hanya mengalir dalam darah selama beberapa jam dan, menurut Cees Vermeer, sebagian besar akan dikirimkan serta dicerna oleh organ hati. Apa saja fungsi vitamin K?

1. Membantu proses pembekuan darah

Baik vitamin K1 dan K2, keduanya ikut andil dalam proses pembekuan darah dengan mengaktifkan agen-agennya seperti protrombin dan inhibitor koagulasi. Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Leon J Schurgers dan rekan-rekannyamenunjukkan bahwa peran vitamin K2 mungkin lebih besar dibandingkan K1 dalam mempercepat pembekuan darah.

2. Menjaga fungsi dan kesehatan tulang

Peran penting vitamin K1 selanjutnya adalah membentuk protein osteocalcin yang membantu penyerapan kalsium fosfat ke dalam tulang. Protein ini, bersama dengan vitamin K, yang kemudian berperan dalam pertumbuhan tulang. Fungsi lain dari vitamin K2 dan vitamin K1 adalah mengurangi gejala osteoporosis dan meredakan memar.

3. Mencegah dan mengobati gangguan defisiensi vitamin K

Vitamin K1, dalam bentuk suplemen, biasa digunakan untuk pengobatan dan pencegahan gangguan kesehatan akibat kekurangan (defisiensi) vitamin K. Defisiensi vitamin K umumnya terjadi pada bayi baru lahir dan bayi ASI eksklusif. Karena usus bayi belum bisa memproduksinya dan kandungannya dalam ASI juga sedikit, asupan vitamin K yang dapat disimpan organ hati jadi terbatas. Kondisi defisiensi ini bisa dicegah dengan pemberian vitamin K segera setelah bayi lahir.

Sumber makanan vitamin K1

Setelah memahami apa saja fungsi vitamin K, kini Anda perlu mengetahui kebutuhan harian asupannya. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 28 Tahun 2019, kebutuhan vitamin K ini berbeda-beda tergantung usia. Pada anak usia 0 bulan sampai – 12 tahun, vitamin K yang dibutuhkan per harinya berkisar antara 5 – 35 mikrogram. Sedangkan, vitamin K yang dibutuhkan pria dewasa sebanyak 65 mikrogram dan wanita dewasa sebesar 55 mikrogram per hari. Beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin K1 adalah sayur-sayuran, seperti lobak hijau, bayam, brokoli, tauge, selada, asparagus, collard hijau, dan alpukat. Vitamin K1 ini juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen dan ditambahkan ke dalam makanan olahan Blackmores Calcimag Multi 60 Kap – Vitamin Tulang – Vitamin D3 (Rp133.919) adalah suplemen yang mempunyai vitamin K1 lho!

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Ditulis oleh: Alifia Daariy Referensi: Juniper R. Differences Between Vitamin K1 & K2. ​Keith P. 2017. Vitamin K1 vs K2: What’s the Difference? BASF. Vitamin K1. Cees V. 2012. Vitamin K: the effect on health beyond coagulation – an overview. Joline W.J.B., dkk. 2013. The role of menaquinones (vitamin K₂) in human health.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-sakit

Anak Sering Sakit? Ini 9 Vitamin Anak untuk Perkuat Imunitas

Vitamin & Suplemen   06/09/2022