fbpx
BerandaKesehatan LainnyaMengenal Husband Stitch dan Dampaknya Pada Ibu

Sempat viral, husband stitch merupakan jahitan ekstra usai melahirkan yang diterima ibu. Tindakan ini cenderung dilakukan tanpa persetujuan ibu. Oleh sebab itulah mengapa istilah ini jadi viral beberapa saat lalu. Nah, sebenarnya apa itu husband stitch dan dampaknya pada ibu usai melahirkan? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut!

husband-stitch

Apa itu husband stitch?

Menurut Medical News Today, husband stitch adalah jahitan ekstra yang mungkin diterima beberapa ibu setelah melahirkan. Jahitan ini dilakukan untuk memperbaiki robekan alami yang terjadi pada saat persalinan, dengan tujuan untuk mengencangkan vagina kembali seperti kondisi sebelum melahirkan.

Penting untuk diketahui bahwa umumnya tindakan ini bukanlah tindakan yang disetujui oleh pasien. Husband stitch juga dikenal dengan sebutan husband’s knot, daddy stitch, atau vaginal tuck.

Persalinan normal dapat menyebabkan robekan pada vagina, dan terkadang robekan ini meluas ke area rektum. Jahitan memang diperlukan dalam beberapa kasus, namun jahitan di lubang vagina seharusnya hanya dilakukan jika terjadi komplikasi selama kehamilan.

Sejarah husband stitch

Husband stitch atau ‘jahitan suami’ mungkin lebih tepat dilakukan jika adanya tindakan episiotomi. Episiotomi adalah sayatan bedah yang dibuat di area perineum, area antara vagina dan anus. Sayatan ini dilakukan untuk melebarkan vagina agar persalinan jadi lebih mudah.

Sejak tahun 1920-an, ada kepercayaan dalam dunia medis bahwa episiotomi membuat sayatan menjadi lebih bersih dan lebih cepat sembuh. Selain itu episiotomi juga dilakukan untuk mencegah robekan yang lebih parah akibat persalinan.

Tetapi mulai tahun 1980-an, penelitian secara mendalam tentang episiotomi dirilis, menunjukkan bahwa episiotomi menyebabkan banyak masalah, termasuk membuat trauma jaringan yang lebih parah dan hasil negatif jangka panjang lainnya, seperti hubungan seks yang menyakitkan.

Mengapa husband stitch dilakukan?

Dokter menyatakan bahwa prosedur ini dapat menjaga ukuran dan bentuk vagina, yang baik untuk meningkatkan frekuensi orgamse ataupun meningkatkan kenikmatan pria saat berhubungan seksual. Oleh sebab itulah, jahitan ekstra ini dinamakan husband stitch.

Dilansir dari situs yang sama, sebenarnya jahitan ekstra ini bukanlah prosedur medis resmi. Hingga saat ini tidak ada penelitian atau dokumen mendis untuk menunjukkan seberapa banyak wanita yang telah menerima prosedur ini, atau seberapa sering prosedur ini dilakukan.

Hal yang menjadi perdebatan adalah, terdapat beberapa wanita yang melaporkan bahwa mereka mendapatkan husband stitch tanpa persetujuan mereka. Padahal, menurut WHO, ketika prosedur episiotomi hendak dilakukan, tenaga medis akan menggunakan anestesi lokal sehingga persetujuan pasien sangat diperlukan.

Sayangnya, seorang wanita mungkin tidak mengetahui bahwa ia telah mendapatkan tindakan ini sampai efek samping muncul pada pasca persalinan. Di sisi lain, meski tindakan ini ditujukan untuk meningkatkan kenikmatan saat berhubungan intim, faktanya jahitan ekstra malah menyebabkan hubungan seks yang menyakitkan bagi kedua pasangan.

Tugas dokter sebagai obgyn adalah membantu memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak akibat persalinan. Oleh sebab itu, husband stitch menjadi tindakan yang salah karena ditujukan untuk memanipulasi ukuran alami lubang vagina tanpa persetujuan dari pasien.

Lalu, apakah husband stitch sebenarnya diperlukan? Jawabannya adalah tidak. Vagina adalah otot yang dapat kembali ke keadaan semula sebelum melahirkan, meski membutuhkan waktu dan usaha tambahan seperti senam kegel. Selain itu, tidak ada keuntungan yang didapatkan bagi wanita dari tindakan ini.

Dampaknya pada wanita

Selain bukan prosedur medis resmi, husband stitch juga menghasilkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan dan psikologis wanita. Meski banyak wanita yang sembuh tanpa masalah apa pun, beberapa dari mereka yang menerima prosedur ini mungkin akan mengalami komplikasi seperti berikut:

  • Rasa sakit di sayatan
  • Pendarahan yang persisten
  • Kebocoran urin atau feses
  • Tanda-tanda infeksi, seperti nanah, bau tidak sedap, atau bengkak di luka sayatan
  • Rasa sakit yang terus menerus pada vagina
  • Ketidakmampuan menggunakan pembalut jenis tampon
  • Munculnya jaringan parut
  • Trauma emosional

Jesanna Cooper, seorang dokter obgyn, mengatakan, “Terlepas dari robekan terjadi dengan sendirinya atau sebagai akibat dari episiotomi, tidak mungkin untuk membuat vagina jadi lebih kencang dengan jahitan,” ucapnya, dilansir dari Healthline.

Saat ini, tujuan dari perbaikan vagina pasca melahirkan bukanlah untuk mengencangkan vulva atau vagina, melainkan untuk menyatukan kembali kulit yang robek agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Jika kamu curiga bahwa kamu mendapatkan husband stitch usai melahirkan, kamu bisa mendiskusikan hal ini pada dokter atau tenaga medis yang dipercaya. Profesional medis dapat dinyatakan bersalah jika mereka melakukan jahitan ekstra ini tanpa persetujuan pasien.

Itulah penjelasan lengkap mengenai husband stitch beserta dampaknya pada wanita usai melahirkan. Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Temukan juga berbagai suplemen daya tahan tubuh, seperti Blackmores, Wellness, dll. hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-agar-cepat-haid-saat-telat

Telat Haid? Coba 5 Cara Agar Cepat Haid Saat Telat Ini

Kesehatan Lainnya   09/08/2022
penyebab-jerawat-di-jidat

5 Penyebab Jerawat di Jidat dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   08/08/2022
jamur-di-selangkangan

Selangkangan Gatal? Hati-hati Infeksi Jamur Ini

Kesehatan Lainnya   04/08/2022
kanker-tenggorokan

Kanker Tenggorokan: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   03/08/2022

Wanita Wajib Tahu, Ini Dia Urutan Cara Make-up Natural

Kesehatan Lainnya   02/08/2022