fbpx
BerandaKesehatan LainnyaMengenal Istilah Lucid Dream Pada Sebagian Orang

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

lucid-dream

Banyak sering terdengar tentang pameo yang mengatakan bahwa mimpi adalah bunga tidur. Di mana kejadian dalam mimpi merupakan salah satu yang tidak dapat diprediksi sebelumnya, sehingga tak jarang ketika tersadar, memberikan gambaran tertentu pada diri seseorang, seperti halnya orang yang mengalami Lucid Dream.

Lucid Dream adalah sebuah keadaan yang terjadi dalam mimpi dan seseorang tersebut menyadari keadaannya ketika bermimpi dan mampu mengendalikan yang terjadi. Hal tersebut dapat terjadi pada saat seseorang tengah memasuki tahapan terakhir dalam proses tidur, yang mana dinamakan dengan REM atau rapid eye movement.

Pada tahap terakhir tersebut, ditemui proses pernapasan, pergerakan bola mata serta detak jantung menjadi lebih cepat dari yang sebelumnya melambat. Hal tersebut terjadi pada saat kondisi tubuh seseorang tengah terlelap. Sehingga banyak yang mengidentifikasi bahwa fenomena Lucid Dream dapat dijumpai pada tahapan tidur terakhir ini.

Karena pada saat bermimpi tersebut, seseorang diliputi rasa sadar yang cukup, tak heran mimpi yang terproyeksi tersebut menjadi dapat dikendalikan oleh sang empunya mimpi. Di mana hal itu akhirnya memacu detak jantung, sistem pernapasan dan gerak bola mata yang sebelumnya melambat berangsur menjadi lebih cepat dan aktif.

Dapatkan Orang-orang Mengalami Fenomena Lucid Dream?

Setelah mengetahui Lucid Dream adalah mimpi secara sadar, maka timbul pertanyaan yakni apakah semua orang bisa mengalami hal tersebut? Jawabannya ya bisa. Hal ini karena setiap orang telah dibekali kemampuan guna menyadari kondisi tengah bermimpi, namun yang menjadi perbedaan adalah seberapa cepat respons terkait hal tersebut.

Paling tidak, setiap orang pastinya akan mengalami fenomena yang dinamakan dengan istilah Lucid Dream tersebut dalam seumur hidupnya baik itu sengaja ataupun tidak disengaja. Namun kembali lagi, konteks kesadaran menjadi hal yang juga dipertimbangkan untuk mengetahui fenomena tersebut tengah terjadi pada proses tidur seseorang.

Fakta Seputar Lucid Dream Yang Perlu Diketahui

Ketika seseorang tengah mengalami fenomena bermimpi secara sadar tersebut, ada beberapa fakta yang dapat menjadi informasi menarik di dalamnya, yakni:

Kemampuan yang Berbeda

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dalam fenomena mimpi sadar ini, seseorang dianugerahi kemampuan yang berbeda-beda dalam upaya mengendalikan mimpinya. Ada seseorang yang mampu merangkai cerita manipulasi yang menyenangkan, namun ada pula yang terbangun dalam keadaan sedang bermimpi pula. Hal tersebut kembali pada kondisi dari si pemimpi.

Makanan dapat Memicu Lucid Dream

Dipercaya atau tidak, bahwa makanan ternyata juga dapat menjadi pemicu dari Lucid Dream. Hal ini diperoleh dari studi dari individu yang melakukan konsumsi vitamin B-6 240 mg sebelum tidur selama 4 malam, diyakini akan memudahkan dalam mengingat mimpi ketika sadar, sehingga dapat mengkorelasikannya dengan mimpi yang diterima.

Selain itu, meditasi juga menjadi salah satu pemicu juga dalam penciptaan kesadaran bermimpi. Biasanya memori yang dibangun pada saat meditasi akan kembali terproyeksi pada saat mengalami Lucid Dream nantinya.

Terapi melalui Lucid Dream

Nyatanya, Lucid Dream juga dapat menjadi sarana untuk mengurangi kecemasan atau ketakutan yang timbul akibat dari mimpi yang buruk. Dengan mampu melakukan kontrol dalam mimpi, maka hal-hal buruk yang terjadi dalam mimpi dapat diminimalisir dan membuat seseorang dapat mengatasi rasa ketakutan maupun kecemasannya.

“Pada beberapa penelitian, lucid dream mungkin dapat membantu memecahkan masalah yang berhubungan dengan kreativitas, menimbulkan ide, ataupun wawasan baru,” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Itulah tadi penjelasan tentang Lucid Dream, di mana Lucid Dream adalah sebuah fenomena bermimpi secara sadar sehingga seseorang memiliki kontrol diri terhadap mimpi tersebut.

Simak artikel seputar tips dan trik kesehatan lainnya dari Jovee, pusat vitamin terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu. Cari tahu pula tentang suplemen yang kamu butuhkan dengan berkonsultasi secara gratis dengan nutrisionis Jovee.

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Telinga Bengkak

Mempelajari Penyebab Dan Cara Mengatasi Telinga Bengkak

Kesehatan Lainnya   24/09/2021
Jari tangan bengkak

Beberapa Penyebab Jari Tangan Bengkak

Kesehatan Lainnya   24/09/2021
Langit langit mulut bengkak

Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak Dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   20/09/2021
cara-meluruskan-rambut-keriting

Beberapa Cara Meluruskan Rambut Keriting

Kesehatan Lainnya   06/09/2021
manfaat-minyak-tawon

Manfaat Minyak Tawon untuk Atasi Keluhan Kesehatan

Kesehatan Lainnya   30/08/2021