fbpx
BerandaKesehatan KulitMengenal Jenis-jenis Kulit: Sudah Tau Perawatan yang Tepat untuk Kulitmu?

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ini dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari genetik, cuaca, hingga gaya hidup. Dengan perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit, kulit sehat dan glowing akan lebih mudah untuk dicapai loh! Karena, kebutuhan setiap jenis kulit sangatlah berbeda.

manfaat-sebum

Sebelum mengetahui perawatan kulit apa yang tepat, tentunya kamu harus mengenal jenis kulitmu terlebih dahulu. Apakah kulitmu berminyak? Sensitif? Atau kering? Tak perlu khawatir, kalau kamu masih bingung, simak artikel berikut sampai habis yuk! Jovee akan jelaskan mengenai jenis-jenis kulit sekaligus perawatan yang berdasarkan jenis kulit.

Mengenal Jenis-jenis Kulit

jenis-jenis-kulit

Setiap jenis kulit punya karakter uniknya masing-masing. Ada 5 jenis kulit, yakni kulit normal, berminyak, sensitif, kering, dan kombinasi.

1. Kulit Normal

Seperti apa sih kondisi kulit normal? Nah, jika kulitmu tidak terasa kering, tidak begitu berminyak, dan tak mudah kemerahan karena produk baru, tandanya kamu punya jenis kulit normal nih, Jovians. Dilansir dari WebMD, ini ciri-ciri kamu punya jenis kulit normal.

  • Tidak bertekstur, bersih, dan lembut
  • Tidak memerlukan perawatan khusus
  • Pori-pori yang kecil
  • Tidak begitu sensitif

2. Kulit Berminyak

Panas matahari buat wajahmu berkilau dan terasa berminyak? Tandanya kamu punya jenis kulit berminyak atau oily skin. Ini disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih, dan disebabkan oleh banyak faktor seperti genetik, lingkungan, hingga hormon. Ciri-ciri jenis kulit berminyak meliputi:

  • Pori-pori besar dan terbuka
  • Kulit terlihat kusam atau mengkilat
  • Berkomedo, berjerawat, atau masalah kulit lainnya

Beberapa faktor juga dapat memperparah produksi sebum pada jenis kulit ini, seperti:

  • Pubertas
  • Stres
  • Cuaca yang panas dan lembab

3. Kulit Kering

Sangat berbeda dengan kulit berminyak, jenis kulit kering umumnya terasa kasar, bahkan tak jarang bersisik dan mengelupas yang disertai dengan rasa perih jika terlalu kering. Ciri-ciri kamu miliki kulit kering meliputi:

  • Pori-pori yang sangat kecil
  • Terlihat kusam dan terasa kasar
  • Kemerahan
  • Kurang elastis dan terasa kesat
  • Garis-garis halus yang lebih terlihat

Kulit kering juga bisa menjadi lebih parah karena berbagai faktor, seperti:

  • Gen dan perubahan hormon
  • Cuaca dingin dengan kelembapan yang rendah
  • Paparan sinar UV
  • Mandi terlalu lama
  • Pengobatan tertentu
  • Bahan skincare yang tidak cocok

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kulit Kering

4. Kulit Sensitif

Memiliki jenis kulit yang satu ini, seringkali buat seseorang jadi lebih sulit mencari produk perawatan yang tepat. Karena pemicunya bermacam-macam, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kandungan produk apa yang tidak cocok untuk kulitmu. Ciri-ciri jenis kulit sensitif meliputi:

  • Kemerahan
  • Gatal
  • Kulit terasa perih
  • Kulit terasa kering

Kulit sensitif biasanya disebabkan oleh skin barrier yang rusak, sehingga memudahkan masuknya mikroorganisme dan zat iritan dan meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi dan reaksi alergi. Umumya, diperlukan perawatan ekstra untuk merawat jenis kulit ini.

Baca juga: Ciri-ciri Kulit Sensitif dan Cara Mengatasinya

5. Kombinasi

Sedikit berbeda dari jenis kulit lainnya, kulit kombinasi adalah penggabungan dua jenis kulit, umumnya kulit berminyak dan kering. Kulit berminyak biasanya ada pada area t-zone wajah, sedangkan area lainnya cenderung lebih kering. Ciri-ciri kulit kombinasi pada umumnya meliputi:

  • Pori-pori besar
  • Berkomedo
  • Kulit yang lebih berkilau karena produksi sebum berlebih di area wajah tertentu

Perawatan Tepat Sesuai Jenis Kulitmu

jenis-jenis-kulit

Setelah mengenal jenis-jenis kulit, sekarang saatnya temukan cara merawat yang tepat. Karena, kulit yang tidak dirawat dengan baik akan muncul berbagai keluhan sesuai jenis kulitmu. Misalnya, jerawat pada kulit berminyak, kemerahan pada kulit sensitif, hingga tanda-tanda penuaan pada kulit kering. Tak perlu cemas, berikut ini cara perawatan yang tepat berdasarkan jenis kulitmu.

1. Kulit Normal

Pada kulit normal, umumnya tidak memiliki masalah kulit yang begitu berarti. Jenis kulit ini juga relatif aman untuk gunakan berbagai macam jenis produk perawatan kulit, karena tidak begitu sensitif. Cukup lakukan perawatan dasar, seperti mencuci wajah, menggunakan sunscreen, hingga memenuhi asupan cairan tubuh.

2. Kulit Berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, hindari produk skincare yang dapat menutup pori-pori. Pilihlah skincare dengan label non comedogenic, suitable for oily skin, dan pilih pelembab berbahan dasar air yang ringan agar tidak memicu jerawat dan komedo.

Selain itu, perhatikan juga untuk:

  • Tidak mencuci wajah lebih dari dua kali sehari
  • Menggunakan pencuci wajah yang lembut
  • Tidak menyentuh wajah, memencet jerawat, dan mencabut paksa komedo. Ini akan memperparah masalah kulitmu dan meningkatkan iritasi.

3. Kulit Kering

Memastikan kelembapan kulit terjaga adalah kunci dalam perawatan kulit kering. Gunakan pelembab dengan kandungan minyak, atau yang mengandung kandungan moisturizer tinggi seperti hyaluronic acid, glycerin, atau ceramide. Selain itu, perhatikan juga untuk:

  • Tidak mandi terlalu lama, serta gunakan air panas untuk mandi atau mencuci muka
  • Aplikasikan kembali moisturizer beberapa kali sehari, terutama setelah mandi
  • Minum banyak air putih
  • Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan

5. Kulit Sensitif

Fokus pada skincare minim kandungan dan berlabel suitable for sensitive skin. Sama seperti kulit kering, kulit sensitif juga perlu untuk menjaga kelembapan kulit untuk meminimalisir iritasi. Hindari juga zat iritan yang memicu reaksi kulit, ataupun produk skincare dengan kandungan bahan-bahan yang cukup keras seperti eksfoliasi kimia.

5. Kombinasi

Pada kulit kombinasi, kamu bisa gabungkan perawatan kulit kering dan berminyak secara bersamaan. Gunakan skincare untuk kulit berminyak pada area t-zone, dan skincare untuk kulit kering pada area wajah lainnya.

Nah, itulah info mengenai jenis-jenis kulit serta perawatan yang tepat berdasarkan jenis kulit. Ingat, tubuh yang sehat juga akan mempengaruhi kondisi kulitmu. Terapkan gaya hidup sehat, bila perlu konsumsi suplemen kulit seperti Blackmores Evening Primrose Oil & Fish Oil (Rp347.998).

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023