fbpx
BerandaMakanan SehatMengenal Makanan Aphrodisiac, Makanan untuk Meningkatkan Gairah Seksual

Saat gairah seksual menurun, kebanyakan orang akan menggunakan obat-obatan ataupun suplemen peningkat libido untuk meningkatkan gairah seksual. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang makanan aphrodisiac? Menurut Healthline, aphrodisiac adalah obat atau makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kenikmatan saat berhubungan, dan meningkatkan kinerja seksual.

makanan-aphrodisiac

Mengonsumsi makanan aphrodisiac dapat menjadi pilihan alami untuk meningkatkan libido kamu. Lalu, apa saja makanan yang termasuk dalam aphrodisiac? Mari simak artikel berikut ini.

Makanan Aphrodisiac

Makanan aphrodisiac mengandung senyawa yang dianggap dapat meningkatkan libido atau gairah seksual. Senyawa ini sebenarnya banyak ditemukan dalam sayuran hijau dan buah-buahan. Namun, beberapa di antaranya bisa saja hanyalah efek plasebo. Berikut ini beberapa makanan aphrodisiac yang telah terbukti dapat meningkatkan libido.

1. Tribulus Terrestris

Tanaman tribulus atau rujak polo (bindii) disebut merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual. Tanaman berdaun kecil ini adalah tanaman herbal yang cukup populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda.

Mengonsumsi 750 mg tribulus terrestris setiap hari terbukti dapat meningkatkan kepuasan seksual pada 88% wanita dalam sebuah penelitian. Penelitian lain juga menunjukkan kepuasan seksual meningkat pada 73% pria setelah mengonsumsi 750-1.000 mg tribulus.

2. Ginseng Merah

Ginseng diperkirakan ditemukan lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan sejak itu digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk meningkatkan libido. Beberapa penelitian telah mengamati bahwa ginseng, terutama ginseng merah dapat meningkatkan fungsi ereksi.

Selain itu, ginseng merah juga ditemukan dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, yang membantu memperlancar sirkulasi darah dan membantu otot-otot penis lebih rileks. Meskipun begitu, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi ginseng bersamaan dengan obat pengencer darah dapat mengganggu kinerja obat. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika kamu ingin mengonsumsi ginseng yang disertai dengan obat-obatan.

3. Saffron

Saffron atau crocus sativus, adalah tanaman herbal yang berasal dari Iran, India, dan Yunani. Saffron ditemukan berpotensi meningkatkan perbaikan pada disfungsi seksual yang disebabkan oleh antidepresan pada pria dan wanita. Selain itu, saffron juga dapat membantu fungsi ereksi, hasrat seksual, dan kepuasan pada pria.

4. Cokelat

Menurut New York Times, suku Maya dan Aztec dipercaya telah menggunakan kakao sebagai makanan aphrodisiac, yang meningkatkan kepuasan seksual dan libido. Cokelat mengandung asam amino ‘L-arginin’ yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan memproduksi oksida nitrat untuk melebarkan pembuluh darah. Studi lain juga menemukan L-arginin dapat mengatasi disfungsi ereksi.

Selain jadi salah satu makanan aphrodisiac, kandungan senyawa di dalam cokelat juga dapat meningkatkan suasana hati.

5. Akar Maca

Di Amerika Selatan, akar maca memiliki julukan ‘Viagra Peru’ dikarenakan kemampuannya untuk meningkatkan libido dan kesuburan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2022 yang mencatat bahwa 42% pria yang mengonsumsi 1.500-3.000 mg maca setiap harinya mengalami peningkatan gairah seksual.

Dalam penelitian lainnya, maca juga ditemukan dapat bertindak sebagai aphrodisiac alami untuk membantu mengobati disfungsi ereksi.

6. Kacang Pistachio

Kacang pistachio juga termasuk ke dalam daftar makanan aphrodisiac, lho. Kacang yang satu ini diketahui kaya akan kandungan protein, serat, dan lemak sehat. Selain itu, kacang pistachio juga dapat menurunkan tekanan darah, mengatur berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kacang pistachio dapat meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga ereksi dapat menjadi lebih kencang. Oleh sebab itu, selain meningkatkan performa pria, kacang ini juga dapat membantu mengurangi gejala disfungsi ereksi.

7. Madu

Selama bertahun-tahun, madu telah digunakan di seluruh dunia sebagai pendukung pengobatan penyakit. Sebuah studi tahun 2013 mencatat bahwa madu adalah antioksidan yang kuat, anti jamur, antiinflamasi, dan menjaga sistem kardiovaskular.

Lisa Richard, seorang nutrisionis, dilansir dari Byrdie, menjelaskan manfaat lain dari madu. “Madu mengandung senyawa yang diperlukan untuk keseimbangan hormon, termasuk hormon estrogen dan testosteron, yang diperlukan untuk libido yang sehat,” ucapnya. Ia juga menambahkan bahwa madu padat akan unsur boron yang dapat meningkatkan aliran darah.

8. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah suplemen herbal yang berasal dari salah satu spesies pohon tertua. Sama seperti ginseng, ginkgo biloba telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati banyak penyakit, termasuk depresi dan disfungsi seksual.

Ginkgo biloba dikatakan bertindak sebagai aphrodisiac yang meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, sehingga dapat mengobati masalah seksual seperti disfungsi ereksi dan libido yang rendah.

Ginkgo biloba dapat ditemukan di pasaran dalam bentuk suplementasi, seperti Blackmores Ginkgo Biloba (Rp158.517). Mengandung ekstrak daun kering ginkgo biloba, mengonsumsi Blackmores Ginkgo Biloba juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kamu bisa mendapatkan suplemen ini dengan mudah di Jovee.

Itulah sejumlah daftar makanan aphrodisiac yang dapat meningkatkan gairah seksual pria dan wanita. Ingin mengetahui informasi mengenai makanan sehat lainnya? Simak selengkapnya di Jovee. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu. Dapatkan beragam vitamin, dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-buah-sawo

10 Manfaat Buah Sawo yang Baik untuk Kesehatan

Makanan Sehat   05/01/2022
makanan-penambah-darah-untuk-anak

Waspada Anemia, Kenali 7 Makanan Penambah Darah untuk Anak Ini

Makanan Sehat   29/12/2021
ekstrak-biji-anggur

Manfaat Ekstrak Biji Anggur

Vitamin & Suplemen   09/12/2021

Mengenal Teh Jati Cina

Uncategorized   06/12/2021
efek-samping-daun-sirsak

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak sebagai Obat Herbal

Makanan Sehat   25/11/2021