fbpx

Mengenal Manfaat Triathlon, Kegiatan Lari, Renang dan Sepeda

by | Apr 27, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Olahraga di Indonesia nampaknya kini tengah menjadi salah satu tren yang tengah melejit. Terlebih lagi, sekarang pun banyak orang yang tengah menggalakan untuk melakukan pola hidup sehat. Pemerintah pun juga tengah menggencarkan gerakan hidup sehat ini dan tentunya agar membuat semua orang rajin olahraga dan mulai menyadari akan pentingnya kesehatan.

Apalagi saat Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga terbesar, yaitu Asian Games pada tahun 2018 yang lalu, semakin membuat banyak orang mulai meminati olahraga. Hal itu pun juga telah didukung dengan tersedianya berbagai macam fasilitas olahraga yang kini mulai disediakan oleh pemerintah setempat dan terbukanya tempat latihan untuk olahraga.

Berbagai macam jenis olahraga pun kini dapat Anda coba seperti misalnya sepak bola, angkat besi, voli, basket dan masih banyak lagi. Namun, salah satu jenis olahraga yang menarik perhatian banyak orang khususnya saat perhelatan Asian Games kemarin adalah olahraga Triathlon yang dinilai cukup unik dan terkesan hal yang baru di Indonesia.

Apa itu Triatlon?

Di Indonesia sendiri, sebenarnya Triathlon sudah ada sejak cukup lama. Hanya saja, setelah dipertandingkan di ajang Asian Games, olahraga yang satu ini kian melejit dan memiliki banyak peminat. Dilansir dari wikipedia, Triathlon sering disebut juga dengan Trilomba. Seperti namanya, olahraga ini menggabungkan tiga cabang olahraga menjadi satu kesatuan.

Dalam praktiknya, olahraga yang dipertandingkan dalam Triathlon ini adalah berenang, bersepeda dan juga lari. Ketiga olahraga ini dilakukan secara berkesinambungan atau berkelanjutan dan harus diselesaikan dalam satu waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Triathlon sendiri adalah olahraga yang menggabungkan antara kecepatan dan juga ketangkasan untuk menyelesaikannya.

Bahkan, untuk dapat menyelesaikan olahraga ini, dibutuhkan stamina yang cukup besar. Hal itu dikarenakan, Triathlon ini merupakan cabang olahraga yang cukup menguras energi apalagi seseorang harus dapat menyelesaikan tiga olahraga sekaligus dalam satu waktu. Seseorang itu pun juga diwajibkan berpacu dengan waktu agar semua olahraga dapat dituntaskan dengan baik.

Selain sudah mulai dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018 yang lalu, Triathlon juga telah dilombakan pada ajang Olimpiade. Hanya saja, untuk di Olimpiade sendiri Triathlon juga masih terbilang baru karena baru saja diperlombakan pada ajang beberapa Olimpiade yang lalu. Maka tak heran, Triathlon pun kian dikenal oleh masyarakat luas saat ini.

Ketentuan Triathlon

Mengutip dari sini Triathlon sendiri paling umum dilakukan dengan urutan renang – sepeda – lari. Namun, urutan ini dapat divariasi tergantung dari format kompetisi yang akan ditentukan. Sehingga, Triathlon sendiri juga tergolong menjadi salah satu olahraga yang cukup fleksibel dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Berbeda dengan olahraga lain khususnya estafet, dalam Triathlon sendiri dilakukan secara berurutan namun tetap ada jeda istirahat selama transisi dari olahraga satu ke yang lainnya. Pemenang sendiri akan ditentukan berdasarkan orang yang berhasil menyelesaikan seluruh lomba dengan waktu yang paling cepat termasuk juga waktu jeda yang dihitung.

Manfaat Triathlon

Melihat pengertian Triathlon ini, tentu rasa sangat cocok jika Anda mencoba untuk menggeluti olahraga. Apalagi, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga ini pun juga sangat besar dan tak bisa Anda anggap remeh. Bersumber dari Planetsports, ada segudang manfaat Triathlon yang wajib Anda ketahui.

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari Triathlon adalah menguatkan tubuh Anda dengan maksimal. Pasalnya, dengan Anda mulai melakukan olahraga Triathlon ini, maka secara tak langsung seluruh otot dan saraf Anda pun akan menjadi lebih kuat dibanding sebelumnya. Apalagi, Anda pun akan langsung mendapatkan manfaat dari tiga olahraga sekaligus.

Selain itu, seluruh bagian tubuh Anda pun juga akan jauh lebih kuat dengan melakukan olahraga Triathlon ini. Berenang sendiri akan membantu menguatkan tubuh bagian atas dan tulang Anda. Sementara itu, untuk bersepeda dan lari sendiri akan menguatkan tubuh bagian bawah sekaligus membantu untuk melatih ketangkasan Anda.

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan dari olahraga ini adalah membuat energi tubuh Anda menjadi lebih kuat. Triathlon merupakan olahraga yang membutuhkan energi besar. Maka dari itu, dengan Anda rutin berlatih olahraga ini secara tak langsung juga akan membantu untuk meningkatkan energi tubuh dan ketahanan tubuh Anda dengan baik.

Berlatih Triathlon juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, dengan kombinasi olahraga renang, sepeda dan lari ini sangat cocok untuk menjaga organ tubuh Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Sehingga, berbagai penyakit pun tak dapat masuk ke tubuh Anda sekaligus juga dapat meredakan stres.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Rahasia Whey Protein untuk Membentuk Massa Otot
Cardio VS Weight Lifting, Apa Bedanya?
Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan
Curcuma Xanthorrhiza Extract: Penjelasan dan Manfaat
5 Suplemen yang Tepat Untuk Musim Hujan
7 Pengobatan Asam Urat Secara Alami

Bagi Anda yang saat ini mungkin tertarik untuk melakukan olahraga Triathlon ini, maka sangat penting untuk memerhatikan asupan makanan dan vitamin Anda. Jika Anda ingin maksimal dalam melakukan olahraga ini, maka Anda bisa mencoba mengonsumsi suplemen vitamin dari Jovee sekarang juga. 

Suplemen dari Jovee ini akan membantu untuk menjaga stamina tubuh Anda agar tetap prima sehingga Anda pun dapat melakukan olahraga ini dengan baik. Anda bisa mendapatkan suplemen dari Jovee ini dengan mendownload aplikasi Jovee di android Anda. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Jovee sekarang juga!

Diedit oleh: Aileen Velishya

Tersedia di Jovee shop

UNIVERSAL AMINO 1900 – STAMINA – 110 KAPLET

Sale!

Brands