fbpx

Beragam Manfaat Vitamin B Complex bagi Tubuh

by | Aug 3, 2020 | Vitamin | 0 comments

Vitamin yang larut dalam air ini terdiri dari 8 jenis yaitu B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamin). Vitamin B kompleks banyak terdapat dalam makanan sehari-hari seperti telur, kacang-kacangan, buah dan sayuran, daging, gandum, serta produk susu. Masing-masing vitamin B ini punya perannya sendiri di dalam tubuh. Lantas, apa saja peran dan manfaat vitamin B kompleks tersebut?

 

Manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh 

Secara umum, vitamin B complex berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk produksi energi, hormon, dan kolesterol, pemeliharaan fungsi organ otak, mata, pencernaan, saraf, jantung, metabolisme sel, serta pembentukan sel darah merah.

Pada wanita, vitamin B sangat penting terutama bagi ibu hamil dan menyusui karena kemampuannya dalam membantu perkembangan otak janin serta mengurangi risiko cacat lahir. Manfaat lain dari vitamin B kompleks bagi wanita yaitu mampu menambah energi dan mengurangi rasa mual pada ibu hamil, serta menurunkan risiko preeklampsia.

Sementara bagi pria, vitamin B berguna untuk meningkatkan kadar testosteron dan membantu membangun otot. 

Meskipun secara umum memiliki peran serupa, masing-masing jenis vitamin B kompleks punya manfaat serta fungsi yang lebih spesifik diantara yang lain. Berikut ini dijabarkan 8 vitamin B beserta fungsinya, yaitu: 

 

Vitamin B1 (Thiamine): Manfaat Vitamin B

Thiamine dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan energi dan metabolisme karbohidrat. Vitamin ini mendorong sel tubuh agar memproduksi energi. Selain itu, thiamine juga mampu memelihara kesehatan jantung.

 

Vitamin B2 (Riboflavin) 

Riboflavin dipercaya dengan kemampuannya dalam melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya seperti kanker atau katarak. Selain itu, vitamin B2 juga berperan dalam membantu metabolisme makanan sampai menjadi energi, serta memelihara kesehatan kulit, mata, serta sistem saraf.

Kebutuhan asupan vitamin B2 yang dianjurkan untuk pria dewasa adalah sebesar 1,3 miligram (mg) vitamin B2 setiap hari. Sementara untuk wanita dewasa sebanyak 1,1 mg per hari. 

Khusus untuk wanita hamil atau menyusui, kebutuhannya otomatis akan bertambah karena ada calon bayi di dalam kandungannya, menjadi sebesar 1,4 mg dan 1,6 mg setiap harinya.

 

Vitamin B3 (Niacin) 

Niacin ini merupakan vitamin B yang esensial dalam menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi, dan mengatasi masalah sendi.

 

Vitamin B5 (Asam Panthothenate) 

Jenis vitamin B ini dikatakan bisa mengatasi kelelahan, meningkatkan fungsi sistem saraf dan metabolisme, serta mengurangi gejala alergi.

 

Vitamin B6 (Pyridoxine) 

Selain mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi tubuh, piridoksin bertugas untuk membantu produksi sel darah merah. Selain itu, piridoksin juga dapat meringankan gejala darah tinggi. Kekurangan vitamin B6 bisa mempengaruhi respons imun karena produksi antibodi yang terganggu. 

Vitamin B6 juga membantu mengontrol kadar homosistein ​​dalam darah. Selain itu, tubuh memerlukan B6 dalam proses penyerapan vitamin B12, produksi sel darah merah (hemoglobin) serta sel-sel imun. 

 

Vitamin B7 (Biotin) 

Biotin hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil untuk membantu tubuh memecah lemak dan merubahnya menjadi energi. Bakteri di dalam saluran pencernaan manusia secara alami mampu memproduksi biotin. Vitamin ini juga berperan dalam pertumbuhan rambut dan kuku.

Biotin bisa ditemukan pada makanan sehari-hari dengan kandungan yang cenderung kecil. 

 

Vitamin B9 (Asam Folat) 

Asam folat berperan penting membentuk hemoglobin, perkembangan janin, dan menurunkan risiko anemia.

Selain berkontribusi terhadap sistem kekebalan tubuh, vitamin B9 (folat) mampu menurunkan risiko kerusakan tabung saraf, misalnya spina bifida, pada janin. Jika tubuh kekurangan vitamin ini dapat berdampak mudah depresi, insomnia, mudah lelah, sehingga timbul kecemasan.

 

Vitamin B12 (Cobalamin): Manfaat Vitamin B 

Cobalamin ikut terlibat dalam pembentukan sel darah merah dan menjaga fungsi serta kesehatan sistem saraf. Vitamin B12 juga sangat membantu metabolisme sel tubuh manusia, khususnya mempengaruhi sintesis DNA, asam lemak, dan metabolisme asam amino. Jika kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan melemahnya respons imun tubuh ketika terjadi serangan infeksi virus atau bakteri.  

Vitamin B12 juga mampu mengurangi risiko terjadinya anemia megaloblastik yang bisa membuat seseorang mudah letih dan merasa lemas.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

  1. NIH. 2020. Vitamin B12. 
  2. National Health Service UK. 2017. B vitamins and folic acid.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional