fbpx

Mengenal Nicotinamide, Bentuk Aktif dari Vitamin B3 (Niacin)

by | Jul 17, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Nicotinamide atau yang dikenal dengan nama niacinamide, adalah turunan dari vitamin B3 (niacin) dan bersifat larut dalam air. Selain diproduksi secara alami oleh tubuh, nutrisi ini bisa dipenuhi dari makanan sehari-hari, seperti ragi, susu, telur, sayuran hijau, dan gandum utuh.

Asupan nicotinamide ini juga bisa diperoleh dari suplemen yang dikombinasikan bersama dengan zat atau vitamin lain. Beberapa produk kosmetik seperti sunscreen juga menggunakan zat ini. Biasanya nicotinamide dalam bentuk suplemen digunakan untuk mengobati masalah kulit atau gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin B3.

Manfaatnya untuk kesehatan

Di dalam tubuh, zat ini akan diubah menjadi enzim yang dapat mengurai lemak menjadi energi. Nicotinamide dapat menjaga kelembaban kulit dengan mencegah hilangnya cairan melalui lapisan epidermis sehingga meningkatkan fungsi lapisan pelindung kulit. 

Kandungan anti inflamasi yang dimiliki oleh nicotinamide, makanya banyak digunakan sebagai obat untuk berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Dalam bentuk suplemen tablet, nicotinamide dapat dimanfaatkan untuk menangani kolesterol tinggi (hiperlipidemia).

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari konsumsi nicotinamide, baik dari makanan sehari-hari maupun suplemen.

1. Mencegah dan mengobati pellagra

Manfaat utama yang penting dari nicotinamide sebagai bentuk aktif dari vitamin B3 adalah sebagai mencegah dan menangani penyakit pellagra. Pellagra yaitu penyakit akibat kekurangan vitamin B3 dengan gejala utama berupa diare, dermatitis, atau demensia. Jika asupan vitamin B3 penderita tidak diperbaiki, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

2. Meredakan jerawat

Jerawat sejatinya merupakan peradangan pada kulit akibat peningkatan kelenjar minyak (sebum) di wajah. Munculnya jerawat sebenarnya dipengaruhi oleh faktor lain juga seperti stres dan pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat.

Dengan sifat antiinflamasinya, bentuk aktif vitamin B3 ini mampu meredakan peradangan jerawat dan mengurangi kadar sebum di wajah.

3. Mengobati rosacea

Rosacea adalah salah satu gangguan kulit yang memiliki tanda dan gejala klinis berupa kulit kering dan sensitif disertai kemerahan. Pada beberapa penelitian, pelembab wajah dengan kandungan nicotinamide mampu memperbaiki fungsi lapisan pelindung kulit pada penderita dan akhirnya menghilangkan gejalanya.

4. Mencegah risiko kanker kulit

Radiasi ultraviolet merupakan faktor utama dari terbentuknya sel kanker pada kulit. Radiasi ini merusak DNA dan berdampak buruk terhadap sistem kekebalan tubuh. Nicotinamide memiliki kemampuan mencegah penurunan fungsi imun tubuh akibat sinar ultraviolet. Disamping itu, turunan dari vitamin B3 ini diyakini dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas tersebut. 

Efek samping konsumsi suplemennya

Konsumsi suplemen nicotinamide jarang menimbulkan efek samping. Meskipun begitu, pada sebagian orang konsumsi suplemen ini bisa menyebabkan:

  • Kepala berkunang-kunang, hingga pingsan,
  • Sesak nafas,
  • Nyeri dada,
  • Keringat berlebihan, dan
  • Iritasi, kemerahan, gatal-gatal, dan kering pada kulit.

Selain ke-5 gejala di atas, suplemen nicotinamide juga bisa meningkatkan kadar gula darah serta mengganggu fungsi hati yang ditandai dengan lemas, muntah, merasa kenyang, sakit perut, urine berwarna gelap, tinja berwarna pucat, atau penyakit kuning. 

Sedangkan konsumsi dalam dosis tinggi bisa mengakibatkan:

  • Mual, muntah,
  • Sakit kepala,
  • Kelelahan, pusing,
  • Keracunan pada hati,
  • Risiko platelet darah rendah sehingga tidak dianjurkan pada orang yang memiliki platelet darah rendah,

Khusus untuk orang yang sedang dalam pengobatan carbamazepine, sebaiknya jangan mengonsumsi suplemen nicotinamide karena dapat meningkatkan kadar darah dan berpotensi lebih besar untuk mengalami gejala efek samping.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi:

  1. Anoma R. 2018. Nicotinamide.
  2. Memorial Sloan Kettering Cancer Center. 2020. Nicotinamide.

Tersedia di Jovee shop

Mood Booster (Anti Mood Swing) by Nuniek Tirta

Brands