fbpx
BerandaKesehatan KulitMengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Jujur deh, rasa gatal yang menyerang secara intens memang bikin tidak nyaman. Apalagi jika rasa gatal itu menyerang di bagian-bagian tubuh yang sensitif. Salah satunya adalah jika kulit payudara gatal dan kering.

kulit payudara gatal

Kulit payudara gatal dan merah ditambah dengan kering bisa bikin frustrasi. Apalagi, tidak seperti kebanyakan bagian kulit lainnya yang terekspos udara dan paparan lingkungan dari luar, wajar jika kamu bertanya-tanya: Apa ya yang menyebabkan kulit payudara gatal?

Kabar baiknya, pada kebanyakan kasus kulit payudara gatal biasanya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Biasanya kondisi ini lebih terkait pada masalah kebersihan atau gangguan alergi pada kulit.

Ada berbagai penyebab mengapa kulit payudara gatal, kering, dan memerah. Berikut ini Jovee merangkum apa saja penyebab kondisi kulit yang menyerang area kulit sekitar payudara dalam artikel berikut ini:

Penyebab Kulit Payudara Gatal

Jarang mengganti bra

Kamu mungkin punya satu atau dua bra kesayangan yang lebih sering kamu pakai ketimbang yang lainnya. Faktanya, cukup banyak perempuan yang tidak setiap hari mengganti bra-nya padahal bra-nya sudah terkena keringat.

Sayangnya, kebiasaan buruk jarang mengganti bra ini dapat menyebabkan kulit payudara gatal. Hal ini disebabkan karena pakaian dalam yang kotor seringkali mengandung bakteri yang dapat mengiritasi kulit, sekalipun pakaian dalam yang kamu kenakan tampak bersih. Selain itu, payudara mempunyai daerah lipatannya, yang mana bila berkeringat terus menerus, jarang mengganti bra, atau pun membiarkannya lembap, dapat menyebabkan gatal karena jamur. Inilah yang dapat menyebabkan kulit payudara terasa gatal.

Alergi terhadap bahan-bahan tertentu

Bra terbuat dari berbagai jenis kain, mulai dari sutra, renda, hingga katun. Sebagian orang bisa menggunakan berbagai bahan kain dengan aman. Tetapi, sebagian orang yang lain bisa menyebabkan iritasi yang serius yang menyebabkan kulit payudara terasa gatal.

Umumnya, kain sintetis adalah pemicu terbanyak kulit payudara gatal, contohnya adalah poliester dan lateks (karet) yang berisiko membuat kulit iritasi. Hindari bahan kain sintetis apabila kamu punya kecenderungan kulit yang sensitif.

Mengalami gesekan secara intens

Pakaian atau bra dapat bergesekan dengan kulit. Gesekan atau friksi ini bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi yang menimbulkan rasa gatal, bahkan luka.

Kulit payudara gatal akibat sengatan matahari

Jika baru-baru ini kamu mengenakan pakaian yang minim perlindungan pada area dada, seperti mengenakan bikini di pantai, sengatan matahari mungkin bisa menjadi penyebab di balik kulit payudara terasa gatal yang kamu alami.

Kulit payudara cenderung sensitif dan mudah terbakar, terutama karena biasanya tidak terkena sinar matahari. Sengatan matahari juga dapat menyebabkan luka bakar ringan yang menimbulkan rasa perih pada kulit sekitar payudara.

Mengalami biang keringat

Biang keringat merupakan salah satu penyebab kulit payudara terasa gatal yang seringkali tidak disadari. Saat payudara kepanasan dan mulai berkeringat, kulit payudara bisa teriritasi, merah, dan gatal. Hal ini terjadi karena ruam panas biasanya terjadi ketika keringat terperangkap di bawah kulit dan menyumbat pori-pori.

Mengalami reaksi alergi kontak

Dermatitis kontak adalah reaksi alergi atau iritasi yang dapat terjadi ketika kulitmu terkena sesuatu yang tidak disukainya sehingga timbul rasa gatal

Jika kamu mencuci bra dengan deterjen yang kandungannya cukup keras, payudaramu mungkin akan terasa gatal. Hal yang sama berlaku untuk handuk dan seprai, dan pada dasarnya apa pun yang dapat bersentuhan dengan dada Anda, termasuk sabun mandi dan body lotionmu. Wewangian khususnya sering kali menjadi penyebab di balik dermatitis kontak iritan, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

Namun, jika kamu mengalami reaksi alergi atau iritasi yang disebabkan oleh bahan pembuat bra, seperti lateks atau pun renda yang terkadang bikin gatal, bisa jadi kamu mengalami dermatitis kontak alergi.

Eksim dan psoriasis

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan peradangan kering dan gatal yang dapat muncul sebagai ruam bersisik.

Meskipun penyakit ini biasanya memengaruhi area seperti bagian belakang lutut dan lekukan siku, penyakit ini dapat memengaruhi hampir semua bagian tubuh, termasuk payudara. Jika kulit payudara terasa gatal selama beberapa waktu dan tidak tahu penyebabnya, eksim bisa menjadi penyebabnya, terutama jika kamu memiliki kulit kering.

Selain eksim, psoriasis juga bisa menjadi penyebab kulit payudara gatal. Ada banyak jenis psoriasis, tetapi psoriasis plak adalah yang paling umum. Dengan kondisi ini, sistem kekebalan tubuhmu secara keliru menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan membentuk bercak kering, bersisik, dan gatal yang disebut plak.

Psoriasis biasanya muncul di area seperti siku, lutut, punggung bawah, dan kulit kepala. Sayangnya, seperti eksim, psoriasis juga bisa muncul di atau di bawah payudara.

Kulit payudara gatal terkadang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, kamu bisa mencegah munculnya rasa gatal dengan mencuci bra secara teratur dan menjauhkan produk perawatan tubuh yang mengandung wewangian dan pewarna dari payudara untuk membantu meminimalisir kemungkinan terjadinya kulit payudara gatal dan kering.

Apabila rasa gatal tidak kunjung sembuh selama berminggu-minggu, konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan perawatan dan obat-obatan yang tepat.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023