fbpx
BerandaKesehatan KulitMengenal Rutinitas Skincare untuk Menghilangkan Blackhead

Apakah kamu pernah memperhatikan kulit wajahmu secara teliti? Mungkin kamu akan menemui adanya bintik-bintik hitam pada permukaan hidungmu. Ketika diraba, bintik-bintik hitam ini terasa kasar. Itu adalah blackhead alias komedo hitam. Blackhead dapat diatasi dengan rutinitas perawatan wajah. Untuk mengatasi blackhead skincare yang digunakan harus tepat.

Berikut ini Jovee merangkum serba-serbi skincare untuk jerawat blackhead yang tepat:

Apa itu Blackhead?

Blackhead adalah salah satu jenis jerawat (acne vulgaris). Blackhead atau komedo hitam merupakan pori-pori kulit terbuka (open comedone) yang berisi minyak berlebih dan kulit mati. Terlihat seperti kotoran, sebetulnya warna hitam yang tampak adalah pantulan cahaya dari folikel yang tersumbat.

Komedo sendiri berbeda dengan jerawat nanah. Jerawat nanah yang muncul dalam wujud benjolan kecil, nyeri, berubah warna dengan cairan (nanah) kental berwarna putih kekuning-kuningan di ujungnya.

Blackhead dapat muncul di mana saja di sekitar wajah, terutama pada bagian hidung, dahi, dan pipi.

Penyebab Munculnya Blackhead

Kelenjar minyak terdapat di seluruh tubuh kita. Sebagian besar terhubung ke folikel rambut.

Blackhead (komedo hitam) dan whitehead (komedo putih) adalah komedo tunggal. Blackhead sendiri merupakan komedo terbuka yang terjadi ketika folikel rambut atau kelenjar sebaceous mengalami peradangan.

Peradangan dapat terjadi sebagai akibat dari:

  • Peningkatan produksi sebum (minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous).
  • Pembentukan keratin yang tidak normal (keratin adalah protein yang membantu pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku).
  • Peningkatan hormon (hormon androgen).
  • Peningkatan bakteri pada kulit yang menyebabkan jerawat.

Siapa Saja yang Berisiko Memiliki Blackhead?

Blackhead biasanya menyerang remaja dan dewasa muda yang mengalami perubahan hormonal. Namun, banyak orang dewasa yang terus berjerawat hingga usia 20-30 tahunan. Bahkan, beberapa orang mengembangkan komedo untuk pertama kalinya saat dewasa.

Untuk mengatasi blackhead, kamu perlu melakukan perawatan wajah secara teratur menggunakan skincare untuk menghilangkan blackhead.

Skincare untuk Blackhead

Sebetulnya rutinitas skincare untuk blackhead dan whitehead tidaklah jauh berbeda. Rutinitas umum skincare untuk blackhead umumnya meliputi dua tahap, yaitu membersihkan dan melembapkan kulit.

Tahapan pertama skincare blackhead yang juga tahapan terpenting adalah membersihkan wajah. Kamu bisa memilih sabun wajah yang mengandung salicylic acid. Salicylic acid merupakan bahan yang terkenal dapat membantu mengatasi keluhan jerawat. Kamu bisa membersihkan wajah secara teratur dengan sabun wajah khusus jerawat yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang lembut pada kulit berjerawat.

Setelah membersihkan wajah menggunakan sabun wajah, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati penyebab munculnya blackhead. Ada banyak produk eksfoliasi yang dapat kamu masukkan ke dalam rutinitas skincare untuk blackhead yang bisa kamu coba, mulai dari exfoliating toner hingga scrub wajah. Untuk eksfoliasi ini kamu tidak perlu melakukannya setiap hari karena jika dilakukan terlalu sering justru merusak kulit. Lakukan eksfoliasi setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Tahapan selanjutnya adalah menutrisi kulit. Kamu bisa menggunakan produk serum, masker, dan pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit yang berjerawat. Biasanya produk skincare untuk blackhead dan whitehead mengandung salicylic acid, azelaic acid, benzoyl peroxide, atau pun retinoid. Bahan-bahan ini relatif aman dengan kadar yang rendah.

Untuk blackhead yang parah dan tidak mempan diatasi dengan produk skincare untuk blackhead yang dijual bebas di pasaran, kamu mungkin bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit akan memberikan resep obat yang berbeda dari skincare untuk jerawat blackhead biasanya. Misalnya dengan retinoid dosis tinggi, antibiotik topikal maupun oral, chemical peeling, microdermabrasion, atau pun tindakan laser skin resurfacing.

DIY Skincare untuk Mengatasi Blackhead

Apabila kulitmu bukan tergolong kulit yang sensitif, kamu bisa mencoba beberapa perawatan rumahan skincare untuk blackhead dan whitead berikut ini:

Tea tree oil

Tea tree oil dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Gunakan sedikit saja tea tree oil pada kapas dan gosokkan lembut pada area tumbuhnya blackhead.

Scrub gula atau garam

Scrub gula atau garam dapat mengelupas sel-sel mati pada permukaan kulit. Basahi wajah, oleskan scrub gula atau garam ke area tumbuhnya blackhead. Pijat lembut dengan gerakan melingkar selama 30 detik. Bilas wajah dengan air hingga bersih.

Teh hijau

Teh hijau dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah. Teh hijau juga mengandung anti oksidan yang membantu memelihara kesehatan kulit. Campurkan daun teh hijau dengan air dan gosokkan lembut pada wajah dengan gerakan melingkar hingga 30 detik. Bilas wajah dengan air sampai bersih.

Itulah beberapa informasi seputar blackhead skincare yang dapat kamu terapkan di rumah. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi masalah kulitmu ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Macam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Kesehatan Kulit   27/01/2023

Kulit Wajah Menghitam, Tanda Penyakit Apa?

Kesehatan Kulit   27/01/2023

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023

Macam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Kesehatan Kulit   25/01/2023

Jenis Penyakit Kulit di Kaki dan Penyebabnya, Wajib Kamu Ketahui!

Kesehatan Kulit   24/01/2023