fbpx
BerandaGaya Hidup SehatMengenal Tentang Purging Pada Kulit Wajah

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

purging-kulit-wajah-1

Bagi sebagian besar kaum hawa, umumnya sering menjumpai kondisi di mana timbul jerawat maupun komedo karena tidak cocok dalam penggunaan skincare tertentu. Hal tersebut bisa jadi merupakan gejala dari purging yang mana cukup sering dialami oleh seseorang yang tengah menggunakan produk skincare tertentu.

Purging adalah proses yang terjadi karena kulit melakukan penyesuaian dengan produk skincare yang tengah digunakan. Hal tersebut ditandai dengan keluarnya sel kulit mati pada kulit secara menumpuk. Pada saat proses tersebut telah terlewati, biasanya kulit akan dijumpai lebih bersih, lembut, dan cerah.

Purging sendiri berasal dari kata purge yang mana mengacu pada proses pembersihan. Hal tersebut dapat terjadi karena produk skincare tertentu memiliki kemampuan secara khusus untuk dapat melakukan penetrasi hingga ke dalam kulit sebagai bentuk pembersihan dan juga perbaikan pada lapisan bawah dari kulit.

Ciri Purging Pada Kulit

Produk dengan kandungan hydroxy acids seperti halnya glycolic acid, benzoyl peroxide, salicylic acid, vitamin C maupun enzyme exfoliants dan scrubs memiliki peran penting dalam menciptakan purging yang terjadi pada kulit wajah. Guna mengetahui ciri-ciri dari purging, lebih lanjut akan dijelaskan di bawah ini.

  • Berwarna kemerahan serta gatal

Kemunculan purging dapat ditandai dengan warna kulit yang berubah tampak kemerah-merahan. Hal tersebut menjadi ciri khas yang umum dan masih dalam kategori ringan. Tak hanya itu saja, didapati juga ciri purging yang cenderung membuat kulit gatal, yang mana diakibatkan dari keluarnya racun yang terdapat pada lapisan bawah kulit.

  • Terjadi pengelupasan pada kulit

Ciri selanjutnya dari purging yakni ditandai dengan kulit yang mengelupas dalam bentuk yang tipis. Hal tersebut dapat menandai bahwa produk skincare yang tengah digunakan telah bekerja dan bereaksi pada kulit. Adapun kulit tipis yang telah terkelupas tersebut merupakan sel kulit mati yang membuat kulit jadi lebih lembut serta halus.

  • Kulit yang berubah jadi bersih

Hasil selanjutnya dari purging yakni kulit yang lebih bersih dan cerah daripada sebelumnya. Hal ini karena sel kulit mati yang lama telah terkelupas dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Selain itu, menjaga kulit tetap bersih dan juga lembap dapat dilakukan untuk mengurangi ciri dan gejala purging yang umumnya terjadi ketika penggunaan skincare tertentu.

purging-kulit-wajah-2

Berapa Lama Gejala Purging Berlangsung?

Setelah mengetahui penjelasan dari purging yaitu dimana kondisi adanya penyesuaian kulit akibat dari penggunaan produk skincare. Timbul pertanyaan berapa lama purging itu? Nah, biasanya purging sendiri dapat terjadi dalam jangka waktu sekitar 1-2 minggu dari pemakaian awal dari skincare.

Jangka waktu selama 1-2 minggu tersebut digunakan produk skincare untuk mengeluarkan jerawat pada kulit wajah. Biasanya setelah pemakaian menggunakan skincare tersebut lebih dari 2 minggu, akan dijumpai hasil berupa kulit yang lebih bersih daripada sebelumnya. Namun akan berbeda hasilnya jika jerawat di wajah tidak hilang setelah 1 bulan pemakaian.

Hal tersebut mengindikasikan terjadinya gejala breakout pada kulit, yakni kulit tidak cocok dengan produk kecantikan yang tengah digunakan, sehingga menimbulkan reaksi berupa jerawat yang waktunya lama dan terus menerus. Tidak jarang dapat bertambah parah dengan kulit yang semakin berminyak dan timbul iritasi pada saat penggunaan.

Demikian tadi informasi tentang purging, di mana purging adalah sebuah proses pembersihan kulit wajah setelah penggunaan skincare tertentu yang mana umumnya berlangsung sekitar 1-2 minggu, untuk kemudian memperoleh kulit yang lebih bersih dan cerah.

Tim dokter dari Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan,”Sebaiknya selalu gunakan produk kosmetik atau perawatan kulit yang terdaftar di BPOM untuk keamanan. Apabila ada masalah kulit dapat segera dikonsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat.”

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee. 

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

7-manfaat-pilates

Ketahui 7 Manfaat Pilates bagi Tubuh

Gaya Hidup Sehat   28/07/2021
tips-diet-sehat

6 Tips Diet Sehat Turunkan Berat Badan

Gaya Hidup Sehat   15/07/2021
karang-gigi

Kenali Karang Gigi dan Cara Membersihkannya!

Gaya Hidup Sehat   07/07/2021
penderita-diabetes

7 Kewajiban yang Penting untuk Dipenuhi oleh Penderita Diabetes

Gaya Hidup Sehat   17/05/2021
aktivitas-olahraga-anak-selama-pandemi

6 Aktivitas Olahraga Anak selama Pandemi

Gaya Hidup Sehat   29/04/2021