fbpx
BerandaKesehatan KulitMengenal Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami orang-orang di seluruh dunia adalah pori-pori wajah yang besar. Pori-pori bisa tampak jelas terlihat karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati atau pun minyak. Meskipun demikian, bukan berarti pori-pori kulit yang terlihat jelas berarti buruk karena sebetulnya hal ini termasuk normal. Mereka yang memiliki kulit terlihat halus mulus seperti glass skin, bukan berarti tidak mempunyai pori-pori, melainkan pori-pori wajahnya tidak tersumbat oleh penumpukan sel kulit mati dan minyak sehingga terlihat samar.

treatment mengecilkan pori-pori wajah

Berdasarkan anatominya, pori-pori adalah lubang kecil yang mengelilingi folikel rambut serta kelenjar keringat. Pori-pori berfungsi sebagai tempat keluar cairan tubuh atau keringat guna untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh.

Ada berbagai faktor penyebab pori-pori wajah membesar. Selain faktor genetik, pori-pori wajah bisa menjadi tampak semakin membesar karena faktor usia, perubahan hormon, kerusakan akibat paparan sinar matahari, hingga penggunaan makeup dan skincare yang sifatnya komedogenik.

Sebetulnya, kita tidak bisa benar-benar mengecilkan pori-pori wajah kita. Pori-pori wajah yang besar pun adalah hal yang wajar. Tetapi ada beberapa treatment mengecilkan pori-pori wajah yang sifatnya membuatnya tampak lebih kecil.

Berikut ini Jovee merangkum beberapa treatment mengecilkan pori-pori wajah yang dapat kamu terapkan:

Jenis-jenis Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Mungkin kamu pernah mendengar atau bahkan mencoba treatment mengecilkan pori-pori wajah dengan mengompres wajah menggunakan handuk yang direndam ke air hangat atau menguapi wajah dengan air hangat di baskom, setelah itu mengoleskan es batu atau roller kulit dingin ke wajah. Untuk sementara mungkin kulitmu akan terasa kencang setelah melakukannya sehingga memberikan kesan pori-pori yang mengecil. Tetapi efek mengencangkannya hanya berlangsung beberapa menit dan akan memudar setelah kulitmu kembali hangat.

Pada dasarnya, treatment mengecilkan pori-pori wajah memerlukan ketekunan, ketelatenan, dan rutinitas, antara lain dengan:

Gunakan produk perawatan kulit secara teratur dan memilih produk yang tepat

Gunakan pembersih wajah yang lembut untuk mencuci wajah di pagi dan malam hari. Untuk menjaga agar pori-pori senantiasa bersih dari debu, kotoran, dan minyak berlebih, pastikan kamu menggunakan produk perawatan kulit yang berlabel bebas minyak atau non komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori wajah.

Wajib gunakan sunscreen setiap beraktivitas di pagi dan siang hari

Perlindungan terhadap paparan sinar UV dari sinar matahari adalah suatu keharusan untuk mencegah hilangnya kolagen dan elastin yang mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Gunakan sunscreen spektrum luas, minimal SPF 30, sebelum beraktivitas di pagi hingga siang hari. Sekalipun di dalam ruangan, sebaiknya kamu tetap menggunakan sunscreen karena sinar UV dapat menembus jendela.

Topi dan penghalang lainnya juga dapat membantu melindungi wajah dari sinar UV.

Lakukan chemical peeling

Chemical peeling juga dapat membantu sebagai treatment mengecilkan pori-pori wajah. Kamu bisa menggunakan chemical peeling yang dijual bebas di pasaran atau pergi ke klinik kecantikan.

Chemical peeling bisa digunakan maksimal dua kali seminggu, tergantung pada jenis pengelupasan kulit dan kedalam sel kulit yang ingin diangkat.

Chemical peeling menggunakan asam hidroksi alfa atau AHA, atau asam hidroksi beta atau BHA, dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di kulit. AHA dan BHA akan membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan meningkatkan produksi kolagen.

Kamu bisa mencari toner atau serum yang mengandung AHA dan BHA sebagai treatment mengecilkan pori-pori wajah yang dosisnya lebih kecil sehingga cocok untuk pemula.

Gunakan retinol

Retinol adalah salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai treatment mengecilkan pori-pori wajah dan permasalahan kulit lainnya, seperti jerawat dan kerutan. Retinol adalah turunan vitamin A dengan pilihan yang dijual bebas maupun dengan resep dokter.

Seperti AHA, retinol dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan membuat kulit menjadi lebih segar. Retinol juga meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat menjaga kulit agar tetap kenyal.

Cobalah microneedling

Treatment mengecilkan pori-pori wajah yang banyak ditawarkan di klinik-klinik kecantikan adalah microneedling. Microneedling adalah cara yang efektif untuk membantu mengencangkan kulit hingga mengecilkan pori-pori.

Microneedling dilakukan dengan membuat luka kecil di kulit menggunakan jarum yang sangat kecil dan sudah disterilkan. Luka yang sangat kecil ini merangsang respons penyembuhan luka sehingga dapat memicu produksi kolagen yang memperkuat struktur pendukung di sekitar pori-pori wajah.

Microneedling dapat menyamarkan noda bekas jerawat ataupun luka, serta membuat kulit lebih kencang sehingga kulit bisa tampak lebih muda. Namun, proses ini tidaklah instan, butuh waktu yang cukup lama karena microneedling mengandalkan proses alami yang dilakukan oleh tubuh saat ada luka.

Biaya treatment mengecilkan pori-pori wajah dengan microneedling ini bervariasi, mulai dari Rp 1 jutaan.

Perlu diingat bahwa treatment microneedling ini hanya boleh dilakukan oleh dokter yang bersertifikat dan di klinik kecantikan yang profesional. Jangan tergiur oleh harga murah yang ditawarkan oleh klinik kecantikan abal-abal karena treatment ini melibatkan jarum dan darah sehingga berisiko tertular hepatitis B atau hepatitis C, bahkan HIV.

Pertimbangkan treatment menggunakan laser

Selain microneedling, perawatan terapi laser juga merupakan treatment mengecilkan pori-pori wajah yang cukup populer. Prosedur terapi laser ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar.

Laser mengelupas lapisan atas kulit dan mendorong pembentukan kolagen di bawahnya. Biaya treatment mengecilkan pori-pori wajah dengan laser ini bervariasi, tergantung di mana klinik yang kamu pilih. Namun, biasanya dimulai dari harga Rp 200 ribuan.

Demikianlah beberapa pilihan treatment mengecilkan pori-pori wajah yang dapat kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
kulit payudara gatal

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Kesehatan Kulit   18/09/2023
perawatan kulit eksim

Tips Perawatan Kulit Eksim untuk Berbagai Kondisi dan Usia

Kesehatan Kulit   17/09/2023
jenis laser wajah

Mengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Kesehatan Kulit   16/09/2023
treatment kecantikan

Macam-macam Treatment Kecantikan untuk Cegah Penuaan Dini

Kesehatan Kulit   14/09/2023