fbpx

Meski disebut buah, bit adalah tanaman umbi-umbian. Bit mengandung senyawa kimia nitrat yang tinggi. Di dalam tubuh, zat tersebut diubah menjadi nitrit oksida yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah serta mengontrol tekanan darah. Buah bit juga merupakan obat herbal alami. Ditambah lagi, manfaat buah bit yang mampu meningkatkan stamina sehingga Anda bisa beraktivitas dan berolahraga lebih lama. Buah bit pun dikatakan punya manfaat untuk kecantikan dan kesuburan wanita. Apa lagi, ya, manfaat buat bit ini?

 

Kandungan gizi dari buah bit

Buah bit pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat Afrika ribuan tahun yang lalu. Akar buahnya yang begitu populer kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Eropa. Akhirnya, bit dibudidayakan dan dikonsumsi hingga kini. 

Bit berasal dari famili Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan lobak dan sayuran berakar lainnya. Sebagai obat, bit hanya digunakan bagian akarnya saja. Namun lama kelamaan, daging buah dan daunnya juga ikut dikonsumsi.

Daging buah bit dapat dimakan langsung ataupun direbus, dikukus, dipanggang, serta dibuat jus dan salad. 

Termasuk buah yang rendah lemak dan kalori, bit juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Lebih rincinya, kandungan satu buah bit berdiameter 2 inci, atau sekitar 82 gram, yakni:

  • 71,8 gram (g) air
  • 35,3 kalori
  • 1,32 g protein
  • 7,84 g karbohidrat
  • 2,3 g serat
  • 5,54 g gula total
  • 13, 1 miligram (mg) kalsium
  • 18,9 mg magnesium
  • 32, 8 mg fosfor
  • 266 mg kalium
  • 4,02 mg vitamin C
  • 89,4 mikrogram (mcg) folat atau vitamin B9
  • 16,4 mcg beta karoten

Selain rendah lemak dan bebas kolesterol, buah bit juga diperkaya dengan asam amino triptofan, vitamin A, B1, B2, B3, B6, E, dan K, zat besi, zinc, tembaga, serta selenium

Senyawa lain yang juga terkandung dalam bit ialah coumarin, betacyanin, serta betaxanthin. Manfaat buat bit bisa didapatkan dari kandungan gizinya yang melimpah ini.

Betacyanin dan betaxanthin memberikan warna ungu dan kuning pada buah bit. Campuran kedua pigmen tersebut menghasilkan merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat inilah, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.

 

Manfaat buah bit untuk kesehatan

buah bit untuk apa

Sejak abad ke-16 hingga ke-19, jus daging buahnya dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Sementara kandungan gula alaminya digunakan sebagai campuran pemanis dalam makanan dan minuman. 

Sekitar abad ke-19, buah ini mulai digunakan sebagai salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu. Sedangkan, manfaat buah bit bagi kesehatan, diantaranya adalah:

 

1. Merusak rantai radikal bebas

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan molekul radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dipercaya dapat merusak bahkan menghancurkan sel sehat di sekitarnya.

Plus, radikal bebas juga digadang-gadang sebagai pemicu terjadinya stres oksidatif dan berbagai penyakit kronis, mulai dari obesitas, diabetes, jantung, hingga kanker.

Nah, antioksidan mampu melawan efek ini dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas tersebut. Apalagi, beberapa penelitian sudah menemukan bahwa antioksidan dapat melindungi tubuh terhadap penyakit-penyakit kronis yang telah disebutkan di atas.

Manfaat buah bit ini bisa Anda peroleh secara alami dari kandungan fitonutrien, antioksidan, vitamin, serta mineralnya. Salah satu senyawa fitonutrien-nya bernama betalain dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

 

2. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Tubuh memiliki organ-organ detoks alami sebagai mekanisme pembuangan racunnya sendiri, yaitu:

  • Ginjal yang berfungsi menyaring darah dan memproduksi air seni
  • Paru-paru yang bertugas mengeluarkan karbon dioksida dari oksigen yang telah Anda hirup
  • Kulit yang berperan dalam membuang racun dan partikel berbahaya lainnya melalui pori-pori
  • Hati  juga memainkan peran penting dalam detoksifikasi dengan membuang racun dan zat berbahaya lainnya dari darah.

Mengonsumsi buah bit dapat membantu organ-organ di atas dalam membuang zat berbahaya dari dalam tubuh, terutama ginjal dan hati. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian terhadap hewan di Polandia.

 

3. Menjaga tekanan darah normal

Salah satu manfaat buah bit yang tidak kalah populer adalah mengurangi kemungkinan hipertensi. Sudah disinggung juga sebelumnya bahwa senyawa nitrat pada bit akan diubah menjadi nitrit oksida dan membantu mengontrol tekanan darah serta aliran darah.

Bahkan, hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School menyarankan konsumsi bit untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Minum jus bit serta sayuran berdaun hijau lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung Anda.

Disamping itu, menurut beberapa penelitian, pigmen merah betacyanin dan antioksidan buah bit diduga memainkan peran dalam mengurangi peradangan yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

Baca juga:

7 Makanan dan Minuman Lezat untuk Penderita Hipertensi

10 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Hipertensi

 

4. Meningkatkan stamina

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi jus bit bisa membantu menambah stamina pada atlet dan orang-orang lain saat olahraga.

Dalam penelitian disebutkan juga bahwa kandungan nitrat buah bit dapat mengurangi pembakaran oksigen ketika Anda olahraga. Hasilnya, rasa capek dapat berkurang.

Penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen nitrat dapat mengurangi rasa lelah saat berolahraga serta bisa memperkuat latihan dengan intensitas tinggi, cocok untuk para atlet.

 

5. Memelihara kesehatan pencernaan

Buah bit yang mengandung serat dan antioksidan diyakini memiliki efek baik bagi saluran pencernaan. Keduanya membuat buah bit dapat membantu memperlancar proses pencernaan makanan. 

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa manfaat buah bit yang terkait dengan pencernaan adalah mencegah kerusakan dinding saluran cerna karena peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

 

6. Mengurangi peradangan

Proses peradangan sebenarnya merupakan respon alami tubuh dalam melawan serangan benda dan mikroorganisme asing. 

Tetapi, jika peradangan berlangsung lama, kemungkinan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Misalnya saja, kerusakan pembuluh darah dan jaringan tubuh. 

Salah satu manfaat buah bit adalah menekan peradangan ini dan mencegah kerusakan di dalam tubuh.

 

7. Menjaga berat badan

Termasuk buah yang rendah kalori, bit juga mengandung serat yang bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Makanan tinggi serat akan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga porsi makan bisa dikurangi. Pada gilirannya, bit dapat mendukung penurunan berat badan.

 

8. Menurunkan kemungkinan pikun dan penurunan fungsi kognitif

Kandungan nitrit dalam bit juga diduga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen. Minum jus bit diduga mampu meningkatkan aliran darah ke otak pada lansia dan melawan perkembangan gejala pikun.

 

9. Mengendalikan gula darah

Manfaat buah bit juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes. Bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga bisa mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah bit dalam memperbaiki kadar gula darah terlihat lebih signifikan pada mereka yang mengalami obesitas, dibandingkan mereka yang berat badannya ideal.

 

10. Menunjang kesehatan ibu hamil dan janin

Seperti disebutkan di atas, bit kaya akan folat. Zat yang satu ini sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Tetap saja, ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi buah bit terlalu banyak.

 

11. Mendukung kerja saraf dan otot

Mencegah kram otot, kelelahan, dan irama jantung tidak teratur juga menjadi salah satu manfaat buah bit. Bit kaya akan mineral kalium yang membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik.

Selain ke-11 manfaat di atas, buah bit dipercaya pula punya efek baik untuk kesuburan wanita dan kecantikan serta mata. Memiliki warna merah pekat, buah bit dapat digunakan sebagai pewarna bibir alami dan mengatasi masalah ketombe. 

Kandungan buah bit pun disebut bisa melancarkan aliran darah organ reproduksi sehingga diyakini meningkatkan kesuburan. Sedangkan manfaat buah bit untuk mata berasal dari vitamin A dan beta karoten di dalamnya.

Walaupun dikatakan mempunyai beragam manfaat, sebagian besarnya masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Konsumsilah bit secukupnya, karena buah ini mengandung gula yang cukup tinggi. Memakan terlalu banyak justru berisiko meningkatkan gula darah.

Kebanyakan makan bit juga dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh, merusak ginjal, bahkan memperparah penyakit ginjal. Konsultasikan dulu dengan dokter Anda bila ingin mengonsumsi bit bila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Daisy C. (Healthline). 2017. 9 Impressive Health Benefits of Beets.

Barbie C. (Verywell Fit). 2020. Beets Nutrition Facts and Health Benefits.

Kathleen MZ. (WebMD). 2014. The Truth About Beet Juice.

USDA. 2020. Beets, raw.

Kristeen C. (Everyday Health). 2019. What Health Benefits Do Beets Provide? The Must-Know Nutrition Facts, Side Effects, and Detoxing Abilities of the Root Veggie.

Referensi

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

7 MANFAAT TOGE UNTUK KESEHATAN

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

Makanan Sehat   26/02/2021
pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

Makanan Sehat   24/02/2021
obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

Gaya Hidup Sehat   24/02/2021
7 MANFAAT TOGE UNTUK KESEHATAN

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Makanan Sehat   22/02/2021

Brands