fbpx
BerandaSeks & AsmaraMengetahui Masa Subur Wanita, Waktu Tepat untuk Bercinta
Seorang wanita hanya bisa hamil pada masa suburnya. Hal ini disebabkan karena sperma dan sel telur memiliki masa hidup singkat. Sperma hanya bisa bertahan sekitar 5 hari sedangkan sel telur cuma bisa dibuahi dalam 24 jam atau sehari setelah dilepaskan oleh indung telur (ovarium). Sperma dan sel telur harus bertemu di waktu yang tepat agar terjadi pembuahan. Maka dari itu, mengetahui masa subur wanita harus dilakukan ketika Anda ingin merencanakan kehamilan.

Mengetahui Masa Subur Wanita, Waktu yang Tepat untuk Bercinta

 

Kapan, sih, waktu yang tepat untuk berhubungan seks?

Masa subur adalah waktu di mana sel telur dilepaskan dari ovarium (dikenal dengan siklus ovulasi) dan 5 hari sebelumnya. Waktu ini tepat sekali jika Anda ingin melakukan hubungan seks dan merencanakan kehamilan.

Masa subur tentu tergantung pada lamanya siklus menstruasi sehingga akan bervariasi pada tiap wanita. Umumnya siklus ovulasi terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya datang. 

Ovulasi terjadi ketika sel telur matang dilepas dari ovarium dan bergerak ke tuba falopi, yaitu saluran dimana pembuahan terjadi. Kalau sperma sudah berada di tuba falopi ketika sel telur dilepaskan, besar kemungkinan terjadinya pembuahan dan akhirnya kehamilan.

Waktu yang paling subur sebenarnya adalah 3 hari sebelum dan saat siklus ovulasi terjadi. Berhubungan seks pada waktu ini memiliki kemungkinan pembuahan yang lebih besar dibandingkan 5 hari sebelum ovulasi.

Dalam waktu 12 – 24 jam setelah ovulasi, wanita sudah tidak dalam masa suburnya sehingga kemungkinan terjadi kehamilan sangat kecil. Hal ini disebabkan sel telur yang tidak lagi berada di tuba falopi.

Pada dasarnya, siklus ovulasi juga tergantung dari siklus haid yang Anda miliki. Rata-rata wanita mengalami masa subur di hari ke 10 sampai 17 setelah waktu menstruasinya berakhir. Namun hal ini berlaku untuk wanita yang mempunyai siklus haid 28 hari. 

 

Catat jadwal menstruasi

Lama menstruasi wanita bervariasi tiap bulannya, berkisar 2 – 7 hari. Kondisi ini membuat siklus ovulasi bisa terjadi 1 minggu lebih cepat atau lebih lambat dibandingkan periode sebelumnya.

Untuk mengetahui masa subur, penting juga mencatat jadwal menstruasi. Tandai tanggal hari pertama siklus pertama sampai hari pertama siklus selanjutnya. Siklus menstruasi normal berlangsung sekitar 23 – 25 hari.

 

Cara Menghitung Masa Subur  Wanita

Jika periode menstruasi Anda tidak teratur, lakukan perhitungan rata-rata untuk memperkirakan siklus ovulasi berdasarkan 3 periode terakhir. Caranya dengan menghitung total dari hari pertama menstruasi sampai hari sebelum periode berikutnya selama 3 bulan terakhir. Setelah itu tentukan siklus terpanjang dan terpendeknya.

Masa subur Anda dapat dihitung dengan rumus:

Awal masa subur = siklus terpendek – 18

Akhir masa subur = siklus terpanjang – 11

Contohnya, bulan pertama periode menstruasi Anda 28 hari, bulan kedua 32 hari, dan bulan ketiga 27 hari. Dari sini dapat ditentukan bahwa siklus terpendek Anda adalah 27 hari dan siklus terpanjang adalah 32 hari. Maka masa subur Anda adalah hari ke-9 sampai hari ke-21 setelah menstruasi berakhir dengan perhitungan sebagai berikut:

Awal masa subur = 27 – 18 = 9

Akhir masa subur = 32 – 11 = 21

Dalam rentang 12 hari itulah Anda berada dalam masa subur dan bisa berhubungan seks.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, melakukan hubungan seks secara rutin 2 hari sekali dalam rentang masa subur tersebut dapat meningkatkan kemungkinan hamil. “Persiapkan juga nutrisi untuk si calon bayi dengan membiasakan diri makan menu sehat setiap hari.” tambahnya.

Agar potensi kehamilan makin besar, hubungan seks sebaiknya dilakukan rutin 2 hari sekali dalam rentang masa subur Anda. Biasakan juga mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi untuk ibu dan calon bayi.

Dengan menghitung dan memperkirakan masa subur,  Anda dan pasangan pun akan lebih mudah merencanakan kehamilan karena potensi terjadinya pembuahan akan makin tinggi. 

Untuk menjaga kesehatan kehamilan, dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Tersedia di Jovee shop

Hemaviton Stamina Plus Energi 30 Kaps – Suplemen Bahan Alami

Sale!

VITAHEALTH COQ10 & LECITHIN & VITAMIN E – KESEHATAN – 30 KAPLET

Sale!

BLACKMORES RADIANCE MARINE Q10 – COLLAGEN, ANTIOXIDANT, CoQ10 – 30 KAPSUL

Sale!

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

test-pack-yang-bagus

Kenali Ragam Produk Test Pack Guna Mengukur Kehamilan

Kesehatan Lainnya   20/04/2021
vitamale

Obat NF Vitamale: Manfaat, Aturan Penggunaan, dan Dosis

Seks & Asmara   16/04/2021
cara-berhubungan-intim-usia-kehamilan-9-bulan

Cara Bercinta Yang Aman Saat Hamil 9 Bulan

Seks & Asmara   16/03/2021
Natures-Plus-Ultra-Virile-Actin

Manfaat Natures Plus Ultra Virile-Actin Untuk Seksualitas Pria

Vitamin & Suplemen   25/02/2021
hadiah-valentine

Tradisi Valentine Unik dan Hadiah Valentine Sehat Buat Si Dia

Kesehatan Lainnya   13/02/2021