fbpx
BerandaKesehatan KulitMitos Atau Fakta: Manfaat Ampas Teh Basi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Teh adalah salah satu minuman yang populer di seluruh dunia. Hampir setiap negara dan wilayahnya memiliki kekhasan cara pengolahan tehnya masing-masing. Tak terkecuali Indonesia yang memiliki cukup banyak perkebunan teh dan varietas tehnya yang beragam. Ternyata, tidak hanya enak dinikmati sebagai minuman, teh juga dapat dimanfaatkan ampasnya lho. Setelah mengetahui manfaat ampas teh basi ini mungkin kamu akan sayang jika membuangnya.

manfaat ampas teh basi

Mungkin banyak orang yang heran, teh basi kok dipakai? Apakah tidak berbahaya? Sebenarnya, ampas teh basi yang digunakan untuk tujuan perawatan dan kesehatan ini hanyalah istilah yang merujuk pada daun teh yang sudah diseduh dan tidak dikonsumsi. Jadi, ampas teh ini tidaklah benar-benar basi karena jika menggunakan teh yang memang sudah basi, justru dapat merugikan kesehatan.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat ampas teh basi, kami menyarankan untuk menggunakan seduhan teh dari daun teh murni yang tidak diberi gula dan disimpan dalam suhu ruang sekitar semalaman. Sebaiknya tidak lebih untuk menghindari risiko pertumbuhan bakteri.

Lalu, sebetulnya manfaat ampas teh basi untuk kesehatan dan kecantikan itu mitos atau fakta sih? Berikut ini Jovee merangkum informasinya:

Mitos atau Fakta Manfaat Ampas Teh Basi

Fungsi ampas teh basi dapat membantu mengatasi jamur kuku

Salah satu mitos yang banyak beredar adalah teh basi dapat membantu mengatasi jamur pada kuku. Kondisi ini dikenal dengan nama medis tinea unguium. Di masyarakat beredar kepercayaan mengompres kuku yang berjamur dengan ampas teh basi dapat membantu membunuh bakteri penyebab jamur kuku.

Namun, hingga kini sebetulnya masih belum ada penelitian yang dapat mengkonfirmasi kebenaran mengenai manfaat ampas teh basi untuk mengatasi jamur kuku. Jamur kukur akibat infeksi hanya bisa diobati dengan krim antijamur.

Mengompres kuku yang berjamur dengan ampas teh basi justru dapat menjadi pertumbuhan bakteri dan memperparah kondisi infeksi yang dialami.

Sebagai kompres jerawat

Bagi pejuang jerawat, kamu mungkin pernah mendengar saran untuk mencuci wajah menggunakan ampas teh basi untuk membantu mengatasi jerawat. Namun, apakah hal ini benar?

Faktanya, hingga saat ini tidak ada penelitian yang dapat memvalidasi penggunaan teh basi untuk membantu mengatasi jerawat. Justru sebaliknya, endapan teh basi yang sudah dibiarkan berhari-hari, berpotensi menjadi tempat bakteri untuk bertumbuh-kembang. Jika digunakan untuk mencuci wajah, alih-alih membuat kulit menjadi bersih, justru meningkatkan risiko efek samping iritasi.

Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata

Kandungan kafein dalam teh membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan semakin menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh dapat membantu mengurangi bengkak.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah membasahi dua kantong teh dan meletakkannya di mata. Diamkan selama sekitar lima hingga sepuluh menit. Pastikan kamu menggunakannya secara teratur untuk membantu mengurangi mata bengkak dan mencerahkan lingkaran hitam.

Membantu menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari

Kandungan asam tanat dalam teh dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Begitu pula noda atau belang yang muncul sebagai akibat kulit terbakar tersebut.

Ingat, kamu tak perlu menggunakan ampas teh basi. Kamu hanya perlu menyeduh teh dalam panci. Setelah air mendingin, celupkan handuk ke dalam teh dan letakkan di area yang terkena dampak dan diamkan selama 30 menit. Kamu juga bisa mengoleskan kantong teh langsung ke wajah untuk membantu mengurangi kemerahan.

Sebagai alternatif pengganti toner

Jika kamu kehabisan stok toner, kamu bisa menggunakan daun teh sebagai alternatif toner yang dapat menyejukkan kulit.

Sifat astringent teh menjadikannya sebagai toner yang memiliki manfaat luar biasa. Toner dari teh ini membuat wajah tidak terlalu berminyak dan membantu wajahnya senantiasa bersih.

Tak sulit kok menggunakannya. Usap kantong teh ke wajah atau gunakan daun teh murni yang sudah diseduh, lalu bersihkan dengan handuk bersih.

Demikianlah beberapa mitos dan fakta seputar manfaat ampas teh basi untuk wajah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaranmu ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023