fbpx
BerandaKesehatan LainnyaMood Swing dan Bipolar, Apa Perbedaannya?

Mood swing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perubahan emosi yang cepat dan intens. Meski sama-sama mempengaruhi suasana hati, mood swing dan bipolar bukanlah kondisi yang sama lho, Jovians. Di artikel berikut ini, Jovee akan jelaskan mengenai perbedaan mood swing dan bipolar, ya. Yuk, simak sampai akhir!

perbedaan-mood-swing-dan-bipolar

Mengenal mood swing

Mood swing sering dideskripsikan sebagai perasaan yang terasa seperti roller coaster. Gejala utamanya adalah naik turunnya emosi, dari perasaan senang kemudian tiba-tiba merasa marah bahkan depresi.

Perubahan mood yang dipicu oleh stres memang sering terjadi. Namun, seseorang yang mengalami mood swing seringnya mengalami perubahan suasana hati tanpa ada sebab yang jelas.

Meski semua orang bisa mengalami mood swing, jika sampai mengganggu aktivitas sehari-hari bisa jadi mood swing yang dialami merupakan indikasi gangguan mental tertentu.

Ada banyak penyebab mood swing, di antaranya:

  • Penyakit tertentu seperti demensia dan gangguan tidur
  • Masa pertumbuhan pada anak-anak
  • Alergi dan konsumsi obat tertentu
  • Pengaruh hormon

Perubahan suasana hati normalnya dipicu oleh stres atau kondisi kesehatan fisik. Jika terjadi secara intens dan jangka waktu yang lama, mood swing bisa menjadi gejala penyakit mental, seperti bipolar.

Jika kamu mengalami mood swing yang parah, segera lakukan konsultasi pada tenaga kesehatan mental profesional. Mereka dapat membantu kamu untuk mencari penyebab mood swing dan membantu menentukan perawatan yang tepat.

Mood swing yang tidak begitu mempengaruhi aktivitas sehari-hari mungkin dapat diatasi dengan cara berikut.

    • Buat rutinitas harian. Terutama pada pola makan dan jam tidur.
    • Olahraga rutin. Olahraga punya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk suasana hati yang lebih baik.
    • Tidur yang cukup. Tak hanya kuantitas, tetapi kualitas tidur juga penting untuk kesehatan tubuh dan mood yang lebih baik.
    • Pola makan sehat. Asupan nutrisi yang seimbang dan bergizi dapat meningkatkan suasana hati dan menjaga kamu untuk tetap sehat. Memenuhi asupan nutrisi juga bisa melalui konsumsi suplemen, seperti Vegeblend 21 JR – 30 Kap (Rp132.404).
    • Kelola stres.
    • Cari teman bicara. Jika kamu tidak dapat bercerita pada teman atau keluarga, cari bantuan profesional untuk mengatasi masalahmu.

Mencatat perubahan suasana hati setiap harinya juga dapat membantu kamu menemukan penyebab dari mood swing. Selain itu, jurnal mood ini juga dapat membantu psikolog atau psikiater kamu untuk menetapkan diagnosis.

Mengenal bipolar

Gangguan bipolar atau depresi manik, adalah gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati berulang yang esktrem. Ciri khas diantara perubahan tersebut yakni adanya waktu dimana penderita memiliki suasana hati yang normal.

Titik tertinggi emosi fase bipolar dikenal dengan episode manik atau mania. Sedangkan, titik terendah emosi bipolar disebut dengan episode depresi.

Terdapat tiga jenis bipolar, yakni bipolar I, bipolar II, dan siklotimia. Dilansir dari Verywell Health, berikut ini penjelasan mengenai ketiga jenis bipolar ini.

Bipolar I

Gangguan bipolar I ditanda dengan setidaknya satu episode manik yang berlangsung sekitar selama 2 minggu hingga 4 bulan. Pada jenis ini, suasana hati yang normal sering terjadi antara fase manik dan depresi, yang setelahnya akan diikuti atau didahului dengan satu episode hipomanik ataupun depresi berat.

Bipolar II

Pada gangguan bipolar II, seseorang akan mengalami episode hipomania ataupun memiliki riwayat hipomania selama kurang lebih 4 hari. Kemudian, fase akan berubah menjadi episode depresi.

Episode perubahan suasana hati dapat juga berkebalikan. Meski hipomania lebih ringan daripada episode manik, seiring berjalannya waktu kondisi ini dapat mempersulit penderita untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Siklotimia

Siklotimia adalah kondisi langka yang ditandai dengan suasana hati yang tidak stabil secara kronis. Gangguan ini akan menimbulkan siklus depresi dan hipomania yang lebih ringan daripada bipolar I dan II. Meski lebih ringan, siklotimia tetap bisa mempengaruhi seseorang untuk berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Gejala yang muncul pada episode manik dan depresi yang muncul berbeda-beda pada setiap orang. Namun, secara umum berikut ini gejala episode manik dan depresi yang dapat muncul.

Episode manik dan hipomania

Episode manik dan hipomanik sebagian besar memiliki gejala yang sama, meski memiliki tingkat keparahan yang berbeda.

  • Episode manik berlangsung selama minimal 1 minggu, sementara hipomania berlangsung selama minimal 4 hari
  • Kepercayaan diri yang berlebihan, seperti merasa menjadi orang yang paling penting atau berbakat
  • Kebutuhan tidur berkurang
  • Berbicara lebih banyak dan lebih cepat dari biasanya
  • Mudah teralihkan
  • Melakukan banyak aktivitas sekaligus
  • Melakukan aktivitas yang ekstrem, seperti makan dan minum yang berlebihan
  • Pikiran yang tidak terkendali

Episode depresi

Episode depresi biasanya berlangsung selama 2 minggu. Seseorang yang sedang dalam episode depresi pada gangguan bipolar setidaknya mengalami lima dari gejala berikut.

  • Kesedihan atau keputusasaan yang intens
  • Kehilangan minat pada aktivitas yang diminati
  • Merasa tidak berharga atau merasa bersalah
  • Gelisah
  • Sulit tidur atau banyak tidur
  • Nafsu makan berlebih atau bahkan berkurang
  • Kelelahan dan tidak berenergi
  • Sulit berkonsentrasi dan mengingat
  • Pemikiran mengakhiri hidup (suicidal thoughts)

Bipolar tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol gejalanya dengan pengobatan dan terapi. Jika kamu alami mood swing dan beberapa gejala di atas, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional, ya.

Perbedaan mood swing dan bipolar

Perbedaan mood swing dan bipolar ada pada gejala yang muncul. Keduanya memang sama-sama mempengaruhi suasana hati, namun bipolar merupakan kondisi yang lebih serius. Bipolar dapat mengganggu kehidupan sosial, pekerjaan, dan lainnya.

Mood swing adalah gejala khas dari gangguan bipolar. Jika seseorang didiagnosa bipolar, sudah pasti ia mengalami mood swing. Namun, seseorang yang mengalami mood swing parah belum tentu didiagnosis menderita bipolar. Sejumlah gangguan mental yang dapat memicu mood swing meliputi:

  • Depresi
  • Gangguan bipolar
  • Borderline personality disorder (BPD)

Selain gangguan mental, sejumlah gaya hidup juga dapat mempengaruhi mood swing. Kurang tidur, merokok, pola makan yang tidak sehat, dan konsumsi obat tertentu juga berpengaruh pada suasana hati. Mood swings adalah bagian normal dari kehidupan, terutama ketika kamu sedang mengalami stres.

Nah, itulah perbedaan mood swing dan bipolar. Kenali diri dan kelola stres dengan baik untuk mencegah stres berlebih. Ingin tahu informasi seputar kesehatan mental lainnya? Simak selengkapnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

covid di Indonesia

Perkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Kesehatan Lainnya   30/05/2023
gejala covid di mata

Gejala Covid di Mata: Gejala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   29/05/2023
cara mengatasi rambut patah akibat smoothing

Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Kesehatan Lainnya   28/05/2023
hair tonic untuk rambut rontok

Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Kesehatan Lainnya   14/05/2023
the balm meet matte review

The Balm Meet Matte Review

Kesehatan Lainnya   28/04/2023