fbpx
BerandaGaya Hidup SehatMual Setelah Makan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Makan merupakan salah satu aktivitas yang sangat dibutuhkan setiap makhluk hidup. Tanpa makan, tentu makhluk hidup termasuk manusia tidak bisa mendapatkan energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Tetapi terkadang, makan menjadi kegiatan yang tidak menyenangkan kalau setelahnya malah mual. Biasanya, perut jadi tidak nyaman dan merasa ingin muntah, ketika Anda mual setelah makan.

Mual Setelah Makan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya, mual ini sendiri bukanlah suatu penyakit melainkan sebuah gejala dari sejumlah kondisi medis tertentu yang mungkin Anda alami. Rasa mual setelah makan ini merupakan hal yang terbilang wajar terjadi. Berbeda halnya jika rasa mual ini muncul dalam jangka waktu yang lebih lama dan cukup sering. Hal tersebut bisa jadi menandakan adanya gangguan kesehatan tertentu, terutama saluran pencernaan.

Sebenarnya, Apa yang Menyebabkan Seseorang Mual Setelah Makan?

Ada beragam hal yang dapat menjadi penyebab mual dan muntah setelah makan. Salah satu hal itu bisa datang dari faktor fisik atau kesehatan Anda.

1. Flu perut

Penyebab pertama adalah Anda mengalami yang namanya flu perut. Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan flu perut ini karena lebih mengenal flu pada hidung saja.

Flu perut sendiri masuk ke dalam kategori infeksi yang terjadi pada sistem pencernaan Anda. Infeksi ini biasanya terjadi karena Anda mengonsumsi makanan yang tercemar virus seperti misalnya jika makanan diolah dengan cara yang tidak bersih atau tidak sehat. Gejala flu perut ini antara lain seperti mual yang disertai muntah, diare, otot terasa sakit, demam serta sakit kepala.

2. Keracunan makanan

Selanjutnya, ada keracunan makanan yang dapat membuat Anda merasa mual setelah makan. Yap, kondisi keracunan ini diakibatkan karena Anda mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan toksin atau racun. Selain itu, makanan yang mengandung kuman penghasil racun juga bisa menjadi pemicunya dan juga dapat menyebabkan Anda diare.

3. Luka pada lambung (tukak lambung)

Masalah tukak lambung juga dapat menjadi penyebab mual setelah makan. Bukan tanpa alasan, orang yang sudah terkena gangguan lambung umumnya akan mengalami rasa perih yang luar biasa pada ulu hati dan kemudian akan menjalar menjadi mual, muntah, perut kembung dan hingga terjadi penurunan berat badan yang drastis.

Gejala dari penyakit ini juga sering disebut dengan dispepsia atau yang lebih dikenal secara umum dengan nama sakit maag. Jika tidak diobati dengan cara yang tepat dan perubahan pola hidup yang menjadi lebih sehat, maka seiring berjalannya waktu penderita sakit maag ini dapat mengalami tukak lambung yang semakin parah.

4. Asam lambung naik

Selanjutnya yang tak boleh Anda anggap sepele adalah GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. GERD juga masuk ke dalam kategori penyakit yang berhubungan dengan asam lambung. Biasanya, pada penyakit GERD akan terjadi produksi asam lambung yang berlebihan.

Akibatnya, gejala dispepsia seperti yang terjadi pada tukak lambung pun akan muncul. Bahkan, jika hal ini sudah menjadi parah, dapat menyebabkan terjadinya rasa terbakar pada dada dan juga penderita akan mengalami sesak nafas yang sangat luar biasa.

5. Kehamilan

Kehamilan juga merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami mual terutama pada wanita. Pada kehamilan trimester pertama khususnya, sebagian wanita akan mengalami rasa mual setelah makan yang luar biasa. Pada kondisi ini, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat secara sembarangan dan Anda lebih disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter secara rutin.

6. Alergi makanan tertentu

Alergi pada makanan atau bahan makanan tertentu ternyata juga dapat memicu munculnya rasa mual setelah Anda memakannya. Biasanya, rasa mual yang muncul ini disebabkan oleh terjadinya alergi yang akan disertai dengan beragam gejala lain, seperti misalnya pembengkakan pada mulut serta gatal pada kulit khususnya pada bagian wajah dan tangan.

Bagaimana Cara Mencegah Mual Sesudah Makan?

Bila Anda sudah sering mengalami mual setelah makan, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Cara ini termasuk cukup efektif untuk mencegah Anda mengalami mual setelah makan.

Pertama, Anda dapat mencoba untuk mengurangi porsi makan Anda. Pasalnya, porsi makan yang berlebihan dapat menjadi penyebab utama Anda akan mengalami mual setelah makan.

Lalu, hindari untuk minum ketika Anda sedang makan. Ada baiknya jika Anda minum pada saat sebelum atau setelah makan dengan jarak waktu yang cukup lama, yaitu 5 menit. Setelah makan, usahakan juga agar Anda jangan langsung beraktivitas atau berkendara dalam intensitas yang besar. Ada baiknya jika Anda untuk beristirahat sejenak dalam posisi duduk dan bersantai.

Demikianlah sejumlah hal yang mungkin menyebabkan perut Anda mual dan muntah setelah makan. Kalau Anda mengalaminya, Anda bisa mencoba cara yang telah dijelaskan di atas. Anda pun dapat mengonsumsi suplemen Sidomuncul Sari Kunyit (Tumeric) (Rp68.000)jika memiliki kondisi GERD, guna meredakan sensasi mual dan nyeri perut.

Perlu diingat untuk selalu konsultasikan dengan dokter atau nutrisionis sebelum mengonsumsi suplemen. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui dosis yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022
cara-mengontrol-berat-badan-saat-hamil

6 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Gaya Hidup Sehat   07/06/2022
damapk-kurang-tidur-pada-perkembangan-otak-anak

Dampak Kurang Tidur pada Perkembangan Otak Anak

Gaya Hidup Sehat   06/06/2022
tips-anak-rajin-membaca

8 Tips Agar Anak Lebih Rajin Membaca

Gaya Hidup Sehat   02/06/2022
apakah-begadang-menyebabkan-jerawat

Begadang Bikin Jerawat? Ini Dia 7 Efek Begadang

Gaya Hidup Sehat   23/05/2022