fbpx
BerandaKesehatan LainnyaNafsu Makan Turun Saat DBD? Coba Atasi dengan 4 Tips Ini

Salah satu gejala penyakit DBD yang umum muncul adalah hilangnya nafsu makan. Nafsu makan yang turun ini sebaiknya jangan dianggap sepele karena bisa mengarah pada kondisi penurunan berat badan hingga malnutrisi. Keadaan ini dapat memperlambat proses penyembuhan serta pemulihan penyakit demam berdarah. Karenanya, meningkatkan nafsu makan penderita DBD menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Nafsu Makan Turun Saat DBD? Coba Atasi dengan 4 Tips Ini

Tips dan trik mengembalikan nafsu makan penderita DBD

Meski tidak nafsu makan, penderita DBD harus tetap berusaha memenuhi asupan nutrisi per harinya. Kenapa begitu? Karena kekurangan gizi akan menghambat pembentukan serta kerja trombosit alias keping darah. Selain itu, fungsi sistem imun tubuh dalam melawan virus demam berdarah juga ikut menurun. Lantas, bagaimana caranya menambah nafsu makan pada pasien DBD? Simak 4 tips berikut ini.

1. Memakan makanan favorit

Seseorang akan lebih mudah untuk makan jika diberikan makanan favorit mereka. Ketika pasien DBD mengalami penurunan nafsu makan yang parah, utamakan untuk memberikan makanan yang mereka suka. Kemudian, barulah pertimbangkan untuk mulai memberi makanan sehat.

Asalkan bukan makanan pantangan seperti makanan manis dan pedas atau minuman bersoda, cara ini cukup ampuh untuk mengembalikan nafsu makan pasien DBD.

2. Makan sering tetapi dengan porsi kecil

Bagi sebagian orang, porsi makanan yang banyak bisa menurunkan nafsu mereka. Melihat porsi makan normal saja mungkin akan membuat Anda malas makan. Terlebih lagi, kalau Anda harus makan tiga kali sehari dengan porsi yang sama. Maka dari itu, pasien DBD yang mengalami penurunan nafsu makan dapat membagi 3 porsi makan besar menjadi 5 – 6 porsi yang lebih kecil dan diberikan setiap kurang lebih dua jam sekali.

Dengan begini, pasien DBD dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya sedikit demi sedikit dengan menyiasati nafsu makannya. Jangan lupa untuk memperbanyak konsusi makanan yang kaya akan protein dan zat besi.

3. Akali dengan minuman

Nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh juga bisa didapatkan dari minuman. Tidak hanya membantu melengkapi kebutuhan gizi saja, minuman juga bisa mencegah dehidrasi pada pasien DBD. Banyak minum air pun dapat menggantikan cairan yang hilang karena demam dan muntah.

Susu dan jus buah-buahan yang kaya vitamin serta mineral bisa dijadikan menjadi alternatif sumber nutrisi saat penderita DBD mengalami penurunan nafsu makan. Beberapa buah yang dikenal mampu meningkatkan jumlah keping darah, diantaranya adalah:

  • Jambu biji
  • Jeruk
  • Delima
  • Pepaya
  • Pisang
  • Kelapa hijau

4. Hindari makanan dengan bau kuat dan berwarna pekat

Beberapa makanan mempunyai bau khas yang kuat, yang mungkin memicu mual serta muntah sehingga menurunkan nafsu makan Anda. Untuk menyiasatinya, hindari konsumsi makanan berbau kuat seperti keju. Disamping itu, hindari juga makanan dan minuman berwarna merah atau cokelat karena menyerupai warna darah. Hal ini dapat membuat Anda tidak nafsu makan.

Jenis makanan yang mempercepat pemulihan DBD

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk pasien DBD adalah makanan tinggi protein serta zat besi. Kedua nutrisi ini penting dalam mencegah anemia dan perdarahan, serta meningkatkan jumlah keping darah (trombosit). Makanan-makanan ini meliputi:

  • Daging merah tanpa lemak, ikan, ayam
  • Hati
  • Susu dan produk olahannya
  • Telur
  • Kacang-kacangan

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, nanas dan kiwi juga disarankan karena akan membantu penyerapan zat besi oleh usus dan menguatkan sistem imun dalam melawan virus dengue. Kamu juga bisa mengkonsumsi Blackmores Bio C Vitamin C 1000MG 90 Tabs (Rp370.909) untuk mendapatkan asupan vitamin c.

Sedangkan, makanan yang dapat meningkatkan risiko perdarahan perlu dihindari penderita selama proses penyembuhan DBD. Di bawah ini terdapat daftar makanan yang mengandung salisilat, yang dapat mengencerkan darah dan memperlambat pembekuannya, yakni:

  • Buah ceri, stroberi, blackberry, apel, melon, peach, lemon, anggur
  • Kacang almond, walnut
  • Kentang, mentimun, tomat
  • Lada, bawang putih dan bombai, serta jahe

Kesimpulannya adalah, penderita DBD harus memenuhi kebutuhan nutrisinya agar proses pemulihannya cepat dan berjalan lancar serta optimal. Perhatikan juga jenis makanan yang diberikan. Perbanyak konsumsi makanan tinggi protein, zat besi, dan vitamin C untuk mempercepat peningkatan jumlah trombosit. Konsultasikan dengan dokter jika keadaan memburuk.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

covid di Indonesia

Perkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Kesehatan Lainnya   30/05/2023
gejala covid di mata

Gejala Covid di Mata: Gejala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   29/05/2023
cara mengatasi rambut patah akibat smoothing

Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Kesehatan Lainnya   28/05/2023
hair tonic untuk rambut rontok

Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Kesehatan Lainnya   14/05/2023
the balm meet matte review

The Balm Meet Matte Review

Kesehatan Lainnya   28/04/2023