fbpx
BerandaMakanan SehatNutrisi dan Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Saat ngidam, kebanyakan ibu hamil mencari-cari makanan dan minuman yang rasanya asam serta manis. Buah mangga adalah salah satu makanan yang paling sering dicari. Tak hanya memiliki rasa yang manis dan segar, ternyata ada beragam manfaat buah mangga untuk ibu hamil. Kalori dalam mangga merupakan sumber energi dan berbagai nutrisi di dalamnya dapat melengkapi kebutuhan gizi serta serat bagi ibu hamil dan juga janin, lho! Lantas, apa saja kandungan dan manfaat mangga untuk ibu hamil ini? Apakah ibu hamil boleh makan mangga setiap hari?

manfaat-buah-mangga-untuk-ibu-hamil

Kandungan nutrisi buah mangga

Secara alami, mangga memiliki kandungan gula. Ya, gula pada mangga dikatakan lebih banyak dibandingkan kebanyakan buah lainnya. Per 100 gram potongan buah mangga, terdapat 15 gram gula. Makanya, buah ini bisa dijadikan pengganti makanan manis untuk ibu hamil.

Dilansir dari data US Department of Agriculture, satu buah mangga yang telah dipotong-potong, atau sekitar 165 gram, mengandung:

  • 138 gram (g) air
  • 99 kalori
  • 0,63 g lemak total
  • 24,7 g karbohidrat
  • 2,64 g serat
  • 22,5 g gula total
  • 11,5 g sukrosa
  • 18,5 miligram (mg) kalsium
  • 16,5 mg magnesium
  • 23,1 mg fosfor
  • 277 mg kalium
  • 60,1 mg vitamin C
  • 71 mikrogram (mcg) folat (vitamin B9)
  • 89,1 mcg vitamin A
  • 1060 mcg beta karoten

Selain itu, mangga juga memiliki protein dan diperkaya dengan vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6, vitamin D, natrium, zinc, tembaga, mangan, serta selenium.

Tidak berhenti sampai di situ, mangga pun mengandung polifenol, yaitu senyawa pada tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan. Jenis polifenol yang terkandung pada mangga ada bermacam-macam, meliputi:

  • mangiferin,
  • catechin,
  • anthocyanin,
  • quercetin,
  • kaempferol,
  • rhamnetin, dan
  • benzoic acid.

Diantara semua antioksidan ini, mangiferin memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh. Bahkan, mangiferin disebut-sebut sebagai antioksidan super.

Manfaat mangga untuk ibu hamil

manfaat-jus-mangga-untuk-ibu-hamil

Rasa asam dan manis buah mangga memang bisa usir mual selama hamil, tapi adakah manfaat lainnya dari makan mangga saat hamil?

1. Mengurangi gejala morning sickness

Mual dan muntah adalah gejala yang umum terjadi pada ibu hamil. Namun, rasa mual tersebut bisa menyebabkan makanan yang seharusnya dicerna oleh tubuh justru dimuntahkan. Selain itu, mual juga akan memengaruhi nafsu makan ibu hamil.

Pada beberapa kasus, gejala muntah-muntah yang berkelanjutan dapat berdampak pada kekurangan gizi pada ibu hamil. Muntah-muntah pun bisa menyebabkan Anda kelelahan.

Nah, berkat vitamin B6 di dalamnya, manfaat mangga untuk ibu hamil muda ialah meringankan gejala mual akibat morning sickness saat hamil.

2. Membantu mencegah dan mengatasi sembelit

Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan relaksasi otot-otot usus. Hal ini menyebabkan gerakan usus dan pencernaan jadi lambat, sehingga akhirnya memicu sembelit.

Manfaat lain dari mangga untuk ibu hamil muda adalah mencegah sembelit. Kandungan serat yang tinggi pada mangga membantu melancarkan pencernaan Anda. Mangga pun dapat mengatasi sembelit yang umum terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Serat akan menarik air ke dalam usus dan melunakkan feses sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu, serat juga lebih lama dicerna sehingga membuat ibu hamil kenyang lebih lama dan menghindari makan camilan yang tidak sehat.

3. Melindungi sel tubuh dari radikal bebas

Apalagi kalau bukan antioksidan pada mangga yang dapat merusak rantai radikal bebas dan mencegah kerusakan akibatnya. Radikal bebas diyakini sebagai penyebab berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, hingga Alzheimer.

Vitamin C dan polifenol pada buah mangga secara tidak langsung akan mengurangi risiko penyakit kronis tersebut. Makanan tinggi oksidan juga membantu menjaga kesehatan tubuh sang ibu dan bayi secara keseluruhan.

4. Mencegah anemia

Mangga mengandung vitamin C dan zat besi. Mineral iron diperlukan tubuh untuk menjaga jumlah darah dalam tubuh. Sementara vitamin C membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari buah mangga dan makanan lainnya. Kombinasi vitamin C dan zat besi membantu mencegah ibu mengalami anemia selama hamil ataupun saat melahirkan nantinya.

Folat ternyata juga berperan penting dalam produksi sel darah merah, yang turut mampu menurunkan risiko anemia pada ibu hamil.

5. Menunjang tumbuh kembang janin

Bersama dengan folat alias vitamin B9, vitamin B6 dalam buah mangga membantu perkembangan dan pembentukan otak serta saraf-saraf di tulang belakang janin di dalam kandungan. Mencukupi kebutuhan vitamin ini sama saja memenuhi asupan asam folat saat hamil.

Folat juga membantu mencegah risiko kelahiran prematur dan cacat tabung saraf saat lahir, salah satunya spina bifida. Disamping itu, vitamin A pada mangga membantu pembentukan gigi dan tulang bayi, serta perkembangan sistem penglihatan, jantung, paru-paru, hingga ginjalnya.

6. Mengontrol tekanan dan gula darah

Beberapa ibu hamil rentan mengalami tekanan darah tinggi begitu usia kehamilan mencapai usia 20 minggu ke atas. Hipertensi yang terjadi selama masa kehamilan disebut dengan preeklamsia.

Kondisi tersebut tidak hanya berbahaya bagi ibu, tapi juga janin dalam kandungan. Magnesium yang terdapat pada buah mangga membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal dan mengurangi risiko preeklamsia.

7. Menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh

Seperti semua nutrisi lainnya, seorang wanita pun butuh asupan cairan dua kali lebih banyak saat hamil. Buah mangga yang kaya elektrolit membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah kram kaki.

Ibu hamil seringkali mengalami kram pada kaki. Berkat kandungan kalium dalam buah mangga, manfaat buah mangga untuk ibu hamil lainnya adalah menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, serta mengatur kontraksi otot-otot tubuh. Elektrolit juga berperan dalam mengatur kerja otak dan jantung agar tetap berfungsi normal.

Bolehkah makan mangga saat hamil setiap hari?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa secara alami, mangga mengandung gula. Makan mangga terlalu banyak tentu tidak sehat bagi ibu hamil. Meski manfaat mangga untuk ibu hamil tersebut banyak, Anda tidak serta-merta harus mengonsumsinya berlebihan.

Pada beberapa wanita, kebanyakan makan mangga dapat memicu sakit perut, diare, bahkan reaksi alergi terhadap getah kulit mangga.

Karena tinggi gula, mengonsumsi mangga berlebihan pun ikut meningkatkan berat badan saat hamil sekaligus meningkatkan risiko diabetes gestasional. Karenanya, makanlah mangga sewajarnya saja. Lagipula, sumber nutrisi pada buah mangga bisa Anda dapatkan pula dari makanan lain.

Nutrisionis Jovee, Kelvin Halim, menambahkan, “Satu porsi buah mangga yang baik untuk dikonsumsi dengan takaran yang pas adalah 90 – 100 gram, atau sekitar 1/2 hingga 3/4 buah ukuran sedang. Tetap konsumsi buah buahan dengan beragam.”

Ada baiknya Anda mengonsumsi mangga segar daripada buah dalam kemasan, maupun karbitan. Proses pengkarbitan biasanya dilakukan dengan menambahkan zat kalsium karbida pada mangga guna mempercepat kematangannya.

Senyawa kalsium karbida sangat beracun bagi Anda dan calon bayi karena mengandung logam berbahaya arsenik dan fosfor. Beberapa efek samping dari konsumsi mangga karbitan, yaitu:

  • Sakit perut atau mulas
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Kebingungan
  • Mood jadi labil
  • Sariawan
  • Kejang
  • Kesemutan pada tangan dan kaki

Anda bisa memakan mangga secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Yang penting, pilihlah buah mangga yang matang dan memiliki kulit yang masih bagus. Jangan lupa untuk mencuci mangga sebelum mengupas kulitnya.

Secara umum, buah mangga merupakan jenis buah yang baik dikonsumsi saat hamil. Namun, jika Anda memiliki diabetes atau alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah ini.

Selain dari mengonsumsi mangga, sang Ibu juga dapat memperoleh kandungan berbagai macam vitamin dan mineral dari suplemen seperti Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold 120 (Rp440.000). Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022